Sufi Muda

Menemukan Tuhan Dalam Keseharian

Sembilan Bulan SUFI MUDA

Waktu terlalu cepat berlalu melewati hari melintas bulan tanpa disadari telah 9 bulan Sufi Muda hadir dalam dunia tidak nyata, dunia maya yang memberikan kebebasan kepada siapapun untuk berkarya  menumpahkan pikiran dan perasaannya untuk dibaca oleh manusia diseluruh dunia tanpa dibatasi oleh sekat-sekat wilayah.

Sufi Muda di awal kehadirannya tidak lain untuk mengisi spasi kosong dari tulisan-tulisan tentang tasawuf yang telah begitu banyak ditulis oleh penulis-penulis hebat dan bermutu. Apa yang disampaikan oleh Sufi Muda hanya perulangan dari kajian-kajian tasawuf yang telah banyak beredar di internet. Sufi Muda hanya membahas dari sudut pengalaman pribadi dalam berguru kemudian menyelaraskan dengan teori-teori dasar tasawuf yang sudah mapan dan lahirlah tulisan-tulisan yang saudaraku sekalian baca.

Sufi Muda bukan seorang webmaster yang ahli dalam mendesain blog/web sehingga blog Sufi Muda tampil ala kadarnya, cukup untuk bisa dilihat dan di baca dan wajar kalau ada pembaca yang mengkritik tampilan Sufi Muda. Sufi Muda telah berusaha “berdandan” sedemikian cantik agar bisa dengan semangat dilirik oleh semua orang baik yang suka tasawuf maupun yang belum suka dan…. ini lah Sufi Muda….

Terimakasih kepada seseorang yang sedang membenahi tampilan www.sufimuda.org dari apa adanya dengan memakai program wordpress menjadi lebih berwibawa, mudah-mudahan dalam waktu tidak begitu lama lagi akan bisa dibaca dengan tampilan baru dan tentu saja terimakasih yang luar biasa kepada seseorang di Jakarta yang telah bersusah payah mengurus hal-hal berhubungan dengan www.sufimuda.org dan dengan sungguh-sunguh mewujudkan impian Sufi Muda. Juga telah berusaha agar Sufi Muda Community menjadi lebih baik. Walaupun nanti telah ada website, http://www.sufimuda.wordpress.com akan tetap terus berlanjut dengan gayanya sendiri. Terimakasih untuk seseorang di Serawak sebagai kawan diskusi yang telah memberikan hadist-hadist shahih lengkap dari seluruh Imam Hadist baik dalam versi Latin maupun dalam Versi Arab untuk referensi Sufi Muda.

Sufi Muda ingin menceritakan tasawuf dengan bahasa ringan dan gampang dipahami oleh semua kalangan dan selalu berusaha memberanikan diri membahas hal-hal yang dianggap tabu seperti Melihat Allah, karena menurut Sufi Muda ini merupakan hal yang urgen dari seluruh ilmu tasawuf. Untuk Apa ber tasawuf kalau tidak pernah Melihat Allah?

Sembilan Bulan telah terjalin kebersamaan diantara kita, mungkin ada diantara anda yang kenal dengan Sufi Muda dan banyak juga yang sama sekali tidak mengenalnya hanya berkomunikasi lewat email namun tidak mengurangi rasa persaudaraan diantara kita.

Siapakah Sufi Muda?

Sufi Muda bukan lagi “seseorang” yang begitu cinta Tasawuf, bukan sosok pribadi, dia telah menjelma dan merasuk kedalam dada segenap manusia yang cinta akan kebenaran dan rindu akan kasih sayang-Nya. Saya, anda dan semua kita para pecinta tasawuf dan sedang “gila-gila” ber-Tuhan adalah Sufi Muda. Saudara sekalian yang menggunakan nickname : Sufi Gila, Sufi Bali, Young Sufi, Sufi Wanita, Sufi Banten, Sufi Banjar, Sufi Baru, Sufi Gaul dan nama-nama lain yang ada Sufi nya menunjukkan bahwa anda senang dengan sebutan sufi. Sebuah sebutan yang dianggap pembuat bid’ah oleh saudara kita yang merasa paling “Islam” dari golongan wahabi+salafy. Tapi kita tetap bangga memakai kata “sufi”.

Lalu Siapa Sufi Tua?

Bagi saya, Sufi Tua adalah Para Guru Mursyid yang sangat luar biasa, Guru Mursyid anda, para Auliya Allah, teristimewa untuk Guru saya tercinta, yang karena kasih sayang nya saya bisa memahami sedikit tentang ilmu Tuhan yang Maha Luas, karena semangat cintanya telah mampu membakar semangat saya untuk terus menulis disini. Tanpa Sufi Tua, saya hanyalah seorang anak nakal tersesat di dunia ini, terlunta-lunta tiada berdaya, tetap menyembah Tuhan yang tidak jelas dan terus menerus dipermainkan oleh nafsu dan keserakahan dunia.

Sufi Tua selalu menyirami qalbu saya dengan curahan cahaya ilahi yang terang benderang, menyinari akal penuh nafsu ini dengan cahaya iman dan mampu mengantarkan saya yang tiada berdaya ke altar-Nya.

Sufi Tua adalah sumber power “The Big Conductor” penghantar arus dari alam Rabbani untuk disalurkan kepada segenap Hamba Tuhan sehingga menjadi Rahmat untuk dirinya,  kampungnya, kotanya, negaranya bahkan menjadi Rahmat Lil Alamin sebagaimana sejati tujuan ber-Islam.

Saya tetaplah Sufi Muda…..

Walaupun waktu kan berlalu puluhan tahun dan berbagai macam pengalaman mengisi hidup ini, saya tetap seorang yang masih muda, masih perlu bimbingan dan arahan agar tidak tersesat di jalan-Nya.

Terimakasih untuk semuanya, untuk seseorang yang selalu setia mendampingi hidupku dalam suka dan duka, untuk saudaraku di Surabaya yang sering memberikan masukan dan kritik membangun yang membuat aku menjadi tersadar dan terbangun, untuk saudaraku di Jakarta atas kasih sayang dan ketulusannya, untuk saudaraku di Batam yang telah memberikan banyak referensi dan support yang luar biasa, untuk saudaraku di lampung yang dukungannya diluar batas kemampuan manusia biasa membuat Sufi Muda menjadi tegar, untuk saudaraku di Palembang dan Medan atas keikhlasan yang tanpa batas, untuk saudaraku di Aceh dengan ikhlas  memberikan dukungan sepenuh hati tanpa pamrih, untuk saudaraku di Borneo atas kiat-kiat jitu dalam menghadapi dunia yang semakin kejam dan untuk saudaraku yang berdakwah di Ambon dan Irian Jaya yang sangat gemar berzikir 6 jam semoga kelak menjadi Ahli Zikir yang tangguh, untuk saudaraku di Sulawesi yang selalu memberikan email-email bersemangat, untuk saudaraku di Bali yang tiada hari tanpa membaca Sufi Muda, untuk saudaraku di negeri jiran Malaysia teruslah berkarya demi kejayaan Islam Mulia Raya, untuk saudaraku di seluruh dunia yang telah membaca dan memberikan komentar dan juga saudaraku dari akhirat yang sedang bermain-main di muka bumi ha ha ha…

Salam hangat untuk kawan-kawan bloger sejati, termasuk orang yang telah berani dengan jujur mengatakan mengatakan Sufi Muda sebagai “Bloger paling hebat yang pernah saya kenal” ha… ha… ha…, teruntuk saudaraku Pengembara Jiwa yang selalu mengembara di alam Tuhan dan saudariku Mujahidah Wanita yang tidak putus-putusnya beribadah untuk bisa terus bersama-Nya, sebuah Esensi luar biasa sehingga melahirkan Rindu kepada Tuhan. Si Bengak tidaklah sesuai dengan nama karena dia memiliki sebuah kearifan luar biasa disetiap katanya sehingga orang akan terpana. Sungguh luar biasa Halte Perjalanan yang telah mengizinkan papan nama Sufi Muda selalu terpampang disana pada akhirnya akan singgah di Terminal Tobat. Habib Hasan yang sangat berani menentang MUI sebagaimana beraninya Bang Toga dalam menyampaikan Kebenaran dan setajam Nenyok dalam mengulas masalah juga se Istiqamah Kang Kolis dalam menguraikan tentang Nur Muhammad menjadi panutan kita semua.  Jalan Sufi harus dilalui oleh semua orang baik santri, MudaBentara, Hardiman, Sanggar Dewa maupun Bani Mustajab dengan demikian kita akan lebih mudah Memahami Sufi. Mencoba Sukses sangat dianjurkan asalkan tetap memperhatikan Sabda Langit. Syiah dan Sunni juga yang suka Bicara Salafy bahkan Abu Salafy sudah saatnya kita menghilangkan perbedaan-perbedaan diantara kita dan mari kita santai sejenak di Kafe Sufi sambil merenungi semua kekhilafan kita sehingga tercapai puncai spiritual berupa Quantum Ilahi. Tentu mohon maaf sedalam-dalamnya kalau nama blog nya lupa dicantumkan.

Terimakasih kepada semua yang tidak bisa disebutkan satu persatu dan rasa senang yang tak terhingga karena tulisan-tulisan di Sufi Muda telah membukakan hijab beberapa orang sehingga bertemu dengan Guru Mursyid dan mohon maaf seandainya tulisan-tulisan Sufi Muda juga membuat orang-orang benci kepada Tasawuf bertambah benci.

Mohon maaf kalau ada hati yang terluka dan perasaan yang dikecewakan, email yang terlambat dibalas atau bahkan tidak dibalas sama sekali, inilah keterbatasan Sufi Muda yang melakukan semuanya sendiri. Sufi Muda sebagaimana wajarnya manusia hidup didunia  tidak bisa melepaskan diri dari kesibukan duniawi untuk melanjutkan hidup dan berusaha menunjukkan kepada dunia bahwa menjadi Sufi itu tidak identik dengan kebodohan dan keterbelakangan, tidak harus menjadi faqir miskin tapi menjadi sufi harus  kaya raya dan makmur sebagai bagian dari sifat Allah yang Maha Kaya namun tidak lupa diri sebagai hamba hina yang seluruh hidupnya diabdikan kepada Penguasa Alam.

Di antara kesibukan itu semua, Sufi Muda menyempatkan diri  menulis sebuah buku dengan judul “Sufi Muda Mencari Tuhan”, buku yang mengupas suka duka berguru dari pengalaman pribadi dan menceritakan pengalaman sufistik dalam dimensi kekinian yang lebih moderat tanpa melepaskan jati diri Sufi sebenarnya sehingga ketika orang menyebut kata Sufi dan Tasawuf tidak hanya terbayang sosok berjubah dengan tasbih ditangan berjalan di padang pasir tandus akan tetapi ketika menyebut kata Sufi terbayang juga sosok anak muda dengan pakaian sesuai zamannya, menikmati secangkir kopi hangat disebuah kafe namun masih bisa menggetarkan hatinya dengan kalimah Allah. Inilah hakikat kesufian mampu melintasi zaman menembus dogma-dogma agama yang terkadang kaku dan kasar menuju kepada cinta Ilahi penuh kesejukan dan kedamaian.

Terimakasih untuk semua yang pernah singgah di Surau Sufi Muda, telah membaca  183 tulisan  sehingga saat tulisan ini ditulis telah memunculkan angka 133.159 penziarah serta  3.777  komentar, sungguh luar biasa!!!

Silahkan ungkapkan kritik dan saran di kolom komentar dibawah agar kelak Sufi Muda bisa lebih baik.

Sembilan Bulan telah berlalu, semoga Zat Yang Maha Tinggi dan Maha Perkasa masih memberikan kesempatan kepada Sufi Muda untuk terus menulis dan menumpahkan isi hatinya disini.

Amien Ya Rabbal ‘Alamin

 

Salam Hangat Penuh Cinta Kasih

<Sufi Muda>   

 

 

 

Single Post Navigation

66 thoughts on “Sembilan Bulan SUFI MUDA

Navigasi komentar

  1. Selamat hari jadi ke sembilan bulan. Angkat sembilan juga adalah angkat lucky saya. Sedari umurku 9 tahun hingga sudah tua begini, sudah 9 guru yang secara formal atau tidak telah saya ketemui. Wali Sogo @ sembilan, malah wali dunia juga sembilan.

    Semoga angka sembilan sentiasa terus terpahat teguh mengisi kalimah kalimah tasawuf yang kelak lebih mengocang jiwa peminat saufi sekalian alam.

    Seorang guru yang pernah saya ketemui sememangnya ianya buta huruf. Amalan nya biasa-biasa saja tak banyak zikir yang saya rasa tiada tarekatnya namun masih boleh berinteraksi dengan Tuhan dengan cara nya sendiri malah seruan bacaannya dalam bahasa Melayu aje. Barangkali cara hidupnya yang tak cerewek dan selalu bersifat kanaah menjadikannya salah seorang yang dianugerahkan begitu rupa.

    Saya beranggapan kalau cara hidup kita cukup disenangi orang lain, tak pernah komplain sama Tuhan maka tak perlulah kepada amalan yang teramat banyaknya sehingga perlu berzikir beberapa jam sehari. Buat yang wajib saja sudah cukup agaknya. Tapi saya belum sampai ke tahap ilmu setinggi Shekh Siti Jenar atau Al Hillaj yang mana tak perlukan solat. Ataukah mereka ini mempraktikan solat ghaib @ batin.

    Minta petunjuk!…….Salam selamanya.

  2. Alhamdulillah telah hadir sufi muda yang telah banyak mengisi kekosongan dari sebagian ruang yang ada di hati agar tidak terisi oleh hal lain yang justru akan menyesatkan…. semoga sufi muda akan terus dapat berkarya, mendapatkan petunjuk dan bimbingan dari ………Mursyid Amin ya Robbal Alamin…..

  3. Assalamu’alaikum Wr, Wb….

    Wah….nggak terasa yaa! kang, sudah sekian lama blog ini hadir…., dan selama itu pula dede selalu mengikuti perkembangannya….

    Sukses buat akang, doa saya senatiasa untuk akang dan keluarga…..semoga Allah memberikan kemudahan di dalam menjalani kehidupan dunia dan akhirat.

    Dan terus berkarya, memberikan pencerahan-pencerahan kepada yang membutuhkan pencerahan. eemmmm jadi bingung mau bicara apa?

    Btw, tetap semangat dan selalulah tersenyum di dalam kasih sayang Allah:smile::wink:

    Salam

  4. abahselatan on said:

    Slamat SUFIMUDA., semoga nantinya dapat terus berkarya, berjaya, dan berdakwah… dalam waktu yang masih cukup singkat di dunia maya, akan tetapi kiprah SUFIMUDA telah mendunia, dan saya yakin banyak para saudara-saudari kita yang telah terbantu dalam pencarian TUHAN, dalam ilmu tasawuf islam, tentang keguruan, dan juga bagaimana seorang sufi di zaman modern…

    abah sendiri atas nama pribadi mengucapkan terimakasih atas bantuannya yang telah banyak memberikan masukan tentang berGURU dan berTUHAN, mengenal diri dengan sebenarnya…

    salam damai dalam Rahmat dan Ridha-NYA…

    ……. ^_^ ……… 🙂

  5. quantumillahi on said:

    Selamat Bang Sufi Muda, usia yang muda tapi mempunyai karya yang luar biasa dalam dakwah menularkan zikir-zikir di muka bumi. WALIALLAH akan senang dengan ubudiah abang. Sukses ya Bang dan maju terus, kapan bukunya di launching?

  6. Pengenjadisufi on said:

    Selamat ya bang sufimuda, 9 bulan itu waktu yang tidak sebentar bahkan bisa dikatakan waktu yang cukup lama untuk bisa konsisten dalam memaintain sebuah blog, kata kuncinya memang konsistensi. semoga 9 bulan kedepan minimalnya abangnda Sufimuda dapat tetap konsisten dalam memberikan curahan kesegaran rohaniah dalam upaya mencapai TUHAN melalui kekasihNYA…

    Amieenn ya robbal allamin…

    nb: baru tahu juga kalau abangnda sufimuda mau mengeluarkan buku. utk kalangan sendiri apa dijual bebas bang? (menunggu:= mode ON) 🙂

  7. ajak-ajak on said:

    wah.. makan makan,, makan makan,,, makan makan,,, hehehehe 😛

  8. Alex Aykal on said:

    sufi muda is the best

  9. YUP YUP!!!
    Mudah2an setiap ilmu yang diamalkan setelah membaca blog ini dapat membuka hijab bagi kita semua dan dapat memberikan rahmat karunia bagi pemilik blog sufimuda khususnya dan seluruh umat islam pada umumnya. Mudah2an semakin banyak blog2 sufi /tasawuf yang berdakwah melalui dunia maya, semakin banyak insan yang berzikir dengan metoda yang sama persis seperti metoda Rasulullah SAW dan para sahabat Beliau. Sebab zikir seperti itulah yang dapat menunda datangnya kiamat.

  10. hebat…………………sebuah kata yang pantas diacungkan jempol
    eksiss …………….dalam hal yang kata orang sangat rawan………(katanya sich) selamat,,,,,,,,,,,,,,,,,tuk seorang sufi muda yang telah menyebarkan ilmu yang hakiki ke seluruh dunia ini…………smoga dapat dilihat dibaca dan diamalkan sampai tuk buyut kita……………..
    walau saya baru masuk ke blog ini……………..
    tapi rasanya gimana ………………..
    mo tiap hari masuk ke blog ini
    makasi sufi muda smoga ana dikasih pencerahan yang hakiki……..

  11. Salam kenal dan salam persaudaraan dari hijib untuk bang sufi muda. Selamat hari jadi yang ke 9 semoga selalu mendapat ridho dan petunjuknya. Semoga menjadi sufi yang sejati.

  12. Selamat ya Abangda Sufimuda, Mudah2an masih rela berbagi2 ilmu untuk kami2 para bayisufi ini 🙂 ga berlebihan, SUFIMUDA is the best blogger in the world!!

  13. Buddha Vama on said:

    sembilan bulan yg sebenarnya ada di blog saya.

  14. Selamet hr jadi yg k 9bulan buat abangda sufimuda.Tetap berkarya untuk kebesaran nama-NYA..Semoga selalu dalam limpahan rahmat & kasih-NYA.

  15. @dipikir, hasyim, mujahidah wanita, Abah Selatan, Quantum Ilahi, Pengen jadi Sufi, Ajak2, Alex Aikal, oneman, hijib, aria, Budha Varna dan a’au

    Thanks atas ucapannya 🙂

  16. padimuda on said:

    Indah ya persaudaraan itu? Selamat sufimuda telah menjadi kepala rumah tangga di bahtera blog tasawuf ini. setelah sembilan bulan, berarti sebentar lagi menunggu kehadiran yang dinanti dong :P.

  17. Young sufi on said:

    sebelumnya terima kasih dan selamat buat sufi muda tak terasa sudah sembilan bulan menemani dan menyirami qalbu kami semua dengan pengetahuan2 yang ada di setiap topik yang disajikan.
    mo tanya neh bang sufi muda, kalo kita sekiranya punya topik yg mgk bs utk disajikan kirimnya kemana?

    Sufi Muda :
    Silahkan dikirim ke email : sufimuda@gmail.com, Makasih atas kesediaannya

  18. klo saya pribadi, blm mengerti benar dengan istilah sufi itu sendiri, tp cukup tertarik untuk sekedar mengetahuinya, dr sini, aQ bs tahu bbrp hal…hehe..mksh atas infonya y..dan mksh jg udah mampir k blogQ
    salam kenal

    Sufi Muda :
    Makasih atas kunjungannya, mari kita belajar tasawuf untuk menenangkan hati 🙂
    Salam kenal kembali

  19. selamat bang sufi muda semoga makin sukses dunia dan akhirat, dan terus berkarya menyebarkan dakwah di dunia ini melalui tulisan di dunia maya.

    Terimakasih bang sufimuda tulisan-tulisan di url ini sangat bagus membuat hatiku bergetar bahkan saya sampai menangis.

  20. creativesimo on said:

    Sembilan bulan ya… berarti kurang sepuluh hari.. 🙂

    Sufi Muda :

    Sepuluh hari lagi langsung lahir he he he

  21. lalu, siapa mursyid sufi muda?

  22. Salam kenal dari Sufi Tua…!

    Sufi Muda :
    Salam Kenal Kembali untuk Sufi Tua

  23. @ sufi muda

    walaupun usia mu tergolong masih muda tapi bahasan ilmu nya adalah yang terbaik diantara web -web yang pernah aku kunjungi
    selamat saudaraku sufi muda semoga dengan kharismatiknya anglka 9 menjadikan tetapnya suatu kebaikan pada diri abang

    salam 10

    Sufi Muda :
    Salam Kembali t 10, nickname nya kok 10 ya ? 🙂

  24. selamat…
    kami semua menunggu artikel-2 antum selanjutnya yg cerdas, berani mendobrak main, unlimited dan yg pasti MENCERAHKAN.
    terus berjuang bang
    sufi muda…, people like u make the world nice and peace.

  25. Junit saruman on said:

    Ass.wr.wb. Kalau bolh tanya bang, gmana sih caranya login ke artikel2 yayasan kiblatul amin II ?
    Trma ksih.Ass.wr.wb.

  26. @Junit Saruman
    Saya kontak admin nya lewat email, ternyata memang belum bisa login, masih dalam perbaikan, kalau sekedar membaca silahkan klik yayasan kiblatul amin dua di kolom kiri paling bawah di sufi muda

  27. Selamat kepada SufiMuda telah hadir 9 bulan di dunia maya, semoga dalam pencariannya menemukan kebenaran yg hakiki sesuai dengan kehendak dan ketentuan Allah SWT dan Rasulullah SAW.

    Salam

  28. kapan donk lahirannya, khan udah 9 bulan.. 😀

  29. Salam

    Saya juga mengucapkan selamat atas kehadirannya didunia maya yg kesembilan bulan. Mudah-mudahan abang Sufimuda selalu ada dalam bimbingan Allah swt dan Rasul saw, amin ya arhamarrohimin.

    Wassalam

  30. Makasih Mas Asep…
    Sukses selalu…

  31. @nAsruni
    Udah lahir 😀

  32. yudistira on said:

    selamat ulang bulan yang ke 9
    “SUFIMUDA”

    sMOGA dengan kedepan SUFIMUDA semakin eksis didunia maya dan di dunia nyata untuk berdakwah membesarkan nama TUHAN dimuka bumi ini.

    dan sMOGA SUFIMUDA selalu diberikan limpahan rahmat dan karunia dari ALLAH SWT, sehingga SUFIMUDA menjadi sosok seorang Raja yang kaya raya dan terus berjuang dijalan ALLAH…

    Amin ~~~~~~~ x

  33. Alhamdulillah udah 9 bulan,ijal do’ain sMOGA Makin Sukses Amin Ya Robbal’alamin
    ijal rindu dgn Sufimuda,sampai-sampai hadir dalam mimpi.

  34. QA management on said:

    Semoga Tambah Jaya….Sufimuda ku

Navigasi komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: