Sufi Muda

Menemukan Tuhan Dalam Keseharian

DIAM

Ketika gelas yang berisi air di goyang maka air di dalam gelas ikut bergoyang dan bergelombang dan selama gelas itu kita goyang maka selama ini pula air tetap akan bergelombang di dalamnya. Jika kita ingin air itu tenang maka gelas harus kita letakkan dan kita biarkan diam maka seiring berjalan waktu maka air didalam gelas itu secara otomatis akan diam mengikuti diamnya gelas. Begitulah kehidupan kita, jika banyak masalah menimpa hidup, kesulitan dan terasa hidup ini “bergelombang” maka yang kita lakukan bukan berusaha menyelesaikan masalah tapi segera mengambil posisi diam maka dengan sendirinya masalah itu akan ikut diam, selesai dengan sendirinya.

Al-Qur’an telah memberikan contoh bagaimana laut bergelombang karena badai dan perahu yang di tumpangi oleh nabi Yunus pun hampir tenggelam maka yang dilakukan oleh Nabi Yunus adalah masuk diam di dalam lautan, masuk ke dalam perut ikan selama 3 hari dan disaat itu pula lautan menjadi tenang, bahkan orang-orang yang selama ini menentang dakwah Beliau kemudian ikut beriman. Kisah masuk kedalam perut ikan ini merupakan kiasan yang hanya dipahami oleh orang-orang yang tidak sekedar membaca kisah al qur’an secara tekstual, tidak sekedar menafsirkan secara harfiah tapi juga menafsirkan secara bathin, makna yang tersembunyi dari apa yang ditulis.

Sama ketika kita membaca tentang kisah ashabul kahfi, hampir semua orang meyakini ada seekor anjing yang ikut bersama mereka dan anjing itu akan masuk surga pula bersama mereka. Di kalangan sufi mareka memaknai anjing itu sebagai simbol kesetiaan, orang yang sudah melewati ujian demi ujian sehingga mendapat kedudukan sebagai kekasih Allah, dan “anjing” itulah yang menjadi pemimpin 7 orang pemuda yang bersembunyi di dalam gua tersebut.

Kisah Nabi Yunus dan kisah ashabul kahfi adalah dua orang contoh betapa dalam hidup diperlukan waktu sejenak untuk diam agar semesta mendapat kesempatan untuk memperbaiki dirinya sehingga kita juga ikut terkoreksi, kembali berada pada jalur yang tepat.

Islam sejak awal memberikan contoh dalam hal ini junjungan kita Nabi Muhammad SAW, ketika beliau melihat masyarakat jahilyah yang demikian buruk akhlaknya dan Beliau tidak sanggup memikirkan bagaimana cara memperbaiki kaum yang merosot moral tersebut maka yang Beliau lakukan bukan berceramah dari satu tempat ke tempat lain tapi beliau DIAM dalam beberapa saat di gua hira, menyepi dari keramaian.

Dalam proses menyepi dan diam itulah maka Beliau mendapat petunjuk dari Allah SWT, Tuhan seru sekalian alam tentang apa yang harus Beliau lakukan terdapat orang-orang jahiliyah. Sejarah mencatat bagaimana hebatnya Nabi kita yang mempu mengubah masyarakat yang demikian terbelakang dari segi moral menjadi masyarakat yang gemilang, mampu menerangi seluruh penjuru dunia.

Nabi SAW melakukan DIAM bukan hanya sekali tapi sering Beliau mengulangi sepanjang hidupnya. Kita tahu dalam beberapa hadist terutama yang diriwayatkan oleh Aisyah RA, bahwa Nabi setiap bulan Ramadhan selalu melakukan I’tikaf atau berkhalwat selama 10 hari dan ini adalah proses DIAM yang dilakukan Nabi SAW agar setelah diam ini bisa membina umat dengan baik dan selaras dengan alam dan tentu saja selaras dengan kehedak Ilahi.

Sultan Muhammad Al-Fatih yang menaklukkan Konstantinopel sebelum berperang terlebih dulu melakukan DIAM selama 40 hari bahkan ketika Beliau berada dalam putus asa karena belum mampu meruntuhkan tembok kota yang sangat kokoh itu, Beliau berdiam di dalam kemahnya. Kita tidak tahu persis apa yang dilakukan oleh sultan al-Fatih di dalam kemah, yang pasti sebagai seorang yang memiliki Mursyid tentu saja Beliau melakukan dzikir sehingga kemudian Guru Mursyidnya datang memberikan petunjuk. Ketika petunjuk itu datang maka Beliau mampu menaklukkan kota Konstantinopel.

Sejarah mencatat bahwa tentara Turki Utsmani sebelum berperang terlebih dulu melakukan DIAM dalam waktu tertentu, biasanya sampai 40 hari, mereka intensif melaksanakan ibadah agar ruhani mereka tercerahkan dan ini memberikan pengaruh kepada jiwa dan semangat mereka dalam berperang. Orang yang jiwanya telah tenang dan damai akan mampu melakukan hal-hal besar dan sulit sekalipun.

Ketika Ali bin Abi Thalib meminta kepada Nabi Muhammad SAW untuk berperang menaklukkan musuh maka dengan senyum Nabi membawa Ali ke ruang dzikir abu bakar dan berkata, “Ali, musuh yang telah ditaklukkan oleh Abu Bakar itu yang kalian semua kalian kalahkan”. Maksudnya, Abu Bakar mengalahkan musuh dengan Dzikir yang kemudian sahabat yang lain berperang secara dzahir, namun hakikatnya musuh itu sudah terlebih dulu dikalahkan secara rohani oleh Abu Bakar Shiddiq.

Perang yang dipimpin oleh para ulama dulu juga demikian, mereka terlebih dulu mengalahkan musuh dalam posisi DIAM sehingga ketika terjadi perang zahir secara gerak maka musuh sudah terlebih dahulu kalah.

Maka ketika hidup anda sudah seperti perang, amburadul, maka segera lakukan DIAM, bagi yang sudah belajar tarekat segera memperbanyak dzikir, bersuluk agar setelah DIAM selama waktu tertentu itu nanti segala persoalan hidup bisa selesai dengan sendirinya. Ibarat air yang bergelombang di dalam gelas, diamkan gelas, maka air ikut diam.

sMoga tulisan ini bermanfaat…

Single Post Navigation

14 thoughts on “DIAM

  1. Makasih guru

  2. Mohon maaf, saya mau bertanya. Bgm jika seorang guru Mursyid sudah berlindung atau wafat. Apakah bisa kita bisa mencari guru Mursyid yang baru.

    • Ruslianto on said:

      Pertanyaan nya, apakah boleh mencari Guru Mursyid yang baru jika Guru Mursyid yang selama ini diyakini berlindung ?
      Jawabnya, berasal dari pertanyaannya sendiri, karena dan mengapa ada terbesit pertanyaan mencari pengganti, itu diduga selama ini Guru Mursyid tsb belum berlindung tidak terjadi kontak rohani (insten/kontiniu) bersinambungan kepada Anda, Yaqin kah
      anda bahwa Sang Guru Mursyid itu pada hakikatnya adalah Guru Rohani ? Maaf guru formil, bukan pula silat, Maka sejak awalnya super seleksi mencari Guru Mursyid carilah Yang Kamilmukamil, Rohaniah itu ta ada matinya bung!
      Allah SWT berfirman dalam QS, Diakhirat nanti setiap umat akan dipanggil menurut masing masing pemimpinnya, sedangkan Nabi Muhammad pemimpin seluruh umat di dunia.
      Nah, jika anda mengganti Mursyid (Pemimpin rohani), itu berarti dianggap menyalahi ketentuan Allah diatas.
      Demikianlah, sekedar bahan renungan, Allahuawammbisowab.

      • Ruslianto on said:

        Sungguh hebat tak ada tolok banding Guruku itu dan pernah berfatwa : “Sekiranya kalian dulu keharibaan Allah, Ayahanda antar, dan sekiranya Ayahanda duluan dari kalian, Ayahanda jemput kalian”
        Kata kata yang indah penuh makna, bahwa YMM AG, menyayangi para
        murid muridnya, untuk tetap bersama di dunia, alam baka, dan diakhirat kelak.
        Miris rasanya didada ada segelintir orang mengganti Mursyid. (Atau entah lah ya kalau mursyid nya dimaksud, belum pada Maqom Kamilmukamil)
        Demikianlah doeloe, inshaAllah bermanfaat.
        Wass.

  3. zaenalhalim@yahoo.com on said:

    Assalamualaikum wrwb…Alhamdulillah, wassholatu wassalamu alaa rosulillah..amma ba’du…ucapan terima kasih saya sampaikan mulai dari awal sampai akhir ke

  4. Assalamualaikum. Terimakasih tuan guru. Mohon bimbingannya terus. Allahumma salliala saidina muhammad waala ali saidina muhammad. Wassalamualaikum.

  5. Terimakasih..sebelum nya mohon maaf apakah nabu nuh pernah masuk perut ikan..?
    Bukan kah nabi yunus yang pernah masuk perut ikan..

  6. Ahmad Yani on said:

    Sebelum nya mohon maaf bukan kah nabi yunus yang masuk perut ikan..Bukan nabi nuh..
    Dikirim dari Yahoo Mail di Android

  7. Terimakasih tak terhingga. Semoga langkah kami dimudahkan utk bersuluk 😭 tiada daya dan upaya kami yg sangat lemah ini selain ridha dariNYA. Allahumma ShalliA’la Sayyidina MUHAMMAD…

  8. Sy selalu insomnia. Terkadang takut untuk tidur. Ketika tidur sy selalu mengembara di tempat antah berantah dan juga selalu mengalami tindihan. Ada yg bilang karena masalah psikologi dll. Hingga suatu ketika, sy mulai mencoba mengambil sikap “diam”. Mencoba berdialog dan berdamai dgn diri sendiri. Tulisan ini sangat membantu sy terutama bagian :
    “Kisah Nabi Yunus dan kisah ashabul kahfi adalah dua orang contoh betapa dalam hidup diperlukan waktu sejenak untuk diam agar semesta mendapat kesempatan untuk memperbaiki dirinya sehingga kita juga ikut terkoreksi, kembali berada pada jalur yang tepat”.
    Dalam diam seolah-olah terhampar benang kusut itu, dan perlahan kumulai mencoba ku urai. Untuk kemudian kujadikan karya demi karya, perlahan saja, namun penuh cinta. Insya Allah…Terima kasih tulisannya bang Sufi muda…

  9. jonnihasibuan on said:

    Alhamdulillah.
    Terimakasih pencerahannya abangda.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: