Sufi Muda

Menemukan Tuhan Dalam Keseharian

Doa 40 Orang Mukmin!

Jangan engkau bertingkah aneh-aneh seperti orang gila, sebab kalau 40 orang mengatakan kau gila maka engkau akan gila sungguhan”.

Angka 40 memiliki arti khusus dan penting dalam kehidupan beragama. Nabi Musa menunggu 40 hari untuk memperoleh pesan-pesan penting dari Allah begitu juga Nabi Isa, melakukan ibadah selama 40 hari untuk mencapai kedekatan dengan Allah. Kalau ingin mencapai alam Rabbani, anda harus melakukan 4×10 hari iktikaf/suluk dibawah bimbingan Mursyid yang Kamil Mukamil.

Ada sebagian melaksanakan suluk/iktikaf selama 40 hari tanpa putus, biasanya dilakukan 10 hari menjelang bulan Ramadhan dan berakhir ketika memasuki hari raya.

“Barang siapa yang ikhlash karena Allah selama 40 hari, niscaya akan muncul mata air hikmah pada lisannya”. [HR. Abu Nu’aim

“Barangsiapa yang shalat karena Allah selama 40 hari secara berjama’ah dengan mendapatkan Takbiratul pertama (takbiratul ihramnya imam), maka ditulis untuknya dua kebebasan, yaitu kebebasan dari api neraka dan kebebasan dari sifat kemunafikan.” (HR. Tirmidzi)

Shalat Jum’at (menurut mazhab Syafii) minimal harus dihadiri 40 orang dewasa agar bisa menjadi sah dan diterima, sementara ulama dari mazhab lain memberi aturan yang berbeda tentang jumlah minimal jamaah Jum’at dan kesemuanya mempunyai dalil yang kuat.

As’ad bin Zararah adalah orang pertama yang mengadakan shalat Jum’at bagi kami di daerah Hazmi An Nabit dari harrah Bani Bayadhah di daerah Naqi’ yang terkenal dengan Naqi’ Al Khadhamat. Saya bertanya kepadanya, “Waktu itu, ada berapa orang?” Dia menjawab, ”Empat puluh.” (HR. Abu Daud)

Disamping berhubungan ibadah, angka 40 juga berhubungan dengan larangan seperti melarang seorang muslim mendatangi tukang ramal, ahli nuzum dengan konsekwensi ibadahnya akan ditolak selama 40 hari sebagaimana hadist Nabi :

Barang siapa mendatangi tukang ramal, kemudian menanyakan sesuatu (dan membenarkan apa yang dikatakannya), maka sholatnya tertolak selama 40 hari.” (H.R. Muslim)

Saya tidak membahas tentang kehebatan atau misteri angka 40, tapi yang menarik adalah ucapan Guru yang saya kutip di awal tulisan ini, bahwa bertingkah aneh seperti orang gila akan menjadi gila sungguhan kalau 40 orang mengatakan dan meyakini gila.

Bagaimana kalau “tingkah aneh” itu kita ganti dengan “tingkah baik”, tentu kalimatnya menjadi “40 orang mengatakan baik maka anda akan menjadi baik”. Sikap apa yang diperlukan agar orang memberi penilaian baik kepada anda. Syarat apa yang diperlukan agar orang mengatakan anda kaya, sehingga secara perlahan dan pasti kekayaan akan menghampiri anda akibat asumsi dari orang-orang sekitar.

Memberi bantuan kepada orang-orang yang membutuhkan, bersikap dermawan, bertingkah seperti orang kaya, secara otomatis orang-orang disekitar akan menganggap kita kaya dan alampun akan mendukung sepenuhnya.

Bukankah doa 40 orang mukmin itu dikabulkan Tuhan? Bagaimana cara agar 40 orang mukmin memberikan doa baik kepada kita, doa sesuai dengan keinginan kita.

Kalau 40 orang mengatakan bahwa kita ahli zikir, maka Tuhan lewat alam ini akan memberikan dukungan sehingga kita benar-benar menjadi seorang ahli zikir.

Jadi, berhati-hatilah dalam bersikap dan bertingkah laku di tengah masyarakat dan ditengah pergaulan sesama, karena citra yang anda tampilkan tanpa disadari akan menjadi diri anda sebenarnya.

Kalau anda ingin menjadi seorang kaya, maka yang harus anda lakukan adalah bersikap sebagai seorang kaya dan berfikir seperti orang kaya sehingga gelombang kaya itu akan tertangkap oleh orang-orang sekitar anda, oleh alam tempat anda berpijak sehingga seluruh semesta akan memberikan dukungan sepenuhnya kepada anda.

Memberikan sedekah tanpa berhitung terhadap Agama adalah sikap orang kaya (akhirat) seperti yang dicontohkan oleh sahabat-sahabat Nabi, mereka memberikan semuanya kepada Nabi tanpa berhitung sedikitpun. Mereka memang tidak mendapatkan harta dari Nabi sebagai imbalan, namun mereka mendapat cinta kasih sayang Allah yang harganya melebihi bumi dan langit.

Hidup ini begitu adil, kalau anda berkorban untuk uang maka anda akan mendapatkan uang, kalau anda berkorban untuk mendapat keridhaan Allah maka Allah akan meridhai anda. Kalau anda berkorban untuk mendapatkan keridhaan Allah maka dunia beserta seluruh isinya akan ridha kepada anda.

Mudah-mudahan tulisan singkat ini bermanfaat, selamat menikmati hari libur, semoga Allah selalu memberikan petunjuk kepada kita semua, Amin!

Single Post Navigation

7 thoughts on “Doa 40 Orang Mukmin!

  1. Menarik sekali…
    anda sungguh luar biasa… segala puji bagi engkau ya robb telah menciptakan orang ini lahir di dunia, dan menulis di internet … :), jadi kurang lebih sy jg kecipratan hikmah, banyak tulisan2 di sufimuda ini yang sungguh terbukti dan masuk akal, terserah mau dilihat dari sisi manapun… terimakasih sufimuda

  2. Moonlight on said:

    Sufimuda emang mantaab, tulisan sesingkat ini pun bs “mencolek” lubuk hati yg plg dalam… Mudah2an sikap km slama ini mncerminkan org yg baik, agar benar2 mjd org baik nntinya..

  3. Ruslianto on said:

    Alhamdulillah,…Tulisan pada srtikel ini, mencerahkan.
    Wass.

  4. Reblogged this on Amin Doc and commented:
    Tentang angka 40

  5. Allohu Akbar semoga bisa mengambil manfaat dari tulisan ini. amiin. lahaula wala quwwata illa billah. hasbunallohu wanikmal wakiil, nikmal maula wanikmannashiir.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: