Sufi Muda

Menemukan Tuhan Dalam Keseharian

TUHAN JUGA MANUSIA?

TUHAN JUGA MANUSIA?

Satria**

 

Pengalaman pribadi ini saya tulis tidak lain karena rasa penasaran mendalam tentang Tuhan, mudah-mudahan sang SUFIMUDA dan saudara-saudara seiman saya yang lain memberikan tanggapan yang menyejukkan, agar iman tidak lagi tergoncang, saya membutuhkan bimbingan dan arahan. Pengalaman 7 tahun di pasantren ditambah 5 tahun di IAIN tidak mampu menjawab pertanyaan saya:

Dimana Tuhan?

bagaimana bentuk wajah-Nya?

Benarkah Tuhan itu seperti manusia?

Saya duduk di sebuah kafe di sudut kota Medan, kebetulan ada janji dengan seorang teman penganut Katolik yang taat, dia seorang pengusaha sukses, memiliki puluhan jenis usaha. Kami ngobrol akrab tentang banyak hal, disamping sebagai teman juga sebagai mitra bisnis, dia selalu tampil ceria penuh semangat, berkeyakinan teguh  dan semua yang dikerjakannya hampir tidak ada kegagalan, kalau saya malah kebalikannya.

Penasaran dengan sukses yang diraihnya, saya memberanikan diri bertanya apa kunci suksesnya, lantas dengan santai dia menjawab: “kunci sukses saya adalah dalam hidup ini saya punya keyakinan yang kuat terhadap Tuhan, bagi saya, Tuhan Yesus itu bukan hanya sekedar Tuhan yang disembah, tapi dia juga mempunyai sifat-sifat manusia, karena itu saya berkeyakinan bahwa apapun yang bisa dilakukan Tuhan pasti saya bisa melakukannya.

Selaku penganut Agama Islam yang (menurut saya) taat, sangat terkejut mendengar penjelasan dia, bagi saya Tuhan itu  adalah Maha Suci dari sifat-sifat manusia, Tuhan merupakan sesuatu yang tak terhingga jauhnya, sesuatu yang super, menghukum hambanya yang bersalah dengan neraka dan memberikan hambaNya imbalan surga, itulah Tuhan yang saya kenal dari kecil sampai sekarang. Tidak pernah tergambar dalam benak saya bahwa Tuhan itu berwujud manusia seperti pemahaman ummat Kristen, malah dari kecil saya diajarkan untuk mengejek Ketuhanan Yesus dengan berbagai sindiran, cacian dan anekdot-anekdot yang konyol. Ada sebuah guyonan tentang Yesus yang sering saya ucapkan ke kawan-kawan sesama Islam: “Yesus Kristus mengatakan, apa yang dilaut bisa dimakan kecuali kapal selam, karena terbuat dari besi” dengan memakai logat orang Batak.

Tapi tiap kali saya merenung tentang Tuhan setiap itu pula timbul kegelisahan jiwa, saya tidak bisa menjawab pertanyaan seorang Pastor saat berkunjung ke kampus saya (Fakultas Ushuluddin, IAIN Ar-Raniry, Banda Aceh) dimana Tuhan anda?, bagai mana bentukNya?, saya tidak bisa menjawabnya, saya baca buku karangan Ahmad Deedat tentang debat Islam-Kristen, hati saya agak sedikit tenang, tapi pertanyaan tentang bagaimana Tuhan itu tidak saya temukan disana.

Dulu waktu kuliah saya merasa paling banyak tahu tentang agama lain, karena Fakultas Ushuluddin memang membahas tentang perbandingan agama, saya tidak yakin bahwa Tuhan itu seperti Yesus, Khrisna dan  Budha, tapi hati kecil saya mengatakan lain, lebih masuk akal Tuhan itu seperti Manusia ketimbang meyakini Tuhan yang Abstrak, Tuhan X, Tuhan yang dinamakan Allah tapi dimana? Apakah dia seperti tulisan Arab?

Pernah waktu kuliah saya hampir meninggalkan Islam, tapi karena tradisi Islam sudah melekat dalam diri saya sejak kecil, saya tidak berani, saya masih takut kalau nanti kalau pindah agama ternyata di agama lain itu salah, Allah menghukum saya sebagai seorang Murtad, walaupun jiwa terguncang karena tidak bisa ketemu Allah, saya tetap dalam Islam.

Tulisan ini sengaja saya kirim ke SUFIMUDA, mudah-mudahan berkenan untuk ditampilkan, sejak awal munculnya SUFIMUDA (saya ketemu dari mesin pencari google) saya telah mengikutinya, beda sekali dengan web atau blog sufi lainnya yang tidak mempunyai ruh tasawuf, SUFIMUDA beda sekali,  saya baca DOA SUFI MUDA jadi menangis, ketika saya membaca tulisan SURAT UNTUK ALLAH badan saya gemetar, dan tambah menangis, saya punya keyakinan kuat pasti sang SUFIMUDA adalah seseorang yang amat dekat dengan Tuhan, amat mengenalNya, mudah-mudahan asumsi saya tidak keliru.

Pengalaman pribadi ini saya tulis tidak lain karena rasa penasaran mendalam tentang Tuhan, mudah-mudahan sang SUFIMUDA dan saudara-saudara seiman saya yang lain memberikan tanggapan yang menyejukkan, agar iman tidak lagi tergoncang, saya membutuhkan bimbingan dan arahan. Pengalaman 7 tahun di pasantren ditambah 5 tahun di IAIN tidak mampu menjawab pertanyaan saya:

Dimana Tuhan?

bagaimana bentuk wajah-Nya?

Benarkah Tuhan itu seperti manusia?

 

 

 

 

** adalah Alumni Fakultas Ushuluddin IAIN Ar-Raniry Banda Aceh, berdomisili di Medan

 

 

Single Post Navigation

95 thoughts on “TUHAN JUGA MANUSIA?

Comment navigation

  1. Akal dan logika tdk sampai pada tuhan. Yg memberikan komentar dan menanyakan sy bisa pastikan anda semua belum berserah diri sebenar benar berserah diri. Apakah bisa wayang yg dibuat dalang komplain atas lakon yg diterima siwayang.

  2. Namun justru karena Tuhan yang menjadi manusia lah, Tuhan mengerti bagaimana manusia lapar, menderita, sakit. Justru karena Tuhan yang menjadi manusia lah, kutukan dari hukum taurat ditimpakan padaNya dan dibayar lunas diatas salib, sehingga semua orang yang percaya kepadaNya tidak binasa melainkan beroleh hidup kekal.

  3. Sekilas info saja Matius 1:18 Kelahiran Yesus Kristus adalah seperti berikut: Pada waktu Maria, ibu-Nya, bertunangan dengan Yusuf, ternyata ia mengandung dari Roh Kudus, sebelum mereka hidup sebagai suami isteri.

    Wahyu 2:18-23 “Dan tuliskanlah kepada malaikat jemaat di Tiatira: Inilah firman Anak Allah, yang mata-Nya bagaikan nyala api dan kaki-Nya bagaikan tembaga:Aku tahu segala pekerjaanmu: baik kasihmu maupun imanmu, baik pelayananmu maupun ketekunanmu. Aku tahu, bahwa pekerjaanmu yang terakhir lebih banyak dari pada yang pertama.Tetapi Aku mencela engkau, karena engkau membiarkan wanita Izebel, yang menyebut dirinya nabiah, mengajar dan menyesatkan hamba-hamba-Ku supaya berbuat zinah dan makan persembahan-persembahan berhala.Dan Aku telah memberikan dia waktu untuk bertobat, tetapi ia tidak mau bertobat dari zinahnya.Lihatlah, Aku akan melemparkan dia ke atas ranjang orang sakit dan mereka yang berbuat zinah dengan dia akan Kulemparkan ke dalam kesukaran besar, jika mereka tidak bertobat dari perbuatan-perbuatan perempuan itu. Dan anak-anaknya akan Kumatikan dan semua jemaat akan mengetahui, bahwa Akulah yang menguji batin dan hati orang, dan bahwa Aku akan membalaskan kepada kamu setiap orang menurut perbuatannya.

    Sekilas info renungan bagi semua umat silahkan kunjungi link dibawah ini dan klik pada komentarnya
    https://njlajahweb.blogspot.co.id/2015/02/pertama-tama-saya-mohon-maaf-yang.html#comment-form

    http://www.laskarislam.com/t10322-lagu-rohani-kristen-bisa-mengisi-kekosongan-hati?highlight=kekosongan

  4. Sekilas info saja Saat kapanpun KeilahianYesusKristus juga RohKudus bisa disebut Allah, (hanya jika berdasarkan KualitasKeilahian)

    Demikian juga saat kapanpun Yesus juga RohKudus bisa disebut Utusan, (hanya jika berdasarkan “selain” dalam hal KualitasKeilahian.

    14:13 dan apa juga yang kamu minta dalam nama-Ku, Aku akan melakukannya, supaya Bapa dipermuliakan di dalam Anak.
    14:14 Jika kamu meminta sesuatu kepada-Ku dalam nama-Ku, Aku akan melakukannya.”
    +++
    16:26 Pada hari itu kamu akan berdoa dalam nama-Ku. Dan tidak Aku katakan kepadamu, bahwa Aku meminta bagimu kepada Bapa,
    16:27 sebab Bapa sendiri mengasihi kamu, karena kamu telah mengasihi Aku dan percaya, bahwa Aku datang dari Allah.
    ( Sebutan Tuhan sebenarnya tidak ditujukan pada Manusia Yesus, tapi pada KualitasAllah yang terkandung dalam KeilahianYesus )

    5:3 Tetapi Petrus berkata: “Ananias, mengapa hatimu dikuasai Iblis, sehingga engkau mendustai Roh Kudus dan menahan sebagian dari hasil penjualan tanah itu?
    5:4 Selama tanah itu tidak dijual, bukankah itu tetap kepunyaanmu, dan setelah dijual, bukankah hasilnya itu tetap dalam kuasamu? Mengapa engkau merencanakan perbuatan itu dalam hatimu? Engkau bukan mendustai manusia, tetapi mendustai Allah.”
    +++
    13:2 Pada suatu hari ketika mereka beribadah kepada Tuhan dan berpuasa, berkatalah Roh Kudus: “Khususkanlah Barnabas dan Saulus bagi-Ku untuk tugas yang telah Kutentukan bagi mereka.”
    ===

    Qs 11:37 Dan buatlah bahtera itu dengan pengawasan dan petunjuk wahyu Kami, dan janganlah kamu bicarakan dengan Aku tentang orang-orang yang zalim itu; sesungguhnya mereka itu akan ditenggelamkan.
    Qs 21:29 Dan barangsiapa di antara mereka, mengatakan: “Sesungguhnya Aku adalah tuhan selain daripada Allah,” maka orang itu Kami beri balasan dengan Jahannam, demikian Kami memberikan pembalasan kepada orang-orang zalim
    Qs 29:8 Dan Kami wajibkan manusia (berbuat) kebaikan kepada dua orang ibu-bapaknya. Dan jika keduanya memaksamu untuk mempersekutukan Aku dengan sesuatu yang tidak ada pengetahuanmu tentang itu, maka janganlah kamu mengikuti keduanya. Hanya kepada-Ku-lah kembalimu, lalu Aku kabarkan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan.
    Qs 70:40 Maka Aku bersumpah dengan Tuhan Yang memiliki timur dan barat, sesungguhnya Kami benar-benar Maha Kuasa.

    3:22 Berfirmanlah TUHAN Allah: “Sesungguhnya manusia itu telah menjadi seperti salah satu dari Kita, tahu tentang yang baik dan yang jahat; maka sekarang jangan sampai ia mengulurkan tangannya dan mengambil pula dari buah pohon kehidupan itu dan memakannya, sehingga ia hidup untuk selama-lamanya.”

  5. lanjutan
    28:17 Ketika melihat Dia mereka menyembah-Nya, tetapi beberapa orang ragu-ragu.
    28:18 Yesus mendekati mereka dan berkata: “Kepada-Ku telah diberikan segala kuasa di sorga dan di bumi.

    5:13 Dan aku mendengar semua makhluk yang di sorga dan yang di bumi dan yang di bawah bumi dan yang di laut dan semua yang ada di dalamnya, berkata: “Bagi Dia yang duduk di atas takhta dan bagi Anak Domba, adalah puji-pujian dan hormat dan kemuliaan dan kuasa sampai selama-lamanya!”
    5:14 Dan keempat makhluk itu berkata: “Amin”. Dan tua-tua itu jatuh tersungkur dan menyembah.
    ***
    21:14 Dan tembok kota itu mempunyai dua belas batu dasar dan di atasnya tertulis kedua belas nama kedua belas rasul Anak Domba itu.


    8:2 Maka datanglah seorang yang sakit kusta kepada-Nya, lalu sujud menyembah Dia dan berkata: “Tuan, jika Tuan mau, Tuan dapat mentahirkan aku.”
    8:3 Lalu Yesus mengulurkan tangan-Nya, menjamah orang itu dan berkata: “Aku mau, jadilah engkau tahir.” Seketika itu juga tahirlah orang itu dari pada kustanya.

    9:18 Sementara Yesus berbicara demikian kepada mereka, datanglah seorang kepala rumah ibadat, lalu menyembah Dia dan berkata: “Anakku perempuan baru saja meninggal, tetapi datanglah dan letakkanlah tangan-Mu atasnya, maka ia akan hidup.”
    9:19 Lalu Yesus pun bangunlah dan mengikuti orang itu bersama-sama dengan murid-murid-Nya.

    28:5 Akan tetapi malaikat itu berkata kepada perempuan-perempuan itu: “Janganlah kamu takut; sebab aku tahu kamu mencari Yesus yang disalibkan itu.
    28:6 Ia tidak ada di sini, sebab Ia telah bangkit, sama seperti yang telah dikatakan-Nya. Mari, lihatlah tempat Ia berbaring.
    28:7 Dan segeralah pergi dan katakanlah kepada murid-murid-Nya bahwa Ia telah bangkit dari antara orang mati. Ia mendahului kamu ke Galilea; di sana kamu akan melihat Dia. Sesungguhnya aku telah mengatakannya kepadamu.”
    28:8 Mereka segera pergi dari kubur itu, dengan takut dan dengan sukacita yang besar dan berlari cepat-cepat untuk memberitahukannya kepada murid-murid Yesus.
    28:9 Tiba-tiba Yesus berjumpa dengan mereka dan berkata: “Salam bagimu.” Mereka mendekati-Nya dan memeluk kaki-Nya serta menyembah-Nya.
    28:10 Maka kata Yesus kepada mereka: “Jangan takut. Pergi dan katakanlah kepada saudara-saudara-Ku, supaya mereka pergi ke Galilea, dan di sanalah mereka akan melihat Aku.”

    1:17 Ketika aku melihat Dia, tersungkurlah aku di depan kaki-Nya sama seperti orang yang mati; tetapi Ia meletakkan tangan kanan-Nya di atasku, lalu berkata: “Jangan takut! Aku adalah Yang Awal dan Yang Akhir,
    1:18 dan Yang Hidup. Aku telah mati, namun lihatlah, Aku hidup, sampai selama-lamanya dan Aku memegang segala kunci maut dan kerajaan maut.
    1:19 Karena itu tuliskanlah apa yang telah kaulihat, baik yang terjadi sekarang maupun yang akan terjadi sesudah ini.

    1:6 dan yang telah membuat kita menjadi suatu kerajaan, menjadi imam-imam bagi Allah, Bapa-Nya, — bagi Dialah kemuliaan dan kuasa sampai selama-lamanya. Amin.
    1:7 Lihatlah, Ia datang dengan awan-awan dan setiap mata akan melihat Dia, juga mereka yang telah menikam Dia. Dan semua bangsa di bumi akan meratapi Dia. Ya, amin.
    1:8 “Aku adalah Alfa dan Omega, firman Tuhan Allah, yang ada dan yang sudah ada dan yang akan datang, Yang Mahakuasa.”

  6. hanya Sekilas info Matius 1:18 Kelahiran Yesus Kristus adalah seperti berikut: Pada waktu Maria, ibu-Nya, bertunangan dengan Yusuf, ternyata ia mengandung dari Roh Kudus, sebelum mereka hidup sebagai suami isteri.

    Wahyu 2:18-23 “Dan tuliskanlah kepada malaikat jemaat di Tiatira: Inilah firman Anak Allah, yang mata-Nya bagaikan nyala api dan kaki-Nya bagaikan tembaga:Aku tahu segala pekerjaanmu: baik kasihmu maupun imanmu, baik pelayananmu maupun ketekunanmu. Aku tahu, bahwa pekerjaanmu yang terakhir lebih banyak dari pada yang pertama.Tetapi Aku mencela engkau, karena engkau membiarkan wanita Izebel, yang menyebut dirinya nabiah, mengajar dan menyesatkan hamba-hamba-Ku supaya berbuat zinah dan makan persembahan-persembahan berhala.Dan Aku telah memberikan dia waktu untuk bertobat, tetapi ia tidak mau bertobat dari zinahnya.Lihatlah, Aku akan melemparkan dia ke atas ranjang orang sakit dan mereka yang berbuat zinah dengan dia akan Kulemparkan ke dalam kesukaran besar, jika mereka tidak bertobat dari perbuatan-perbuatan perempuan itu. Dan anak-anaknya akan Kumatikan dan semua jemaat akan mengetahui, bahwa Akulah yang menguji batin dan hati orang, dan bahwa Aku akan membalaskan kepada kamu setiap orang menurut perbuatannya.

    Sekilas info renungan bagi semua umat silahkan kunjungi link dibawah ini dan klik pada komentarnya
    https://njlajahweb.blogspot.co.id/2015/02/pertama-tama-saya-mohon-maaf-yang.html#comment-form

    http://www.laskarislam.com/t10322-lagu-rohani-kristen-bisa-mengisi-kekosongan-hati?highlight=kekosongan

    • ilalang on said:

      Sudahlah mbk….

      saran sy untuk anda

      NIKMATILAH HIDUPMU SEPUAS-PUASNYA, PUAS PUASIN SEMUA KEINGINANMU, MUMPUNG ENGKAU MASIH HIDUP DI DUNIA INI!

      apapun yang kau katakan ga ngaruh bagi kami

      Walau Tuhanmu YESUS sekalipun yang datang menemui kami

      • Yesus menebus dari kutuk hukum taurat,
        bagi semua manusia didunia,
        baik terhadap Kristen juga terhadap nonKristen
        (walaupun nonKristen tidak berpindah agama ke agama Kristen)

        namun Yesus tidak menebus dosa perbuatan manusia dalam seumur hidup mereka baik terhadap Kristen maupun nonKristen.


        NB 1: Penebusan YesusKristus telah disediakan bagi seluruh manusia didunia bagi Kristen dan nonKristen, tapi belum diberikan.

        namun hanya diberikan,
        ketika mereka(Kristen&nonKristen),
        bisa mempertanggungjawabkan perbuatan mereka, pada HariPenghakiman nanti, yaitu ketika timbangan kebaikan mereka (dalam total seumur hidup mereka) lebih berat timbanganya dari pada timbangan total dosa/keburukan mereka dalam seumur hidup mereka, dihadapan Tuhan.

        maka pada saat itulah YesusKristus menghapus total timbangan dosa/keburukan mereka yang lebih ringan timbanganya, sehingga mereka bisa langsung masuk surga, tanpa harus mencicipi neraka dulu. Pada saat inilah Kuasa Penebusan YesusKristus difungsikan, jika hati nonKristen percaya bahwa YesusKristus mampu menebus dari kutuk hukum taurat.

  7. membaca komentar2 mulai tahun 2008 sampai 2017 jadi senyum sendiri. jadi terbayang filosofi candi borobudur, ada yg sibuk dengan nafsu2 nya, dan pada tataran diatasnya mereka hanya duduk hening dalam “Kelambunya” begitulah alquran yg “terukir” dengan nama Borobudur.

    • begitulah 🙂
      TAPI..!!!
      buat saudara2ku yang lain, yang sudah di penglihatan/kedudukan/maqam seperti anda ini
      perlu juga sering2 membaca sejarah kehidupan Nabimu (Muhammad) lagi, sebab cuma beliaulah soritauladan yang terbaik
      jika anda mengetahui sesuatu hal yg baik, maka sampaikanlah
      sekedar menginformasikan, yg selebihnya bukan urusan kita lagi
      ada beberapa komentar yang seharunya komentar itu untuk person to person tapi disampaikan layaknya informasi yg sifatnya umum. Itu bisa jadi fitnah! Karena pemahaman seseorang (akan suatu hal) berbeda-beda, dan mempengaruhi yang lain
      walau hanya sekedar Nasehat (syukur2 perbuatan nyata) baik sedikit/sepele, lakukan saja, agar berguna bagi orang lain
      kalau tidak lalu apaguna kehadiran kita sebagai khalifah Allah di muka bumi ini
      masa Tuhan sendri yang harus turun tangan ke dunia ini, lalu kita ngapain?
      “Bukanlah orang yang beriman (Tidak Beriman) yang ia sendiri kenyang sedangkan tetangga (yang di sebelah)nya kelaparan”.
      Anda pikir seorang Guru yang Mursyid itu kerjaannya cuma Dzikir doang!?
      cobalah anda daftar jadi ajudan beliau (Gurumu) biar tau!
      🙂 salam

Comment navigation

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: