Sufi Muda

Menemukan Tuhan Dalam Keseharian

Acara “The Master” di Haramkan

Sejumlah pemimpin pondok pesantren di Jawa Timur mengharamkan tayangan The Master yang disiarkan salah satu stasiun televisi swasta.

Fatwa pengharaman acara atraksi yang mirip sulap dan debus tersebut merupakan hasil dari pembahasan masalah atau bahtsul masail yang digelar di Pondok Pesantren Abu Dzarrin di Kendal, Kecamatan Dander, Bojonegoro.
Bahtsul masail itu sengaja digelar untuk menyikapi tayangan The Master yang digandrungi oleh sebagian besar pemirsa televisi Indonesia. Acara yang pada sesi terakhirnya menampilkan adu ketangkasan antara Master Joe Sandi dan Master Limbad itu dianggap menyesatkan karena menampilkan atraksi-atraksi di luar taraf kekuatan manusia biasa.

Bahtsul masail yang digelar dalam rangka haul KH Dimyati Adnan ke-19 dan KHA Munir Adnan ke-7 itu diikuti oleh sejumlah perwakilan dari beberapa pondok pesantren. Di antaranya dari Pondok Abu Dzarrin, pondok Al Fatimah (Bojonegoro), Pondok Lirboyo (Kediri), Tanggir (Tuban), Sidogiri (Pasuruan), Langitan (Tuban), Pondok Gilang (Lamongan), dan Al-Khozini (Sidoarjo).

Khoirul Rozi, koordinator pertemuan itu, mengatakan bahwa bahtsul masail memutuskan bahwa tontonan The Master hukumnya haram. Oleh karena itu, warga masyarakat juga diharamkan menontonnya.

Alasan pengharaman, kata Khoirul, karena tontonan itu diduga melibatkan makhluk halus. ”Atraksi yang dipertunjukkan dalam acara tersebut diduga kuat atas bantuan jin atau jenis makhluk halus lainnya,” katanya, kemarin.

Apa yang dipertontonkan di The Master sangat tidak masuk akal dan di luar batas kemampuan manusia pada umumnya. ”Masak orang ditusuk benda tajam atau disetrum listrik berdaya tinggi tidak apa-apa?” ujar Khoirul. ”Diduga kuat, atraksi itu atas bantuan makhluk halus,” tambahnya.

Oleh karena itu, bahtsul masail memutuskan tayangan tersebut haram lantaran memercayai kekuatan lain selain Allah. Yang melihat acara itu juga berdosa karena ikut merasa senang atau ikut memercayai kekuatan jin atau makhluk halus lain yang diduga membantu dalam atraksi.

Dalam kitab Bughyatul Mustarsyidin, pada halaman 298-299, diterangkan bahwa pertunjukan semacam itu dikategorikan sebagai sihir yang hukumnya haram. Kecuali, The Master masuk dalam kategori `petunjuk dari Allah`, barulah itu diperbolehkan. Itu pun dengan catatan jika yang melakukannya adalah orang yang teguh memegang agama dan dengan tujuan yang sesuai syariat Islam serta tidak membahayakan orang lain.

Mengenai penonton The Master yang juga dihukumi haram, alasannya adalah orang yang menonton tayangan itu tergolong tafarruj bil ma’ashi atau merasa senang dengan adanya kemungkaran. Selain itu, bercampurnya lelaki dan perempuan bukan muhrim dalam acara tersebut juga merupakan sebuah kemaksiatan.

Menanggapi pernyataan bahwa tayangan The Master haram, pejabat Humas RCTI Hafni Damayanti mengatakan, jika para kiai itu menduga ada unsur mistik atau pelibatan makhluk halus dalam The Master, dugaan tersebut tak tepat.

Hafni menjamin tidak ada kaitannya The Master dengan mantra ataupun makhluk halus karena itu semua merupakan trik-trik para pemainnya.

”Tidak ada sama sekali mantra-mantra yang dilakukan para master. Untuk membuktikannya silakan Pak Kiai menonton tayangan itu secara langsung sehingga akan mengetahui bagaimana para pemain melakukan trik-trik,” katanya.

Menurut Hafni, apa yang dilakukan para master seperti Limbad yang tak mengalami luka sedikit pun pada saat ditusuk ataupun tidak apa-apa ketika disengat listrik, semuanya murni karena trik.

Sumber : Tribun Timur

Single Post Navigation

72 thoughts on “Acara “The Master” di Haramkan

Comment navigation

  1. herupramono85 on said:

    seng waras ngalah wae……..

  2. kurang kerjaan emang tu kiayi ya. yang haram tu membiarkan umat kelaparan karna patwa yang tidak konstruktif.

  3. yang ikut kyai silakan gak usah nonton…yang gak ikut kyai ya silakan nonton..:D beres toh…hahahah

  4. JijayBajay on said:

    untuk beberapa pertunjukan saya lihat sebagai penggunaan trik saja tanpa intervensi jin dkk..selanjutnya saya hanya ingin berkomentar dari sisi revolusi penggunaan kekuatan otak pada tayangan2 tertentu. menurut saya ini sunnatullah yang baru akan terjamah oleh ummat Islam secara umum. salah satu contoh adalah ilmu para ulama/wali-Allah yang pernah mengimami shalat di masjid campalagian sekaligus di masjidil haram (Imam Lapeo-Sulawesi Barat ) – menurut konsep barat dinamakan astralaproject=berada pada beberapa tempat dalam waktu bersamaan [maaf kalau salah 🙂 ].
    kalau boleh berinterpretasi saya mau katakan kalau jaman dulu penggunaan kekuatan otak ini (sebagian mengatakan “sihir”) diHARAMkan karena dapat merusak aqidah-tauhid; hal ini disebabkan kemampuan pikir manusia pada zaman itu (katakanlah jaman Nabi Musa) dianggap belum dapat mencerna fenomena seperti sekarang. tetapi di era pengetahuan seperti sekarang, hal-hal seperti ini justru saya anggap akan menjadi sebuah pemicu revolusi Iman kita kepada Allah SWT…Salam

  5. pak saya juga hadir dalam bahtsul masail tersebut. saya termasuk orang yang sangat kritis pada saat itu. adapun acara tersebut haram sehingga terambil kesimpulan luar biasa yaitu :
    1. debus, sulap, tukang obat yang main sulap dan debus adalah haram (jika dibantu oleh jin)
    2. seluruh tontonan yang mempersatukan antara pria dan wanita haram.
    3. penyembuhan yang dibantu oleh jin haram
    4. iklan supranaturan yang dibantu jin haram sehingga penayangan oleh media apa saja menjadi haram juga
    5. pokoknya semua yang berkaitan bantuan dengan jin adalah HARAAAAAAAM…
    6. seluruh perkumpulan hiburan yang berkumpul laki-laki dan perempuan yang bukan muhrim hukumnya HARAAAAAM juga.
    ….
    segitu saja mungkin dapat dipahami oleh saudara pembaca kesimpulan dari hukum tersebut….

    • apakah anda bener2 mengetahui bahwa itu adalah ulah jin . . . apakah anda bener2 pernah melihat jin. . . . sehingga anda mengatakan itu ulah jin. . . ketika seorang wali mempunyai kemampuan lebih/waskita apakah itu juga dengan bantuan JIN . . . . coba pikirkan. . . kamampuan seperti itu hanya atas ijin Allah

  6. JijayBajay on said:

    sayyid…saya nda bisa liat jin(saya juga orang yang sudah banyak dipengaruhi syaitan) , lagian nontonnya cuma lewat tipi…kalo boleh tahu…langkah konkrit yang bisa atau sudah diakukan selain fatwa haram apa? apa kalangan alim-ulama yang sudah bisa tembus ke arsy nda mau bakar jin-nya master2 mentalis-ilusionis supaya gak semakin banyak umat yang tersesat? bagaimana peran wakil rakyat yang memiliki pemahaman keislaman seperti sayyid dalam mengatasi masalah ini? bagaimana seharusnya refleksi yang lebih luas terhadap “aku berlindung kepada Allah dari syaitan yang terkutuk”? apakah kita sebagai mahluk yang sebaik-baik ciptaan nda bisa lebih hebat dari Jin seperti waktu jaman nabi sulaiman? bagaimana tanggapan sayyid tentang perkembangan revolusi penggunaan otak?

    • rey ahmad on said:

      Lucu ya klo ada ank kcil umur 5 thn pandai sulap brarti kesaktiannya luarbiasa dong wkk itu sanggahan sya yg prtama,sulap itu seni lihat seni musik kbanyakan pemusik ktka menyanyikan lagu yg sedih iadgn ekspresi mimik dan suara yg sedih mengikuti iramanya pdhl sang pnyayi tdk sedih brarti itu menipu,seni akting,dlm film sang
      pencerah menggambarkan lukman sardi menyerupai ahmad dahlan pdhl knyataan tdk seperti itu brarti itu MENIPU tpi bnyk org nonton film yg jls2 kbnykan fiktifnya sprti sang pencerah bhkan ktua muhammadiyah menganjurkan,juga band2 yg menyayikan lgu islami pdhl kehidupan mrka jauh dri islami tpi bnyk yg menikmati lagunya,kesimpulannya itu semata2 hnya hiburan,lLihat pesan dri film dan musiknya sdgn akting dan lagunya hnya pengiring semata,sama seperti sulap,dan bisa jga utk dakwah contoh koko liem yg dakwah sambil maen sulap,so bila sulap mngunakan jin dan takhayul maka bgi kmi para pesulap tdk ada luarbiasanya,tpi ini mnggunakan trik yg cerdas shingga mnjdi istimewa

  7. JijayBajay on said:

    oh ya lupa…yang pindahkan kerajaannya ratu bulkis wktu jaman nabi sulaiman itu bagaimana?

  8. Saya bisa melihat Roh Halus karena Zikir….. Hantunya banyak di hati para Kyai yang mengharamkan tontonan itu… Mana yang haram.. tontonannya atau yang mengatakan haram…

  9. sebaiknya jgn cepat mengatakan ini haram itu haram.. dikaji dulu dalam-dalam. saya pernah sedikit belajar sulap dan itu memang kebanyakan trik dan kecepatan tangan. kalo soal performnya limbad dan kandidat ‘the master’ lainnya yang rada-rada serem, gimana klo ulama dateng aja pas limbad dkk perform dan buktikan sendiri apa limbad pake jin atau engga,, katanya ulama kan bisa tau… gmn pak bersedia??

  10. ginanjar on said:

    Ya Allah beginikah potret umat Rasulullah yang ada di zaman ini? Ketikah kekasihMU Muhammad memfatwakan keharaman sebuah makanan, tindakan fisik maupun rohani para sahabatpun mengamini tanpa bertanya apapun apalagi berdebat. Padahal ditulah KAU sembunyikan hikmahMU yang tiada terukur. Ya Allah berilah petunjuk kepada diri hamba ini yang selalu menzholimi diri sendiri ini. Ampunilah hamba Ya Allah. Amin

  11. terus aja bikin kebijakan sendiri dengan alasan dalil ini itu…
    haramin segala macem

  12. saya gk ska nnton tayangan The master???? seprtinya menggunakan jin???? kalau iya ada jinnya ngapean ditonton jin??? sama aja nnton kuda lumping yaa???? kurang kerjaan aja nnton the master???? bagusan nnton film yang bermakna?? itulah disaat tayangan2 TV yang gak lagi berguna??

  13. sungguh disayangkan para kiayai kita ini …..trus klo kiyai dan ulama rame2 ikut politik bgm? siapa yg medidik dan membina umat mereka sedang asyik dengan kehidupannya dan terlena kedudukan serta tahta………………..

  14. syuuhada on said:

    tontonan yang dapat merusak aqidah menjadi haram. bukan cuma the master. oleh karna itu jagalah anak2 kita dari tontonan yang tak bermafaat. secara logika. banyak dari penampilan2 kandidat the master yang tak masuk akal. nah hal ini yang dapat dikaji meenjadi dua bagian prtama, trik daari pesulap dan kedua bantuan makhluk halus. barang siapa yang mengunakan jin dalam suatu urusan dan percaya ada kekuatan lain selain ALLAH maka musyrik lah dia. dan segera bertobat. walauoun termasuk dalam kategori syrik yang kecil…. terkadang manusia ini aneh di ingatkan kok malah marah2… tugas kiayi yang mengingatkan dah terbebas dari beban nya untuk mengingatkan ummat. WALLAHU ALAM BISSAWAB

  15. saya sering nonton the master tapi saya juga cinta kiai ahirnya saya berfikir akhir jaman tepat seperti yang dikatakan rasulullaah bahwa tuntunan jadi tontonan tontonan jadi tuntunan sambil nonton saya merenung ya allah manusia lebih senang jadi idola manusia yang lainya dunia jadi idola dibanding mengidolakan agamamu……………

  16. Nurullah,Dzatullah,Sifatillah on said:

    1. ulama masuk jd ke parlemen juga ngak apa2 kan klo mw jd pemimpin i2 harus kesana.. ya ikut aja…ngak apa2 nantw klo ngak ada yg di parlemen siapa yg ngatur2 umat islam dst….. jd gpp lah klo cuman masuk k parlemen.
    2. ulama yg mengharamkan acara the master cuman gara2 ngak masuk akal katanya… knp ngak di haramkan aja semua… rata2 penyiar dan para artis wanita ngak pake jilbab pas di tayangkan tp para ulama masih mau nonton jg… hayo… suka kalee lihat para wanita yg ngak pke jilbab… jiah….
    3. jd yg benar mana nihh… may be ngak sadar dya… klo semua gerak di alam semesta ini bisa terjadi karena izin dari Allah….klo Allah tidak mengijinkan pasti ngak terjadi…
    bner ngak??? hehe…klo salah tlg di perbaiki…
    4. Sufimuda… u klo mo nerangin yg jelas2 aja di blog ini rata2 di blog ini samar2 isinya… masa harus ke mursyid segala… klo loo bisa nerangin terangin aja apa2 rahasia2 ketuhanan, rahasia diri, dst… ngak usah disembunyikan atau nunggu waktu yg tepat… hayoo.. klo misalnya org blum paham trus dya duluan mati siapa yg tanggung jawab… u??? makanya rahasianya di bongkar aja klo memang ada biar semua umat Islam tw.. masa cuman org2 tertentu yg dipilih… ohh ya ada lagi… para mursyid biasanya nguji2 muridnya… kyak dia aja tuh Allah trus sok2 nguji kesabaran murid,,, biasa mereka bilang bergurulah seperti nabi musa kpd nabi khidir…
    pasti selalu i2 patokannya…. dasar mursyid.. pelit.. ilmu ngak dibagi2… gua tuntut loo klo dah di akhirat nantw…bahwa merekalah yg menyimpan2 rahasia sewaktu di dunia dan tidak memberitahukan kepada kami. klo gw tw masalah2 itu pasti aq posting… sayang gw bukan mursyid…

    5. Saya minta maaf sifimuda klo ada kata2 saya yg kurang berkenan…(klo Allah ngak izinkan pasti saya ngak mungkin posting disini, tp ternyata Dia mengijinkan bener ngak???).

    • haha, lucu juga yak, kenapa u minta2 dibukakan rahasi2 mursyid di forum ini? apa krn u sudah mau sekarat? dan merasa ajaran rahasi mursyid2 itu benar – trus u mau dapetin ilmu rahasia mursyid itu-

      kalau orang sekarat->mati->blm dapetin rahasia ilmu mursyid->masuk neraka, yaa salah u sendiri dan tentunya itu adalah dengan izin Allah lah-kan sudah “terjadi”, jangan bawa2 nyalahin mursyid lah.
      dalam kenegaraan di dunia pun, ada istilah rahasia negara-tergantung masuk ring berapa dalam jajaran jabatan pemerintahan. kalau semua rakyat tau rahasia negara tanpa ada tingkatan/koordinasi/filter, maka hancurlah negara ini – krn tidak ada kehormatan dan penghargaan thd negara lagi.
      peace bro

      • Jangan berikan permata kepada orang dungu nanti tidak dihargai, lebih baik berikan makanan aja 🙂

        • sufigadungan on said:

          Segala sesuatu yang terjadi emang atas izin Allah, masalahnya diridhai atau tidak. Syetan aja yang jelas2 membangkangnya dikasih izin tuh, masalahnya diridhai-Nya nggak?
          Kita bebas aja kok berpendapat, tinggal milih yang sesuai dengan malaikat atau syetan? terserah kita kok, kita sendiri yang menanggungnya karena syetan nantinya hanya bisa berlepas diri.

  17. the_fawaid on said:

    tepat sekali bung hanif…
    ibarat mau nikah kl tidak ijab qobul hukumnya zina..
    peace to you all..
    wassalam

  18. alhamdulillah… ternyata ada yg sependapat dengan saya…
    tapi kenapa MUI dan yang mengakui ulama dan yang berpengaruh di negeri ini bungkam, tanpa ada tindakan??? semoga aja….

  19. pramudita Al-Islami on said:

    bagaimana para kiai bisa meyakini ad jin atau sejenisny dlm acara tsb, jika bgt bkn kah kiai yg musrik dgn prcaya pada jin yg bs membantu manusia, jauh sbelum sulap d tayangkan d televisi bkn kah telah ada hal semacam itu, para wali pun bisa k mekkah dlm wktu satu malam, brjalan d atas air, bahkan terbang,dmana hukum haramnya…

    saya sarankan blajarlah tarekat agar bs lbh memahami syariat…..

  20. M. David Al Ma'rufi on said:

    Terserah orang-orang lah ,. mo nonton apa tidak ..
    yang dapat mengambil kesimpulan pun ada pada diri masing-masing ….

    jadi gak usah repot2 ,. perbaikilah diri kita sendiri, untuk menuju ke hadirat Illahi …..

  21. Yusda Dhani Kusuma on said:

    wis to ora usah do padu dewe dewe…mendingan ngurusi awek e disik kiro kiro wis bener drg…kok malah do ribut perang dalil ki piye jal…wis podo istighfar kabeh wae ben di ngapuro karo GUSTI INGKANG MURBENG DUMADI

  22. lha kok aneh2 pak kyai, makanya sesekali belajar sulap biar tahu klo semua sulap itu cuma trik. trik itu dapatnya dari ngabisin waktu dengan berpikir, berpikir itu pakai otak. jadi hidup ga sia2 waktunya buat mikir biar bisa bikin sebuah karya yang menarik jadi bukannya cuma BERPRASANGKA…… ayo dong masa’ ulama pada bikin fatwa asal2an karena belum tahu yg sebenarnya. jangan malu-maluin umat lah.

  23. Sanggrok on said:

    Lebih baik merasa benar apa merara salah ya…
    Ada baiknya kita berkaca pd sejarah masa lalu,kenapa islam pd waktu itu begitu digdaya..Tapi sekarang…
    Mohon para pembaca bisa memberi solusi..

  24. Aku setuju sama_ Yusda Dhani Kusuma_
    kayaknya kita memang lebih suka menjustice orang lain ketimbang meng instropeksi diri kita masing masing. Wallohu alam bi showab

  25. makanya pak kyai sebelum berfatwa survei dulu.jangan asal bunyi…tuh..kan dibantah pake jin.pake trik pak kyai…pake tipuan bukan tiupan…he…he kacian deh lu…

  26. Maaf maaf kate on said:

    Jangan kaget dengan komentar2 yang merendahkan para kyai, karena yg hadir disini bukan hanya muslim dan yg lainnya. ada pula yg munafiq yg dlm hatinya ada penyakit. Kl muslim yg kaffah pasti akan sangat berhati2 dlm nulis kmentar.apalagi dlm mengkritisi para kekasih ALLAH. meskipun mereka ada salah tp yg sopan dikit donk. slm damai…

  27. Maaf maaf kate on said:

    Ketika nabi berdakwah dg bersabda ini dan itu, byk pula yg ngatain nabi gila, ada pula yg ngeludahin,dll, jd persis spt jaman skrg ini, sifat2 jahil mereka menurun ke manusia era kini

Comment navigation

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: