Sufi Muda

Menemukan Tuhan Dalam Keseharian

Tuhan, Engkau Nyata!

24 Juli 2004

Malam Indah tak terlupakan

Jam 00 : 30, aku rebah dalam syahdu hening kosmik

Jam 05.30. pagi, Genap sudah segala penantian,

Pupus sudah segala kesia-siaan,

Aku bertemu kenikmatan tak berperi

Kesejukan yang tak pernah dirasakan angin

Dulu aku telah banyak mendengar pengkhotbah berkata :

“Malaikat-malaikat itu tak tersentuh,

Tak terlihat kasat matamu

Kalau kau melihat Tuhan buta matamu,

Mustahil kau menjumpai Tuhan

Tapi, pagi ini,…

malaikat-malaikat melingkariku

Tuhanpun tanpa hijab,

Dan berkata :

“Tak ada AKU dalam shalat dan shalat malammu terdahulu,

AKU pun tak berwujud dalam puasa-puasamu terdahulu,

AKU tak datang dalam setiap tarikan-tarikan tasbihmu dulu,

AKU jauh dalam setiap rentangan tangan doa-doamu dahulu,

AKU tidak ada disetiap sujud rebahmu dulu

Karena AKU hanya ada bersama kekasihKU

Bukan jalanmu terdahulu ”

Anggur memabukkan itu telah tumpah ruah,….

Begitu nikmat wahai sahabat,

Biar aku sendiri yang menenggaknya

sampai mabuk tujuh lapis langit dan tujuh lapis bumi

Banda Aceh, 24 Juli 2004

T. M. Jafar

Single Post Navigation

15 thoughts on “Tuhan, Engkau Nyata!

  1. Mumpung-mumpung masih muda
    Belum banyak dosa jiwa
    Kesempatan ngisi taqwa
    Demi tuwa berbahagia

    Sahadat solat zakat puasa
    Pergi haji jika berharta
    Giat mengisi masa muda
    Dengan taqwa bekel tuwa

    Tulul amal tunggu tuwa
    Sudah bees penuh dosa
    Jadi sulit ihlas taqwa
    Selain memang sudah tuwa

    Alloh cinta masa muda
    Seperti rosul rohmat dunya
    Semenjak kecil amal taqwa
    Setelah tuwa sorga dunya

    Nabi rosul semuwah juga
    Bukan mati menutup mata
    Tapi pindah alam nyata
    Pada alam nikmat rasa

    Wasiatnyah amanat jiwa
    Kematian nasehat raga
    Kitab Alquran nasehat taqwa
    Demi sukses gapai sorga

    Sorga bukan hanya cerita
    Tapi dengan ilmu taqwa
    Sampai lanjut ihlas nanya
    Sampai ketemu sang pencipta

    Bukan cerita tetapi rasa
    Merasa diri sekujur jiwa
    Rumasa tida punya daya
    Ngarep Alloh rido bela

    • Lareangon on said:

      ya allooooh…ketemu lg ma suluknya kang julang dimari…..subhanallah….ijin ngaleeut tirta prawita sarina saletik nya kang… o:)

      moga alloh swt memberikan rahmatNya buat kita sekalian…amin…

      #okeh….lanjuuud (,”)

  2. Ruslianto on said:

    Al Qur’an Suraah Al Ahzab ayat 44 :
    Salam penghormatan kepada mereka (orang-orang mu’min itu) pada hari mereka menemuiNya ialah “Salam”; dan Dia menyediakan pahala yang mulia bagi mereka.

  3. Saat aku datang ke rumah nya :
    ku ketuk pintu rumah nya, yang di dalam rumah menyahhut siapa di sana.
    ku jawab:Aku
    Yang di dalam rumah menjawab:Tdk ada tempay buat kamu di sini.
    selang berapa tahun aku datang kembali ke rumah nya,
    ku ketuk pintu rumah nya:
    yang di dalam menyahut:Siapa di sana
    aku menjawab:Kamu
    terbukalah pintu itu oh Huwa
    oh terima kasih baginda Nabi Muhammad S.A.W yg telah mengatarkan aku kepadanya Yang Maha segalanya oh..air mata ini menangis kebahagian yang tiada bandingan nya ingin ku bagi kebahagian ini dengan semua hamba- hambanya

  4. tak lekang oleh panas,,tak lapuk karna hujan

  5. kreco22 on said:

    salam buat bang Iyan, mau tanya posisi pada redaksi yg bertamu apakah pada waktu bermimpi, atau tawajuh, atau dimana posisi rumahnya,

    • Salam juga buat bang Kreco22:Maaf baru saya jawab abiz saya cuman tukang ojeg sibuk cari penumpang hhe.

      .1.jika saya Melihat cahaya matahari masuk dalam rumah apakah saya salah jika saya mengatakan melihat matahari

      2.Pada suatu malam saya bermimpi. di hadapkan banyak orang dengan berbagai macam aktivitas masing-masing Terdengar suara !Apakah mereka semua itu adalah Aku, aku jawab dengan tegas IYA silahkan anda kira2 siapa yg bertanya/suara tadi(itu adalah bagian rangkaian perjalanan yg panjang dan berliku hanya karena DIA lah saya bisa selamat)

      3.Ini adalah hadiah makrifat yg di berikan DIA kepadaku jadi saya tdk bermaksud untuk berdebat dengan siapapun karena masing2 di beri rasa yg berbeda.ini :bagiku :saya,anda dan se isi alam semesta adalah DIA dan DIA meliputi semuanya,Semua berasal darinya dan akan kembali kepadanya.yang terlihat hanya DIA saja.

  6. kasih sayang adalah kekuatan terbesar dalam hidup,,,,,,,,,,,,,

  7. sadili ahmad on said:

    bang sufi muda bagaimana caranya suluk yg simpel dan tdk berputus asa pd saat yg dinantikan belum hadir juga, terima kasih afwan

  8. Ruslianto on said:

    Al Qur’an Suurah Ali Imran ayat 200 :
    Yaa ayyuhallaziina aamanusbiruu wa saabiru wa raabituu, wattaqullaaha la’allakum tuflihuun

    Wahai orang-orang yang beriman! Bersabarlah kamu dan kuatkan lah kesabaranmu dan tetaplah bersiap-siagalah dan bertakwalah kepada Allah agar kamu beruntung.

    • ekochoyo on said:

      Pesan orang tua dari Tanah Suci
      “Teruslah ber-rabithah pada mursyid, insya ALLAH tuhan beserta kita. Aamiin…(Ruslianto on 11 oct 12, 10.00,17AM)”

  9. Penuntunan ituh terasa kejam
    Bila belum dewasa paham
    Amal ihsan iman islam
    Semangkin keras semangkin dalam

    Terasa keras bila mendalam
    Karena bersaing kepada hodam
    Hodam ejin penyelundup islam
    Bid’ah dolalah melenceng paham

    Tida terasa pengaruh hodam
    Karna ibadah siang dan malam
    Budaya pake pakean islam
    Tetapi esah tiada paham

    Teturut munding istilah awam
    Sepadu amal di dalam islam
    Arti dan maksud tiada paham
    Mao ta mao munapek islam

    Merasa ego bisa memaham
    Menjadi dengki sesama islam
    Ahirnyah selisih di paham
    Hasud dengki menjadi seram

    Adapun ihsan iman dan islam
    Pabila betul dewasa maham
    Alloh bilang rohmatnyah alam
    Bijaksana sesama adam

    Tida nyalain di salah maham
    Tapi beri solusi maham
    Amanat rosul itulah islam
    Ihsan iman ahlaknyah islam

    Jikalau paham ahlaknyah islam
    Iman ihsan turunan adam
    Bertoleran gaul di alam
    Silih selametkan itulah islam

    Bukan simbol mayoritas islam
    Tetapi penyelametan alam
    Iman ihsan luwar dalam
    Seketurunan hawa dan adam

    Dalil :
    • Orang yang menyelametkan ituh orang yang melakukan perbuatan tertinggi tida ada perbuwatan yang lebih tinggi atas tingginyah jasa orang yang menyelametkan.
    • Sesungguhnyah pendiri kelurusan menuju rido Alloh di sisi Alloh yaitulah orang2 menyelametkan sekalipun binatang najis. Umpamanyah :
    Contohnyah : cabol masuk sorga lantaran menyelametkan anjing binatang najis acan2.
    – Sheh Muhamad nawawi masuk sorga lantaran menyelametkan nyawa laler yang kehausan
    – Rosululloh mendapet kehormatan dari Alloh lantaran menyelametkan kehormatan janda2.

    Maka terbanyak penghalang jalan menuju sorga yaituh wanita.
    Wanita ituh memang permata duniya bila dirinyah solihat
    Tapii yaa tapinyah!
    Terusin dewek Alloh daah.
    Julang malu nerusinnyah.
    Banyak penyalah guna islam kah!

    – Nyohor sohor Alloh taala
    Manusia menyanjung muja
    Tetapi banyak sebates nama
    Ta kenal ezat tida rumasa

    Wujud ezat wajib ada
    Ada pada tempat tiada
    Tiada iman Alloh tiada
    Ada iman Allohpun ada

    Dari itulah manusia
    Wajib ain sadar jiwa
    Akal sehat punya rumasa
    Manusia ada butuh pencipta

    Ibu dan bapak sebab belaka
    Tanpa sebabpun Alloh mah bisa
    Tercipta adam berserta hawa
    Ta punya ibu ta punya bapa

    Muncul isa ta punya bapa
    Isa hanya punya ema
    Alloh taala amat kuasa
    Empat sumbernyah Alloh pencipta

    Timbul cerita pandawa lima
    Tuntunan demi sadar jiwa
    Kesadaran rajin bertanya
    Bukan sekedar menduga-duga

    Ngandelin duga sering kecewa
    Seperti kenal hanyalah nama
    Semuwah juga bakal kecewa
    Bila tiada punya pembela

    Darilah ituh bertaklid taqwa
    Wajib ain ketiep jiwa
    Bertaklid bukan cara di paksa
    Tetapi taklid terus bertanya

    Bertanya bukan sepadu nanya
    Tetapi nanya esah bertaqwa
    Sehingga ngaji mengkaji raga
    Mengisi islam amalnyah jiwa

    Mengisi batin iman bertaqwa
    Mengisi alam ihsan berjiwa
    Rasa merasa juga rumasa
    Tiada daya tiada upaya

  10. Sahabat al-Qaim on said:

    Bagi yang sudah berjumpa dengan Allah swt, kasih bocoran donk.. 😸
    Numpang tanya nich, Tuhan itu berjenis kelamin atau tidak ? Dalam Sifat 20 ada Mukhalafatu lil khawaditsi 😎 Berarti kalau dikatakan tidak berjenis kelamin ea sifatnya disamakan dengan Malaikat.
    Bingung nih saya.. So, cowok apa cewek ¿!

  11. SIFAT YAHUDI : Banyak Tanya, Banyak Membantah, Banyak Menyelisihi

    Jangan Ditiru !!

    – Jika ada yang banyak tanya hanya untuk membingungkan dan menyudutkan orang yang ditanya..

    – Jika ada yang banyak tanya hanyak untuk membantah dan menolak kebenaran (Al Qur’an dan Sunnah)..

    – Jika ada yang banyak tanya hanya untuk memancing terjadinya saling berbantah – bantahan..

    ==> Maka sifat seperti ini mirip Yahudi..

    Lihat Yahudi.. Mereka bertanya bukan untuk keinginan “mengamalkan pertanyaan yang mereka tanyakan”.. Tapi hanya untuk “sekedar bertanya”.. Bahkan pertanyaan yang mereka ajukan hanyalah untuk membingungkan orang yang ditanya..

    -Mereka hanya disuruh menyembelih sapi betina saja… tapi mereka banyak bertanya, dan mempersulit diri… hingga akhirnya Allah mempersulit mereka… Seandainya mreka MENCUKUPKAN DIRI dengan perintah tersebut, niscaya Allah tidak akan menambahkan penjelasan terhadap perintahNya tersebut…

    Bahkan mereka hampir saja tidak mengamalkan apa yang mereka tanyakan tersebut… Sesungguhnya penyembelihan itu bukanlah hal yang mereka inginkan, karena mereka memang tidak ingin menyembelihnya..

    Meskipun telah datang berbagai penjelasan, tanya jawab.. Maka mereka tidak menyembelihnya kecuali setelah bersusah payah.. Ini merupakan celaan atas mereka..

    Tujuan mereka bertanya itu hanyalah untuk membingungkan Nabi Musa semata.. Oleh karena itu mereka hampir saja tidak menyembelihnya..

    (Gambaran sifat Yahudi ini ada dalam Al Baqarah 67 – 74)

    Dan Nabi shallallaahu ‘alayhi wa sallam pun telah melarang kita untuk menirukan kelakuan yang seperti ini :

    “Apa yang telah aku larang untukmu maka jauhilah. Dan apa yang kuperintahkan kepadamu, maka kerjakanlah sesuai dengan kemampuanmu”

    “Sesungguhnya umat sebelum kalian binasa karena mereka banyak tanya, dan sering menyelisihi para Nabi mereka”
    (HR. Muslim)

    Seharusnya.. Sebagai orang mukmin, kita wajib taat kepada Allah dan Rasul, sami’naa wa atho’naa.. Tidak patut bagi kita mempertanyakan dan mempermasalahkan lagi ketetapan Allah.. Apalagi sampai menyikapi risalah2 dari Allah dan RasulNya dengan pertanyaan2 semisal :

    “Why..?? How..?? What if..?? What’s the reasons behind..??” Dlsb..

    Diperintahkan membiarkan jenggot tumbuh subur.. Malah tanya kenapa harus panjang..?? Itukan gak rapi..?? Gimana kalo diklimiskan aja..??

    Diperitahkan memotong celana / sarung diatas mata kaki.. Malah mencemooh, gak gaul lah, kayak orang kebanjiran lah..

    Dalam hadits shahih dikatakan bid’ah itu seburuk2 perkara dan sesat.. Malah menyelisihi hadits, malah membantah : “lho.. Tapi menurut mayoritas bid’ah itu bagus lho..”

    “Hati2 sama adat istiadat yang menyangkut keyakinan.. Apalagi yang mengandung syirik dan bid’ah..”

    Biasanya akan dibantah : “Ah ini kan hanya melestarikan warisan para leluhur dan nenek moyang.. Masa gak boleh..??”

    Dibilangi kalo mmg cinta Rasul maka ikutilah tuntunannya.. Gak perlu ikutan kebanyakan orang yang ngadain amalan2 bid’ah semisal maulid, tahlilan, yasinan, ruwatan, tingkeban, dlsb.. Karena Nabi dan sahabatnya gak pernah mencotohkan dan mengamalkan itu..

    Malah berdalih : “Tapi kan kata kyai saya itu bagus.. Saya yang awam ini manut saja apa kata kyai..”

    Hhmm.. Ternyata lebih cinta sama kyainya..

    Ingatlah firman Allah Ta’ala yang menyebutkan perkataan Nabi Musa kepada bani israail :
    “Maka kerjakanlah apa yang diperintahkan kepadamu (tanpa banyak bertanya lagi tentangnya)…”
    (Al Baqarah ayat 68)

    Semoga Allah Ta’ala senantiasa menunjukkan kita kepada jalan yang lurus, yaitu jalan yang ditempuh oleh orang-orang yang diberikan ni’mat, bukan jalannya orang-orang yang dimurkai dan orang-orang tersesat..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: