Sufi Muda

Menemukan Tuhan Dalam Keseharian

MURSYID

Dalam setiap aktivitas rintangan itu akan selalu ada. Hal ini dikarenakan Tuhan menciptakan syetan tidak lain hanya untuk menggoda dan menghalangi setiap aktivitas manusia. Tidak hanya terhadap aktivitas yang mengarah kepada kebaikan, bahkan terhadap aktivitas yang sudah jelas mengarah menuju kejahatan pun, syetan masih juga ingin lebih menyesatkan.

Pada dasarnya kita diciptakan oleh Tuhan hanya untuk beribadah dan mencari ridla dari-Nya. Karena itu kita harus berusaha untuk berjalan sesuai dengan kehendak atau syari’at yang telah ditentukan. Hanya saja keberadaan syetan yang selalu memusuhi kita, membuat pengertian dan pelaksanaan kita terkadang tidak sesuai dengan kebenaran.

Dengan demikian, kebutuhan kita untuk mencari seorang pembimbing merupakan hal yang essensial. Karena dengan bimbingan orang tersebut, kita harapkan akan bisa menetralisir setiap perbuatan yang mengarah kepada kesesatan sehingga bisa mengantar kita pada tujuan.

Thariqah

Thariqah adalah jalan. Maksudnya, salah satu jalan menuju ridla Allah atau salah satu jalan menuju wushul (sampai pada Tuhan). Dalam istilah lain orang sering juga menyebutnya dengan ilmu haqiqat. Jadi, thariqah merupakan sebuah aliran ajaran dalam pendekatan terhadap Tuhan. Rutinitas yang ditekankan dalam ajaran ini adalah memperbanyak dzikir terhadap Allah.

Dalam thariqat, kebanyakan orang yang terjun ke sana adalah orang-orang yang bisa dibilang sudah mencapai usia tua. Itu dikarenakan tuntutan atau pelajaran yang disampaikan adalah pengetahuan pokok atau inti yang berkaitan langsung dengan Tuhan dan aktifitas hati yang tidak banyak membutuhkan pengembangan analisa. Hal ini sesuai dengan keadaan seorang yang sudah berusia tua yang biasanya kurang ada respon dalam pengembangan analisa. Meskipun demikian, tidak berarti thariqah hanya boleh dijalankan oleh orang-orang tua saja.

Lewat thariqah ini orang berharap bisa selalu mendapat ridla dari Allah, atau bahkan bisa sampai derajat wushul. Meskipun sebenarnya thariqah bukanlah jalan satu-satunya.

Wushul

Wushul adalah derajat tertinggi atau tujuan utama dalam ber-thariqah. Untuk mencapai derajat wushul (sampai pada Tuhan), orang bisa mencoba lewat bermacam-macam jalan. Jadi, orang bisa sampai ke derajat tersebut tidak hanya lewat satu jalan. Hanya saja kebanyakan orang menganggap thariqah adalah satu-satunya jalan atau bahkan jalan pintas menuju wushul.

Seperti halnya thariqah, ibadah lain juga bisa mengantar sampai ke derajat wushul. Ada dua ibadah yang syetan sangat sungguh-sungguh dalam usaha menggagalkan atau menggoda, yaitu shalat dan dzikir. Hal ini dikarenakan shalat dan dzikir merupkan dua ibadah yang besar kemungkinannya bisa diharapkan akan membawa keselamatan atau bahkan mencapai derajat wushul. Sehingga didalam shalat dan dzikir orang akan merasakan kesulitan untuk dapat selalu mengingat Tuhan.

Dalam sebuah cerita, Imam Hanafi didatangi seorang yang sedang kehilangan barang. Oleh Imam Hanafi orang tersebut disuruh shalat sepanjang malam sehingga akan menemukan barangnya. Namun ketika baru setengah malam menjalankan shalat, syetan mengingatkan/mengembalikan barangnya yang hilang sambil membisikkan agar tidak melanjutkan shalatnya. Namun oleh Imam Hanafi orang tersebut tetap disuruh untuk melanjutkan shalatnya.

Seperti halnya shalat, dzikir adalah salah satu ibadah yang untuk mencapai hasil maksimal harus melewati jalur yang penuh godaan syetan. Dzikir dalam ilmu haqiqat atau thariqat, adalah mengingat atau menghadirkan Tuhan dalam hati. Sementara Tuhan adalah dzat yang tidak bisa diindera dan juga tiak ada yang menyerupai. Sehingga tidak boleh bagi kita untuk membayangkan keberadaan Tuhan dengan disamakan sesuatu. Maka dalam hal ini besar kemungkinan kita terpengaruh dan tergoda oleh syetan, mengingat kita adalah orang yang awam dalam bidang ini (ilmu haqiqat) dan masih jauh dari standar.

Karena itu, untuk selalu bisa berjalan sesuai ajaran agama, menjaga kebenaran maupun terhindar dari kesalahan pengertian, kita harus mempunyai seorang guru. Karena tanpa seorang guru, syetanlah yang akan membimbing kita. Yang paling dikhawatirkan adalah kesalahan yang berdampak pada aqidah.

Mursyid

Mursyid adalah seorang guru pembimbing dalam ilmu haqiqat atau ilmu thariqat. Mengingat pembahasan dalam ilmu haqiqat atau ilmu thariqat adalah tentang Tuhan yang merupakan dzat yang tidak bisa diindera, dan rutinitas thariqah adalah dzikir yang sangat dibenci syetan. Maka untuk menjaga kebenaran, kita perlu bimbingan seorang mursyid untuk mengarahkannya. Sebab penerapan Asma’ Allah atau pelaksanaan dzikir yang tidak sesuai bisa membahayakan secara ruhani maupun mental, baik terhadap pribadi yang bersangkutan maupun terhadap masyarakat sekitar. Bahkan bisa dikhawatirkan salah dalam beraqidah.

Seorang mursyid inilah yang akan membimbing kita untuk mengarahkannya pada bentuk pelaksanaan yang benar. Hanya saja bentuk ajaran dari masing-masing mursyid yang disampaikan pada kita berbeda-beda, tergantung aliran thariqah-nya. Namun pada dasarnya pelajaran dan tujuan yang diajarkannya adalah sama, yaitu al-wushul ila-Allah.

Melihat begitu pentingnya peranan mursyid, maka tidak diragukan lagi tinggi derajat maupun kemampuan dan pengetahuan yang telah dicapai oleh mursyid tersebut. Karena ketika seorang mursyid memberi jalan keluar kepada muridnya dalam menghadapi kemungkinan godaan syetan, berarti beliau telah lolos dari perangkap syetan. Dan ketika beliau membina muridnya untuk mencapai derajat wushul, berarti beliau telah mencapai derajat tersebut. Paling tidak, seorang mursyid adalah orang yang tidak diragukan lagi kemampuan maupuan pengetahuannya.

Sumber : http://www.sufinews.com

691 thoughts on “MURSYID

Comment navigation

  1. Amin Amrullah on said:

    Saya Amin Amrullah dari Purwakarta, tentang Mursyid Insya Alloh Saya bisa bantu, Hubungi Facebook Amin Amrullah

  2. Assalamu’alaikum..
    Mau tanya apakah ada mursyid di daerah bekasi?? Saya sangat ingin menempuh jalan ini. Saya ingin mencintai Allah tanpa ada pemahaman yang diracuni oleh syetan. Karena itu saya butuh seorang mursyid yg bisa membimbing saya dlm mencintai Allah dgn cara yg diridhoi-Nya..
    Makasih🙂

  3. alhamdulillah Allah mempertemukan dan menuntun saya belajar dengan seorang mursyid yg sangat luar biasa🙂

  4. muhammad muhajir on said:

    assalamualaikum..doakan aku segera dipertemukan dg seorang guru mursyid yg bisa membimbingku tuk memperbaiki diri ini…amiinn..

  5. Mohon info untuk guru mursid di wilayah kalimantan
    Wassalam

  6. Mohon info, Mursyid di daerah Depok, terima kasih infonya, semoga dibalas kebaikan oleh Allah

  7. Coba datang ke PP Baiturrohmah malang.. ^.^

  8. Assalamualaikum, ya Allah pertemukanlah saya dengan mursyid untuk daerah Bogor…amien

  9. rizky yurdan on said:

    Tolong admin kirimkan saya alamat tariqah naqsyabandiyah yayaysan jabal qubis di malang jawa timur, minta tolong smskan ke 081270945016

  10. Yang ingin menempuh jalan spiritual melalui Thoriqoh Qodiriyah Naqsyabandiyah P.P Suryalaya sekarang Mursyid Thoriqoh Qodiriyah Naqsyabandiyah P.P Suryalaya dilanjutkan oleh Syekh Muhammad Abdul Gaos Saefulloh Maslul Alqodiri Annaqsyabandi Alkamil Q.S. silahkan kunjungi saya lewat fb:Asdyhusain. trm kasih Admin

  11. Bismillahirohman nir rohim…Mohon sy didoakan agar bs bertemu dg Mursyid sy..Tuan SufiMuda..Terima Kasih Sebelumnya..

  12. Buat yg tinggal d purwakarta sya mau nanya , MANA YG D SBUT ALLAH DAN MANA YG D SBT AKBAR ?
    Sms ya khusus daerah Purwakarta 089609370954

  13. Asalamu’alaiku Brangkali ada org” YAMIKA KARAWANG di daerah Purwakarta tlg sms 089609370954 . .
    Wasalam

  14. encep wahyudin on said:

    sungguh sangat penting peranan mursyid dlm perjalanan spirituil.agar tdk trsesat jalan.krna ilmu batin ada 2,
    1,batin yang lahir(kesaktian,hubungannya dgn jin)
    2,batin yg batin.disana akan menemui tanda2 kekuasaan alloh an nur ayt 35.
    brmohonlh pd alloh dgn sungguh, niscaya akn ditunjuki jln kpdnya.mlalui ilham/mngutus org yg brilmu ongetahuan,pilihlh diantara 2.antara salik(prjalnn pnjang )dan mahzub(prjlnn pndek)

  15. ada seorang arifbillah (Hj. Husien b Abdul Latief), beliau mengajarkan tasawuf jalan nabi.
    https://yusdeka.wordpress.com/2014/03/18/bertasawuf-ataukah-bertarekat-bagian-1/

  16. buat semua yang ingin belajar tasawuf bisa belajar pada Arif Billah Ustadz Hj. Hussien Bin Abdul Latiff beliau mengajarkan tasawuf jalan nabi-nabi, bukan tasawuf jalan wali-wali. yamasindonesia.org/silabus-kajian/

  17. coba belajar pada Ust. H Hussien bin Abdul Latiff, beliau seorang Arufbillah yang mengajarkan makrifat jalan nabi-nabi, bukan makrifat jalan wali-wali.

  18. Assalamualaikum…

    tempat-tempat dzikir di bandung dengan metode tarikat naqsyabandi di mana ya? terima kasih

  19. encep wahyudin on said:

    hai manusia
    demi alqur’an yg penuh hikmah
    ssungguhnya engkau salah seorang dari utusan
    qs:yasin 1-3

  20. Assalamu’alaikum..
    Mau tanya apakah ada mursyid di daerah Banjarbaru, Kalimantan Selatan? Saya sangat ingin menempuh jalan ini. Karena itu saya butuh seorang mursyid yg bisa membimbing saya dlm mencintai Allah dgn cara yg diridhoi-Nya..
    Makasih🙂

  21. Assalamu ‘alaikum wr.wb
    Saya tinggal di surabaya. Mohon doanya dr admin sufimuda agar segera dipertemukan dengan seorang guru mursyid. Terimakasih.
    Wassalamu ‘alaikum wr.wb

  22. terimakasih atas informasinya, salam.

  23. Alhamdulillaahh
    banyak komentar yang ingin menjalani tareqah…menandakan akan menjadi suburlah negeri ini.
    Untuk teman2 yang mencari Mursyid, saran saya carilah Mursyid yang benar2 jelas silsilah tali-pertaliannya dan tidak boleh terputus mulai dari Baginda Rosululloh SAW sampai sekarang.
    Salam 513

  24. Rida Baihaki on said:

    Assalamualaikum, mohon info untuk guru mursyid di wilayah Kalimantan Tengah, terimakasih

  25. tolong sufi muda infokan guru mursyid daerah semarang , trimakasih

  26. hamba Allah on said:

    Bisa nggak perempuan berderajat wushul????
    Mursyid perempuan itu ada ga?
    Boleh ga jika perempuan ingin mnjalani tarekat tp mursyidnya laki2?

  27. izin bg sufi minta copynya…tq

  28. asalam.sy sgt menghajati kepada mursyid.sy masih x tahu mcm mana cara bagi pemula mcm sy utk mula dari awal.sedang mencari seorang guru mursyid…

  29. Ping-balik: MURSYID | DANAWIRAUSAHAPEDIA

  30. tobirama on said:

    info… Thariqat Naqsabandiyah al-khalidiyah untuk yang tinggal di sekitar jakarta timur “Jl. Mandor hasan no 70 bambu apus cipayung jaktim”.

  31. saya mencari guru mursyid , saya tinggal di daerah serpong bsd

  32. Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuhu, ihwan mohon info mursyid tarikad naqhsabandiyah di kota balikpapan, jika ada yang tau?, terima kasjh ihwannul muslim
    Wassalamu’alaikum.

Comment navigation

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: