Sufi Muda

Menemukan Tuhan Dalam Keseharian

DAYAH SUFIMUDA DI RESMIKAN, DIHADIRI OLEH 5000 JAMAAH

IMG-20160309-WA0169Rasa syukur yang mendalam kehadirat Allah SWT atas karunia-Nya yang tidak terhingga karena hari ini 9 Maret 2016 bertepatan dengan ulang tahun Sufimuda ke-40 Dayah Sufimuda Pertama yang terletak di Desa Blang Tengoh Kecamatan Kuala Kabupaten Nagan Raya, Aceh diresmikan oleh Wakil Gubernur Aceh Bapak H. Muzakir Manaf mewakili Pemerintah dan Abuya Syekh H. Amran Wali al-Khalidi Ketua Majelis Pengkajian Tauhid Tasawuf Asia Tenggara mewakili Ulama. Rencana Awal Dayah Sufimuda diresmikan oleh Menteri Sosial RI Ibu khofifah indar parawansa akan tetapi sehari sebelum acara Beliau menginfokan tidak bisa hadir karena ada acara mendadak dengan Bapak Presiden sehubungan dengan persiapan acara Harlah Muslimat NU.

Penandatanganan Prasasti Dayah Sufimuda Oleh Wagub Aceh Bapak H. Muzakir Manaf

Penandatanganan Prasasti Dayah Sufimuda Oleh Wagub Aceh Bapak H. Muzakir Manaf

Berdirinya Dayah Sufimuda atau Pasantren Sufimuda atau Sufimuda Centre ini bermula dari keinginan dari banyak pembaca sufimuda untuk belajar Tasawuf kepada Sufimuda sehingga ilmu tasawuf bukan hanya dalam bentuk bacaan tapi juga untuk di praktekkan. Setelah 8 tahun saya menolak untuk muncul dan dikenal secara luas oleh masyarakat, maka ada suatu panggilan hati yang dalam ketika masyarakat Desa Blang Tengoh beserta beberapa orang yang senang dengan sufimuda memberikan sebidang tanah untuk dibangun sebuah tempat dzikir sekaligus tempat mengaji tasawuf.

Abuya Syekh Amran Wali al-Khalidi (Ketua Majelis Pengkajian Tauhid Tasawuf Asia Tenggara)

Abuya Syekh Amran Wali al-Khalidi (Ketua Majelis Pengkajian Tauhid Tasawuf Asia Tenggara)

Dengan modal nol, hanya doa dan air mata, dayah sufimuda ini benar-benar mendapat pertolongan dari Allah SWT, seluruh masyarakat membantu baik moril maupun materil sehingga dayah ini bisa berdiri dan terwujud dalam waktu 9 Bulan sejak di lakukan peletakan batu pertama oleh Sufimuda hari Kamis 7 Ramadhan 1437 H.

Peresmian Dayah Sufimuda

Peresmian Dayah Sufimuda

Dengan berdiri Dayah Sufimuda ini maka kepada seluruh pembaca sufimuda yang ingin belajar tasawuf baik di Aceh maupun seluruh Indonesia, ingin menemukan Guru Mursyid yang kamil mukamil, atau sekedar ingin bersilaturahmi dengan Sufimuda, kami persilahkan dengan lapang dada.

Dayah adalah sebutan untuk pasantren atau pondok di Aceh yang diambil dari kata Zawiyah atau tempat Dzikir Tarekat yang popular di kalangan masyarakat Arab. Zawiyah seiringin dengan dialek masyarakat Aceh menjadi Dayah.

Berdirinya Dayah Sufimuda di Kabupaten Nagan Raya ini juga menjawab semua pertanyaan selama 8 tahun tentang siapa sosok di balik nama Sufimuda, sehingga tidak ada lagi menduga dan menebak yang tanpa sadar juga terbaik nama tokoh-tokoh Ulama lain seperti Buya Syafii Ma’arif.

Terimakasih kami sampaikan kepada Bapak Wakil Gubernur Aceh, Kepada Abuya Syekh Amran Wali al-Khalidi, Kepada unsur Muspida Kabupaten Nagan Raya, Kepada seluruh ulama yang hadir, pimpinan dan santri 75 pasantren di Kabupaten Nagan Raya, Aceh Barat dan Aceh Barat Daya yang telah memenuhi undangan. Terimakasih kepada seluruh undangan yang telah hadir lebih dari 5000 orang terkhusus untuk masyarakat Desa Blang Tengoh tempat dayah Sufimuda berada.

Para Undangan dari berbagai kalangan

Para Undangan dari berbagai kalangan

Dari Dayah (Pasantren) kecil Kabupaten Nagan Raya, di ujung Indonesia, Insya Allah Tasawuf akan berkembang dan bersinar keseluruh Indonesia dan dunia. Informasi tentang dayah bisa menghubungi Ketua Dayah Sufimuda, Tgk. Muhammad Zahed 081214878797.

Terimakasih kepada sahabat semua pembaca sufimuda, yang lewat email2 nya memberikan saya semangat untuk terus maju dalam berdakwah, Mohon doa dari sahabat semua agar Dayah Sufimuda sebagai Kolam Kedamaian ini berkembang dan maju dan kemudian muncul Dayah-dayah baru baik seluruh Aceh maupun seluruh Indonesia.

sMoga Allah SWT senantiasa melimpahkan rahmat dan karunia-Nya bagi kita semua..

Amin ya Rabbal ‘Alamin

 

Undangan

Muspida Kabupaten Nagan Raya, Aceh

Menuju Tempat Peresmian

Menuju Dayah Sufimuda

Dayah Sufimuda Sebagai Kolam Kedamaian

Dayah Sufimuda Sebagai Kolam Kedamaian

 

Single Post Navigation

57 thoughts on “DAYAH SUFIMUDA DI RESMIKAN, DIHADIRI OLEH 5000 JAMAAH

Navigasi komentar

  1. Alhamdulillah, Puji syukur Rahmat Alloh SWT yang telah terlimpahkan pada kita semua..
    dan semoga dari Aceh bisa berkembang hinga ke tanah jawa, agar saya yang dhoif dan bocah ini bisa ikut belajar ngaji kepada syaikh sufi muda dan lebih memahami tentang arti hidup ini..
    Aamiin YRA

  2. puji pada berkata:

    Selamat bang smoga dengan berdirinya pondok ini bisa memberikan kontribusi yang banyak dalam menghadapi probelama kehidupan yang semakin komplek…sekali lagi selamat barokallah….

  3. heryana pada berkata:

    Alhmdllh, tiada yg dpt trjd mlainkn smua krn Allah. syukr dn bhgiaku mnyertai Dayah SM. mga makin dmailh Aceh, luasny Indonesia srt dunia seizin Allah SWT….

  4. Syafrudintan pada berkata:

    Alhamdulillah……!

  5. selamat dan sukses ya, Abang…
    sMoga yang Abang harapkan bisa terwujud di dalam dayah Sufimuda ini….

    kalo boleh cerita sedikit, kegiatan dayah ini seperti apa ya?
    apakah sama dengan surau Ayahguru?

    dan satu hal lagi…ini yang paling penting, foto Abang yang mana yaa?

    • Bang Arkana
      Dayah ini terdiri dari 2 lantai, Lantai 2 dipergunakan untuk shalat berjamaah, dzikir tawajuh seperti yang diajarkan Ayahguru dan para ahli silsilah, tidak diubah sedikitpun sedangkan di bawah dipergunakan untuk majelis taklim, pengkajian dan diskusi tasawuf serta kegiatan2 sosial yang bermanfaat bagi masyarakat.
      Dalam acara saya memakai baju dan celana putih dan memakai peci nasional warna hitam.

      • heryana yana pada berkata:

        Assalamu ‘alkm SM, alhmdlillah Dayah SM didirikn. sy yakin orng2 yg mencari jaln Tuhannya pasti membutuhkn sandaran2 qalbunya. kriteria di pelabuhan dayah SM kiranya tersedia mereka trmask sy , ….

  6. deafatimah pada berkata:

    Alhamdulillahirabbil A’lamain

  7. Alhamdulillah… Selamat bang Sufimuda atas berdirinya dayah Sufimuda, semoga dayah ini bisa menjadi centernya Islam yang Rahmatan Lil Alamin… Menjadi kolam yang sejuk dan damai sejahtera. Amin…..

  8. Ulil Albab pada berkata:

    salam kenal..kami penikmat bacaan sufi muda,alhamdulilah begitu banyak yang bisa kami petik,semoga ALLAH memberikan kita semua keselamatan dunia& akhirat,AMIN

  9. Fathol pada berkata:

    Jadi, siapa beliau yg berada dibelakang sufimuda?

  10. Alhamdulillah, Allah memberi Rahmat dan Hidayahnya Kepada hambanya yang dikasihinya, Amin ya Rabbal Alamin. Semoga Pesantren yang sufimuda Bina ini Sukses Selalu Dalam Lindungan Allah SWt.

  11. HM Semirang pada berkata:

    alhamdulillah… akhirnya Allah SWT…, memberikan kuasa nya, dengan meridhoi semua perjuangan antum, semoga sampai hari kiamat, Dayah Sufi Muda berdiri tegak, mencerahkan dan menerangi Indonesia dan alam dunia ini, sebagai bekal di alam akhirat yg kekal.

  12. Alhamdulillah… Selamat atas berdirinya “Dayah Sufi Mudah”… semogah diberkahi Allah SWT… sukses selalah buat Abangda.. Aamiiin.

  13. ampon joe pada berkata:

    Alhamdulillah…SUFIMUDA Rahmatanlil’alamin…Menebar kebaikan dimuka bumi…

  14. Badrul Nura pada berkata:

    Alhamdulillah… Selamat & Sukses utk YM SUFIMUDA. SANG PENCERAH BAGI SEMESTA. Becita-cita mulia menebar kedamaian di muka bumi – Rahmatan Lil ‘Alamin

  15. iil ilham pada berkata:

    الْحَمْدُ للّهِ

  16. alhamdulillah.babak baru dunia thoriqoh naqsyabandi di aceh segera dibuka,sukses selalu buat sufimuda atas kegigihanya menyebarkan dan memahamkan apa itu islam yang sebenarnya, insya allah bagi saudara saudaraku bulatkan tekad mencari guru pembimbing ruhani/MURSID saya sejalan,sepaham dgn bang sufimuda. saya pengamal thariqat. qodiriyah naqsyabandiyah. bagi pembaca yang ingin mencari guru mursid yang mutabarok saya siap membantu.trima kasih salam buat bang sufimuda,sukses selalu. wassalam

  17. Aris Budiono pada berkata:

    Alhamdulillah…semoga keberkahan terus melimpah utk abang.
    Tp kok bang SM msh tetap misterius utk pembaca…?

  18. mustari-bukittinggi pada berkata:

    Alhamdulillah, semoga dayah sufimuda ini dapat menjadi kolam kedamaian bagi umat di seluruh dunia, aamiin ya rabbal’alamin

  19. wafadzalza pada berkata:

    Semoga Allah melindungi sufi muda dari sifat ria dan sombong

  20. sahlanlan pada berkata:

    Alhamdulillah Puji shukur ke Hadirat Allah Subha Nahu Waataala, sudah delapan tahun mengikuti Blog ini ahirnya sekarang tahu tempatnya di aceh, Moga kami bisa dipertemukan dikemudian hari Oleh Yang Maha Kuasa Amiin..

  21. Yusrizal Sekedang pada berkata:

    Alhamdulillaah … Insya ALLAH suatu hari nanti saya akan datang untuk belajar di tempat ini … Aamiin …

  22. sahlanlan pada berkata:

    Alhamdulillah,.. Dengan berdirinya pondok pesantren yang Bang Sufi Muda bina bermanfaat bagi banyak orang & Selamat”Ulang Tahun yang ke 40 buat Bang Sufi Muda “Semoga selalu diberikan kesehatan oleh yang Kuasa Amiin…..

  23. Ruslianto pada berkata:

    ALHAMDULILLAH,….. Saya jadi terharu bangda, teringat do;a saya di Padang Arofah thn.2012,…. diantaranya terbukti.
    Allohu Akbar, Allohu Akbar, Allohu Akbar – Walillah’il-hamd.

    • Terimakasih banyak Bang Ruslianto atas doa dan supportnya. Semata-mata yang kita lakukan ini untuk membesar-besarkan nama-Nya, membesarkan Kalimah Allah SWT

      • HM Semirang pada berkata:

        alhamdulillah, tiada bosan & jenuh, abang sufi muda, selalu memberikan pencerahan by email ke saya, sampai dengan hari ini, sy merasakan manfaatnya sangat besar sekali, dan sy hanyalah bisa memberikan do’a, semoga Allah SWT, membalas amal ibadah abang…., itulah pengganti / pahala terbaik, langsung dari Allah SWT.. salam.

        by HM Semirang

  24. edi pada berkata:

    Alhamdulillah..
    Selamat untuk terbentuknya dayah SufiMuda…..
    Semoga bisa menjadi salah satu oase yang menyegarkan bagi para peminat / pembelajar tassawuf maupun thariqoh .
    Semoga dapat lebih banyak mengenalkan ilmu tersebut dengan format yang mencerahkan – sebagai mana pada tulisan tulisan Bapak SufiMuda..
    Wassalam..

  25. jumatil nafsiah pada berkata:

    subhanallah……..puji syukur pada MU ya rob, trima kasih Ayah atas karuniah besar ini……….

  26. wahidi yanto pada berkata:

    Alhmdllah . . . .
    trmksh kpd sufi muda yg tlh mberikan jln kpd sy utk mplajari islam lbh baik.
    sy sangat brkeinginan dpt dtng lngsung k dayah yg ada di aceh, tlng do’akan sy smga bisa k Dayah ya sufi muda !!

  27. farid sudibyo pada berkata:

    alhamdulillah……Allahu akbar, selamat Bang Sufi Muda atas dibukanya Dayah Sufi Muda. Seandainya dekat pasti saya akan datang kesana untuk memperdalam ilmu yg masih dangkal ini , sayangnya saya tinggal di kota Tangerang. Tapi setidaknya saya masih terus mengikuti Blog Sufi Muda yg telah banyak memberikan pengetahuan dan merubah cara beribadah saya. Semoga dari Aceh akan terus berkembang insya Allah nantinya akan ada cabang ” Dayah Sufi Muda ke Seluruh Indonesia ( khususnya daerah Jabodetabek ) sampai mendunia …Amin ya Allah. Dan jg saya sangat bahagia bisa melihat Bang sufi Muda walau dalam Foto ( mudah” an tidak salah , seperti yg abang sampaikan ke Bang Arkana : Abang pakai baju putih ,celana putih peci hitam nasional, maaf apa Bang Sufi yang berkumis tersebut…? ) . Salam buat semua pengunjung Blog Sufi Muda , Bang Rusliyanto apa kabar..? mari sama-sama kita doakan smg apa yang di cita-citakan Bang Sufi Muda dikabulkan Allah swt …amin…

    • Ruslianto pada berkata:

      Alhamdulillah, kabar baik bg.Farid,…. kemana aja, jangan terlalu lama main-main dilangit , saudara yg ada di bumi pengen pencerahan juga ‘kan.

      • Farid Sudibyo pada berkata:

        Bang Ruslianto, saya lg suka diawang” bang…hehe . Damai indah dan nikmat bila selalu bersamaNya. Saya takut lepas dalam dekapan Nya. Bang minta doanya. Agar hati ini tetap menyatu bersamaNya. Dan bisa Istiqomah dlm ibadah…amin…semua ini berkat blog sufi muda dan komentar” dari abang..dan Hidayah dari Allah SWT . Smg bang Ruslianto dan bang sufi muda selalu ditambahkan kemuliaan” oleh Allah SWT amin ya Allah..

  28. kuspramono pada berkata:

    jadi ingin kesana tapi apalah daya kemapuan tak ada..salam kenal bang sufi muda,mohon doanya mudah2a dikasih rejeki dan umur panjang biar bisa sampai kesana…

  29. Subhanallah…… keren sekali Bang Sufimuda inih. Semoga dayahnya memberikan manfaat dunia akhirat bagi masyarakat… Amin

  30. Alhamdulillah

    Aamiin ya rabbal’alamiin.

  31. Maaf pak..
    Kalau boleh tahu, aliran Tareqat apa ya di Dayah SufiMuda.?

    Salam santun 🙏

  32. saiful pada berkata:

    Subhanallah……mantabs Bang….sMoga kami dimalang bisa segera mewujudkan karya agung (dayah)yg smata-mata untuk membesar-besarkan namaNYA..amin YRA

  33. hamba yang ingin berubah dari lembah dosa pada berkata:

    Selamat untuk sufi muda ,atas diremikanya Dayah Sufi Muda,saya tau ini terlambat tapi ini adalah ungkpan bahagia saya ,sekarang saya tau kemana saya akan melangkah untuk belajar tarekat yang benar…..semoga alloh menuntun kaki ini untuk berkunjung di kolam damai sufi muda…salam maaf kalo ada salah kata,karna baru pertama kali saya beranikan diri unt uk menulis komen di sufi muda selama saya mengikuti blok ini salam ( pencita sufi muda )

  34. Saya ucapkan “Selamat” atas telah dibukanya Peramalan Dayah Sufimuda, semoga barokah manfaat,,

  35. sarbini pada berkata:

    Siapa yang menjadi Mursyid di Dayah Sufi Muda?

  36. Uswah hasanah pada berkata:

    Amiin yaa robbal’alamiin
    alhamdulillah
    sukses selalu & maju terus untuk DAYAH SUFI MUDA…

Navigasi komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: