Sufi Muda

Menemukan Tuhan Dalam Keseharian

Siapa Yang Menggoda Iblis?

Syetan rupanya sangat bangga dengan tugasnya, menggoda manusia untuk berbuat jahat. Namun manusia yang satu ini rupanya juga penasaran. Kalau begitu, siapa yang menggoda syetan? katanya dalam hati.

Orang itu tak lain Mukidin, pertugas pentakmir masjid di dekat rumahnya. Dia sekarang makmur karena bisa korupsi di sana sini. Suatu ketika Mukidin bertanya pada seorang Kiai Sufi.

Pak Kiai, syetan itu kan punya tugas menggoda manusia, lalu siapa yang menggoda syetan?” tanyanya agak sombong

Ya kamu itu yang menggoda syetan!” kata Kiai seraya mengumbar tawa.
Mukidin pun ikut tertawa sampai-sampai perutnya yang buncit itu berguncang-guncang.
Suasana sejenak hening, dan Mukidin hanya tertunduk sambil merenungi dirinya. Benarkah dirinya bisa menggoda syetan, sedangkan syetan dari ujung rambut hingga kakinya pun belum ia kenal?

Setelah beberapa bulan ia menyadari akan tindakan buruknya selama ini, ia bertobat lalu mendatangi Kiai Sufi itu.

Benar Pak Kiai, saya memang sering menggoda syetan,” katanya.

Ya, kalau kamu tidak menggodanya, syetan tidak berani menggodamu,” kata Kiai itu yang disambut manggut-manggut Mukidin

Sumber : sufinews.com

Single Post Navigation

27 thoughts on “Siapa Yang Menggoda Iblis?

  1. curious on said:

    😛
    Jadi inget ujar-ujar: Satu guru, satu ilmu, jangan ganggu.
    hahaha,,,,,,

  2. kalo kita mah bukan aja menggoda syetan tapi memanggil syaitan…. kata syetan nya tunggu ya antri lagi banyak yang manggil…..
    lebih banyak kita manngil syetan daripada manggil tuhan…..

  3. yg menggoda setan ya aku, yg mengundang malaikat juga aku, yg ketemu tuhan juga aku, lha kok semua jadi terserah aku… :mrgreen:

  4. Iblis butuh orang Sholeh
    Orang Sholeh butuh Iblis

  5. Cut Nanda Keumala on said:

    mmm… judul tulisannya justru menggoda 😀
    Baru tahu kalau Iblis bisa digoda juga

  6. ajak-ajak on said:

    heheheh,, smart joke.
    Dalleeeem

  7. Biar aman dunia akhirat, kita bantu aja anak-anak Iblis yang kesusahan. Alloh suka karena kita tolong-menolong, Iblis juga suka karena kita membantu anaknya yang susah…….

  8. wah baguuuss…. wikikikik,,, masyaAlloh…

  9. Kulonuwun on said:

    Yen ora ono iblis-setan mestine menungso, mbokmanawa lho, yo ora ono. Lha wong Adam ‘diusir’ saka suwargo amergo kegoda iblis-setan. Mbok di-Ilingi sethithik jasane iblis kuwi to kang ………. hahahahahaha…..
    Lha dolane menyang nggon petheng2, pinarak nenggak arak …… alasane …….. kegoda syaithon. ……. wooooooooo……

  10. aku tergoda judul artikel ini. jadi aku harus menggoda apa dong?? 😀

  11. mawardi on said:

    memang kamu setan ya wajar aja gi goda? dasar loe

  12. ABHusin on said:

    Siapa yang menggoda Iblis..??

    Yang menggoda Iblis adalah Iblis, bang….
    Sebab Iblis ada 2 jenis, bang….
    Ada Iblis Jantan dan ada Iblis Betina,
    Iblis jantan ada ekor, bang…..
    Iblis betina tiada ekor bang…….

  13. bhayhu on said:

    dalam cerita2 agama, iblis awalnya rajin beribadah, tapi adanya adam menyebabkannya membakar ibadahnya dgn keangkuhan. apakah adam yg menggoda iblis atau iblis digoda adam (idem wae). mngkn ada sesuatu dlm diri setan dan manusia yg menyebabkan mereka digoda. siapa oknum tersangkanya? itu … itu … tersangkanya …. lagi nunjuk2.

    • Kenapa Iblis marah sekali sama manusia.

      Kata kawan saya, suatu masa sememangnya Iblis ini adalah satu makhluk yang sangat kuat beribadat sehingga dia sangat disenangi Allah. Waktu itu manusia belum dijadikan. Iblis dan Jin menempati muka bumi sebagai saudara sesuku sebagaimana manusia hidup bersuku suku dan berbagai bangsa.

      Iblis sangat benci dengan Jin kerana kerja Jin ini suka berkelahi, mengadu domba, berperang dll. jadi ia berdoa minta dijauhkan dari suku Jin. Allah perkenankan doanya dan diangkatlah ia naik kelangit dan bertempat tinggal disyurga.

      Setelah lama disana dan ditugas sebagai Ketua para malaikat maka Allah menciptakan memutuskan untuk mencipta manusia pertama iaitu Adam. Selesai penciptaan Adam dan telah ditiupkan ‘nyawa dan ruh’ kedalam jasad Adam maka turunlah perintah agar semuanya sujud kepada Adam sebagai penghurmatan.

      Ketika itu Iblis merasa direndahkan kerana merasakan dia lebih mulia kerana dia diciptakan dari api dan Adam diciptakan dari tanah. Iblis enggan ‘bersujud’ kepada Adam. Maka sejak hari itu berusahalah dia menggoda Adam dan isterinya Hawa sehingga akhirnya kerana lupa akan pesanan Allah maka Adam dan Hawa telah memakan buah dari pohon yang dilarang Allah memakan buahnya, sehingga keduanya menjadi mabuk dan menanggalkan pakaian masing masing sehingga antaranya melihat auratnya dan timbul lah keinginan hendak melakukan hubungan intim.

      Akhirnya Allah memerintahkan keduanya berserta Iblis dihantar kebumi kerana didalam syurga bukanlah tempat berkembang biak. Maka turunlah mereka kebumi yang sekaligus membawa kepada penzahiran Muhammad yang kemudiannnya dilantik sebagai Utusan terakhir Allah. Ertinya secara hakikatnya ‘pengusiran Adam itu adalah untuk menzahirkan Muhammad’

      Kerana itu juga Iblis terpaksa berhadapan sekali lagi dengan musuhnya ia itu suku Jin. Maka kerana dendam dan marahnya itu ia bermohon untuk menggoda keturunan Adam untuk menyesatkannya dari ajaran Muhammad.

  14. Emg enak digodain?

  15. wah yooo bener kabeh koyo’e..memang pertama kita harus makasih ma Tuhan karena dengan adanya setan dunia ini jadi asyik…jadi rame…jadi dinamis….jadi pas gituuu ada kutub positif ada jg kutub negatif

  16. Yo kabeh enek manfaate

  17. gionadadidalamtiada@yahoo.co.id on said:

    jadi inget teka teki pekerjaan apa yang di benci ALLAH,manusia,bahkan setanpun benci apa hayo…?
    jawabnya:
    memperkosa anak setan di dalam masjid?
    wach…..nekat bener ni orang?
    he he he ….?!?

  18. sugiyono dadapayam on said:

    semoga kita tidak menggoda Iblis dan semoga kita bisa lebih beriman dari pada Iblis…Amin..?

  19. hehe…salah salah sendiri..setan disalahin..hehe

  20. iblis jangan dilawanlah…kita pasti kalah.., ajak aja dia menjdi sparing partner.., wong kita sama-sama mematuhi perintahNya kok.., jadilah pasangan yg baik.., hehehe

  21. Mukidin sombong, rasa sombong itulah yang menggoda iblis. Sehingga jawaban Pak kiayi kepada Mukidin adalah “kamulah yang menggoda iblis…”

  22. Mina jinnati wan naas

  23. Minal jinnati wan naas

  24. Ping-balik: Siapa Yang Menggoda Iblis? » Parasalik

  25. kalo yang menggoda jin itu siapa…? apa iblis/setan juga…?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: