Sufi Muda

Menemukan Tuhan Dalam Keseharian

SYETAN PUN HAPAL AYAT KURSI

Kita semua meyakini  bahwa ayat kursi apabila dibaca maka syetan lari terbirit-birit berdasarkan beberapa hadist dan riwayat namun tidak semua orang mau me-riset apakah benar syetan itu lari ketika dibacakan ayat Kursi? Dan apakah ayat Kursi yang kita bacakan sudah memenuhi persyaratan yang diperlukan agar setan bisa hilang? Tentu pertanyaan ini tidak harus dijawab namun yang lebih penting tahukah anda bahwa syetan pun hapal ayat Kursi? Lho kok bisa?!

ini bukan cerita khayalan akan tetapi memang fakta yang terjadi di zaman nabi berikut kisahnya:

Abu Hurairah RA bercerita : Suatu hari Rasulullah SAW menugaskanku untuk menjaga harta zakat pada bulan Ramadhan. Tiba-tiba datanglah seorang laki-laki melihat-lihat makanan dan langsung mengambilnya. Aku lalu menegurnya, “Jangan dulu mengambil, sebelum kusampaikan tentangmu kepada Rasulullah”.

Laki-laki itu menjawab, “Aku sudah berkeluarga dan saat ini betul-betul membutuhkan makanan untuk mereka”. Mendengar itu aku akhirnya mengizinkan dia mengambil makanan itu.

Ketika pagi tiba, Rasulullah bertanya, “Wahai Abu Hurairah, apa yang kau lakukan kemarin?”

Aku menjawab, “Wahai Rasulullah, seorang laki-laki mengadukan kesusahan keluarganya dan dia memohon harta zakat pada saat itu juga, lalu aku persilahkan dia mengambilnya”.

Rasulullah SAW bersabda kembali, “Dia telah mengelabuimu, wahai Abu Hurairah, dan besok akan kembali lagi”.

Karena tahu dia akan kembali lagi, keesokan harinya aku mengawasi secara teliti dan ternyata betul apa yang disampikan Rasulullah, dia telah berada di ruang harta zakat sambil memilih-milih harta zakat yang terkumpul lalu ia mengambilnya.

Melihat itu, aku berkata kembali, “Jangan kau ambil dulu harta itu sampai ada izin dari Rasulullah SAW”.

Laki-laki itu menjawab, “Aku betul-betul sangat membutuhkan makanan itu sekarang, keluargaku kini sedang menunggu menahan lapar. Aku berjanji tidak akan kembali lagi esok hari.” Mendengar itu, aku merasa kasihan dan akhirnya aku persilahkan kembali dia mengambil harta zakat.

Keesokan harinya Rasulullah bertanya kembali, “Apa yang kau lakukan kemarin, wahai Abu Hurairah?”

Aku menjawab, “Orang kemarin datang lagi dan meminta harta zakat. Karena keluarganya sudah lama menunggu kelaparan, akhirnya aku kembali mengizinkan dia mengambil harta zakat tersebut.”

Mendengar itu, Rasul bersabda kembali, “Dia telah membohongimu dan besok akan kembali untuk yang ke tiga kalinya.”

Besoknya ternyata laki-laki itu kembali lagi. Seperti biasanya, dia mengambil harta zakat yang telah terkumpul di dalam gudang. Melihat itu, kembali aku menegur, “Janan mengambil dahulu, aku akan memohon izin kepada Rasulullah SAW terlebih dahulu. Bukankah kau berjanji tidak akan kembali lagi, tapi kenapa kini kembali juga?”

Laki-laki itu menjawab, “Izinkanlah untuk terakhir kalinya aku mengambil harta zakat ini dan sebagai imbalan aku akan ajarkan kepadamu sebuah kalimat yang apabila kamu membacanya, Allah akan selalu menjagamu dank au tidak akan disentuh dan didekati oleh setan sehingga pagi hari”.

Aku tertarik dengan ucapannya. Aku pun menanyakan kalmat apa itu. Dia menjawab, “Apabila kau hendak tidur, jangan lupa membaca Ayat Kursi terlebih dahulu karena dengannya Allah akan menjagamu dan kau tidak akan didekati setan hingga pagi tiba.” Kali inipun aku mengizinkannya mengambil harta zakat.

Keesokan harinya Rasulullah kembali menanyakan apa yang telah kulakukan kemarin dan kukatakan, “Ya Rasulullah, aku terpaksa membolehkannya kembali mengambil harta zakat setelah dia mengajarkanku kalimat yang sangat bermanfaat dan berfaedah.”

Rasul bertanya, “kalimat apa yang diajarkannya?”

Aku menjawab bahwa dia mengajarkan ayat Kursi dari awal sampai akhir dan dia katakana bahwa kalau aku membacanya Allah akan menjagaku sampai pagi hari.

Rasulullah SAW lalu bersabda,”Kini apa yang dia sampaikan memang betul namun tetap saja dia sudah berhasil mengelabuimu dengan mengambil harta zakat. Tahukah kau siapa laki yang mendatangimu tiga kali itu?”

Aku menjawab, “Tidak, aku tidak tahu”

Rasulullah SAW kembali bersabda, “Ketahuilah, dia itu setan.” (HR. Bukhari)

 

Single Post Navigation

70 thoughts on “SYETAN PUN HAPAL AYAT KURSI

Navigasi komentar

  1. wadaaawww… ( muka ketakutan mode : ON ) ..
    ternyata setan bisa juga baca ayat kursi menzahir pula tuh..
    gawat,,,
    SETAN bisa baca ayat Kursi…
    MANUSIA bisa baca ayat Kursi juga…
    persamaan matematik nya SETAN = MANUSIA ..
    ?????????
    Help..
    adakah caranya baca ayat Kursi tapi SETAN – SETAN pada terbakar dan lari tunggang langgang..
    kayak di pilm-pilm hantu Indonesia ( Kuntilanak, Beranak dalam Kubur , Pocong episode 2 , Hantu Jeruk Purut sampai Sundel Bolong versi Suzanna ) …..

  2. …. ^_^ ….

    SETAN HAPAL AYAT KURSI……………….. ???

    ……………………………………..!!!!!!!!!!!!!!!!! ???

    Maha Benar Allah Dengan Segala Firman-Nya…. !!!

    Sungguh luar biasa kupasan nya Bang Sufimuda !!!

    Jika benar begitu adanya bahwasanya Setan Bisa Membaca Ayat Kursi serta menghafalnya., dimana seperti yang di ketahui oleh banyak orang bahwasanya ayat kursi itu adalah pengusir setan, yang dibaca setiap habis sholat dan sebelum tidur
    Maka………………………………………………….. !!!
    Maaf… saudara sekalian, sekali lagi ku mohon kan maaf…

    Maka Al-Qur’an yang telah dibaca oleh ribuan umat islam itu taklah menjadi penangkal setan dan penenang jiwa..

    Maka Al-Qur’an yang sekarang ini di baca oleh semua orang bukanlah sebuah firman yang sangat menguatkan.. sebagaimana di ketahui bahwa..
    Al-Qur’an adalah sumber segala sumber:
    1. Sumber Ilmu:
    a. Ilmu Kesehatan
    b. Ilmu Falak
    c. Ilmu Rohani pun sekalian
    d. Ilmu yang lain-lain tercantum dalam Al-Qur’an

    2. Sumber Obat
    a. Obat hati
    b. Obat batin
    c. Obat badan sekalipun..
    d. Obat yang lainya…

    3. Sumber dan lain-lain yang masih sangat banyak…

    Nah……………………. !!!!
    yang menjadi sebuah pertanyaan ???????????
    APAKAH AL-QUR’AN YANG SEKARANG INI DI MILIKI OLEH SEMUA UMAT YANG MENGAKU MUSLIM ITU BENAR ADANYA SEPERTI YANG DISEBUTKAN DIATAS….. ????

    Jika iya, berarti setan pasti takuttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttt !! ??

    Jika tidak, setan pastilah ikutttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttt membacanya, yang diyakini pasti lebih fasih, dan makhrotnya pun luar biasa….
    dan tentunya Al-Qur’an tersebut tidaklah mengandung Nur Tuhan yang di takuti setan, berati Al-Qur’an itu bukanlah sebuah buku yang dipuja…

    Yang saya yakini Al-Qur’an yang ditakuti oleh setan isinya adalah Al-Qur’an yang terkandung dalam jiwa dan raganya para pewaris Nabi, para Waliullah..

    … Mari saudara sekalian kita mengkaji dan melihat kembali seperti apa hal nya sebuah firman Allah yang ditakuti setan dan juga menenangkan hati dan pikiran kita…

    .. salam sekalian…

  3. yudistira on said:

    berarti setan itu lebih pandai dan fasih dalam membaca ayat2 tuhan ……(Al quran)
    betapa tidak, abu hurairah saja yang konon kabarnya salah satu sahabat nabi diajari ayat kursi tuch sama setan…….

    jangan2…..yang ngajari kita baca alquran selama ini…….
    he….he…..he…..

    peace:-)

  4. Abu Little Cak Hut on said:

    Tergantung orangnya mas…..
    kalo baca cuma di bibir aja…..ya sama saja
    lha wong bibir ini adalah jasmani…..
    tubuh ini jasmani….
    jasmani khan benda dunia…alias benda mati…

    yg hidup yg bisa ngusir setan……
    jangankan ayat kursi…..
    baca bismillah aja setan dah takut…..
    kalo yg baca yg hidup…..

    lah yg hidup yg mana…?

    ya ruhaninya….

    wassalam

  5. Jadi menurut artikel ini SETAN persis manusia ( juga bisa menzahir persis orang arab ) bisa juga jadi pria punya keluarga, bisa menzahir di siang hari , menzahir pada bulan Ramadhan yang mulia , mengelabui sahabat ( seperti / sezaman Abu Hurairah RA ) sehinggakan memakan / menipu harta zakat ( 3 kali , yang ditugaskan menjaga pula sahabat ) dan juga bisa mengajarkan amalan-amalan baik seperti Ayat Qursi.. dizaman Rasulullah? Ini baru anak buahnya belum boss nya (Iblis). Beruntungnya Abu Hurairah RA punya guru / dibimbing oleh Rasullullah SAW.

    Wallahualam..

    P/S: Kalau di Malaysia yang mengelabui harta zakat pula pemerintah.. 🙂

  6. P/S: Kalau di Malaysia yang mengelabui harta zakat pula pemerintah..

    ha..ha..ha……

  7. seliparmalaysia on said:

    Ampun BPND….

    To abangda alamsyah….

    Bukan saja d msia pemerintah makan harta zakat, d negara lain juga berlaku perkara yg sama..

    * Semua manusia tu sama cuma berbeza…

  8. hehehhe.. jangan kita juga setan nih hahahhaha

  9. Salam

    @Sufimuda

    Syetan itu diantara jin dan mannusia yg diwajibkan beribadah kepada Allah Swt. Jadi ada yang hafal dan tidal hafal, sama saja dengan manusia.

    Wasalam

  10. Perlu di ketahui bahwasannya ketakutan seseorang terhadap setan adalah peluang bagi setan untuk menipu daya bagi manusia. karena itu janganlah takut kepada syetan tetapi hendaknya senantiasa berlindung kepada Allah SWT, karena hanya Allah lah sebaik-baiknya pelindung.

  11. a…..aa…auwo….Assallla…saallaamua..lla..lali alaikummm bisaaa jugga

    Yaaang pentiiing mah..mama mama dimanakah kamu….hati kudu iklas dan paham dallllam membcacanya,,,bukankah setaann takkk kan berdaya…kalo hati kita ikhlas…..llilililllahi ta’alaa..

    Abiisssss dariii clubiiiiinkkkkk asyiiiikk oy yang pentiiing ga minum alkohooool dannn narkkooobaaaa..

  12. @asep
    Sepengetahuan saya dalam Al-Qur’an disebutkan bahwa “Tidak aku ciptakan jin dan manusia kecuali untuk menyembah kepada-Ku”
    Jadi yang di wajibkan untuk beribadah itu cuma jin dan manusia aja,
    nah kalau syetan??

  13. @Sufimuda

    Iya betul, maksud saya yang diwajibkan untuk beribadah itu cuma jin dan manusia aja. Kalo syetan yg menggoda keduanya, sehingga syetan bisa saja berwujud manusia dan jin, apabila tergoda.

  14. kebetulan setannya dari arab jd hapal ayat kursi
    klo setan dari jawa hapalnya kidung jenaka he he he

  15. Sufi Gila on said:

    wah masalahnya juga disebutin kalau manusia tuh bisa jadi apa aja … mau jadi setan bisa iblis bisa malaikat bisa hewan juga bisa ….. jadi terserah si manusia sebenernya … mau nyembah atau mau nggak sama Tuhan …. lha kalau dia pas milih jadi setan ya pasti nggak mau nyembah …. pas dia milih jadi malaikat ya pasti nyembah …. lha kalau dia sudah manunggaling kawulo lan Gusti kan jadinya dia yang disembah walaupun sebenernya yang disembah kan Allah nya bukan manusianya

  16. @Sufi Gila

    lha kalau dia sudah manunggaling kawulo lan Gusti kan jadinya dia yang disembah walaupun sebenernya yang disembah kan Allah nya bukan manusianya.
    ———————
    Iya betul, dasar Sufi Gila.

  17. Sesungguhnya suatu amalan akan membawa keberkahan apabila kita bisa membersihkan apa yang dimakan dan dijalanin dari sesuatu yang haram karena sesungguhnya Syetan membenci dan takut kepada mereka yang memegang teguh ajaran-Nya

  18. ===============================================
    ….. jadi terserah si manusia sebenernya … mau nyembah atau mau nggak sama Tuhan …. …. lha kalau dia pas milih jadi setan ya pasti nggak mau nyembah ….
    ==============================================

    kayaknya aku kurang sependapat tuch……
    Syetan tuch yang tidak mau nyembah sama Nabi Adam
    tapi kalo ama tuhan dia kayaknya masih mau dan emang harus nyembah tuch.
    kalo dia tidak nyembah Tuhan trus powernya dari mana???

  19. Ibnu Hajar Al Batawie on said:

    Katanya ada jin yang bernama Allah ?
    Kalau benar ..Mesti hati-hati tuch kalau berzikir asma Allah.

  20. wah seru, banyak wacana. setan bangsa manusia, setan bangsa jin, setan dalam diri, setan dll

  21. Sufi Gila on said:

    emang kalau cerita tentang sesuatu yang nggak bisa dilhat itu ya gitu itu banyak sekali perselisihan … lha wong ketemu sama 1 jin aja nggak pernah trus ngomongin setan iblis dll apalagi ngalahinnya …. ya pasti nggak pernah sambung hehehehe …. jadi semua kalau dibicarakan yang dzahir ya bisa2 aja sih setan mendzahir iblis mendzahir dan malaikat mendzahir sampai Tuhan mendzahir …. cuman kalau bicara tentang iblis yang berbisik dalam dada itu yang paling susah dideteksi ataupun malaikat yang berbisik sampai Tuhan yang berbisik dalam lapisan terdalam dari badan halus manusia maka disitulah dibutuhkan teknologi/metode/thariqat yang diajarkan oleh Sang ahli yaitu Guru dzahir/batin …. maka selama belum bisa dikendalikannya bisikan setan dalam dada hingga kemudian terdzahirkan dalam perilaku maka sadarilah setan masih menguasai anda …..

  22. Sufi Gila on said:

    ================================================
    Katanya ada jin yang bernama Allah ?
    Kalau benar ..Mesti hati-hati tuch kalau berzikir asma Allah.
    ================================================

    makanya dibutuhkan nama kekasihNya yang kita kenal dzahir/batin yang kita pangil-panggil beriringan dengan nama Allah sehingga tahu Allah yang mana yang kita tuju hehehehe ….. yaitu ALLAH yang mendampingi SANG WALI …. habis cerita

  23. Sufi Gila on said:

    =================================================
    kayaknya aku kurang sependapat tuch……
    Syetan tuch yang tidak mau nyembah sama Nabi Adam
    tapi kalo ama tuhan dia kayaknya masih mau dan emang harus nyembah tuch.
    kalo dia tidak nyembah Tuhan trus powernya dari mana???
    =================================================

    setan itu diciptakan bukan buat nyembah Tuhan … memang dia diciptakan buat membangkang sama Tuhan … lha kita sebagai manusia diberi kehendak oleh Allah untuk memilih kecenderungan menuju malaikat atau setan sebagai simbol kepatuhan dan pembangkangan … jadi setan nggak berdaya buat nyembah Tuhan dan nyembah Adam (yang ada TUHAN dlm dadanya) karena sudah menjadi tugasnya buat membangkang …..

  24. Pernah suatu ketika G***(sensor yee..) saya bertanya pada saya “Kalo kau ketemu setan hantu dkk, apa yang akan kau lakukan yu???”. Saya cuma bisa bilang (karena waktu itu masih awam dan standar banget yang di ketahui) baca aja ayat kursi, paling gak 3-7 kali. Trus beliau melanjutkan dengan bilang “Seandainya ketika kamu sudah baca sampe 7 kali, trus si setan kaga pergi-pergi juga?? Malah setan bakalan bilang kepadamu:
    ‘Kau baca ayat kursi 1kali, maka aku sudah selesai membacanya 1000kali. Trus kau mau apa??’.”.

    Dan jawaban saya cuma 1…..LAriiiiiiiiiiiiiiiiii…..

    Maaaaff…kalo waktu itu saya lari artinya saya belum kenal “situasi” yang sebenarnya..

    Punten nyaakk…

  25. @ Asep

    Iya betul, maksud saya yang diwajibkan untuk beribadah itu cuma jin dan manusia aja. Kalo syetan yg menggoda keduanya, sehingga syetan bisa saja berwujud manusia dan jin, apabila tergoda.
    ========================================

    nah sep..ada suatu pertanyaan…

    kalau setan bisa berwujud manusia…
    kalau jin bisa berwujud manusia….
    apakah Tuhan yang menciptakan keduanya tidak bisa berwujud manusia juga..??????

    satu lagi sep.. kalau ente ketemu setan yang sedang menyaru jadi manusia..bagaimana cara mengetahuinya..?? Setan kan bisa menyerupai siapa aja..
    jangan-jangan ntar ente bisa diajari ama setan donk kalo gitu…hiiii seyeeem…

    oya..kalo ente jawabannya setan mengajak kebatilan…itu mah anak sd juga udah tau…

    ^__^V
    PiiSS

  26. @hamba 79

    Allah itu meliputi segala sesuatu, tidak bisa disamakan dengan segala sesuatu. Kalo menghadapi syetan yg sedang menyamar, saya menghadapinya dengan “acuh aje, emangnye gue pikirin”.
    Syetan mengajak pada kebatilan, itu udah dari sononya, jadi jangan dipertanyakan lagi (anak tk nanya ke anak sd hehehe).

  27. Setelah membaca dan memahami tulisan syetan pun hapal ayat Kursi. Sungguh lucu Abuhurairah yg diperingatkan oleh Rasul Saw, tapi percaya pada orang lain, sampai 3x lagi. Aneh benar cerita ini ! Dasar bodohnya Abuhurairah.

  28. Bukan main sufimuda.
    Sungguh hebat akhlak para sahabat yang hidup di jaman Nabi SAW. Mereka begitu jujur dan tulus dalam menjalankan kewajiban mereka. Setiap kegiatan apapun selalu dilaporkan kepada Baginda Nabi SAW. Bahkan meskipun itu dengan menunjukkan (mempertanggungjawabkan) kesalahan mereka. Coba pejabat2 sekarang semuanya begini. Kayaknya mereka perlu baca sufimuda neh.

    Disamping itu mereka begitu memperhatikan sesama. Tidak akan tertelan makanan dalam mulut mereka jika saat itu mendengar ada tetangga atau kaum muslimin yang kelaparan. Oh, andai para pemimpin bangsa menjalankan amanah mereka seperti Abuhurairoh diatas,,, insya Allah makmur dan nyaman lah rakyat ini.
    Sungguh keindahan akhlak yang hanya dimiliki oleh para sahabat Baginda Nabi.
    Semoga Allah senantiasa meridhoi mereka. Amiin ya robbal alamiin.

    Mengenai bacaan ayat yang membuat setan takut, sudah banyak dijelaskan diatas. Di dalam Bacaan ayat itu harus ada Allah dulu baru setan takut. Kalo cuma bacaan ayat bahasa arab yang kita baca, setan malah kegelian. Setan kok ngusir setan pake kalimah Tuhan. Emang sandiwara apah?

  29. Anak Gaul on said:

    @asep
    Katanya anda kalau jumpa syetan menyerupai manusia cuek aja, yang jelas donk wong dalam diri anda juga masih banyak syetan nya, kalau anda bertemu syetan berarti bertemu teman lama gitu lho 😀

    ========================================
    Sungguh lucu Abuhurairah yg diperingatkan oleh Rasul Saw, tapi percaya pada orang lain, sampai 3x lagi. Aneh benar cerita ini ! Dasar bodohnya Abuhurairah.
    =========================================
    Menurut saya Abu Hurairah nggak lucu dan nggak bodoh, dia hanya menjalankan perintah Nabi, dan kekeliruan yang akan dilakukan oleh Abu Hurairah juga telah diketahui Nabi sebelum kejadian dengan kejadian ini banyak hikmah yang bisa diambil, kalau sahabat Nabi Masih bisa dikelabui setan konon lagi kang asep pasti lebih bisa lagi.

    Tapi saya yakin setan gak berselera menggoda asep, kenapa?
    gmana mo menggoda, wong setan itu kawannya kang asep he he he.

    Hati2 kang asep, kalau mau ikut aliran syiah ambil yang bagus nya aja jangan ikut2 menghina sahabat Nabi.

    Kalau Abu Hurairah yang dibimbing langsung oleh Nabi, Nabi adalah yang melahirkan ahlul bait yang anda puja, anda sebut sebagai bodoh maka anda bukan hanya bodoh tapi sangat dungu…

    Ah, menanggapi kang asep kita jadi ikut2an bodoh nich 😉

  30. baru tahu setan bisa baca juga ayat kursi

  31. Ass.wr.wb,
    Syeitan mengetahui kebesaran Allah S.W.T dan tentunya mengetahui isi Alquran.
    Syeitan tidak mau tunduk kepada Adam oleh karena keangkuhannya,oleh karena itu syeitan adalah musuh bagi manusia dan selalu menyesatkan manusia hingga akhir zaman. Allah memerintahkan kepada syeitan agar mengajarkan ayat kursi kepada Abu Hurairah, jika dia melanggar perintah sudah tentu dia akan binasa.
    Syeitan benar-benar takut dengan ayat ini oleh karena pengakuannya sendiri kepada Abu Hurairah.

    Wassalam.

  32. @Anak Gaul

    Yang penting kita tidak berburuk sangka pada orang lain, apabila kita pasrah secara total kepada ketentuan Allah Swt dan RasulNya. Insya Allah kita tidak akan tergoda oleh syetan yg sedang menyamar.
    Saya hanya menanggapi isi tulisan tsb diatas, betapa lemahnya iman Abuhurairah sampai tertipu oleh syetan yg lagi menyamar. Untung ada Rasulullah Saw yg mengingatkan sampai 3x.
    Ini membuktikan bahwa Abuhurairah ragu-ragu atas perkataan Rsulullah Saw dan keimanannya kepada Allah Swt sangatlah lemah, sehingga tidak bisa membedakan syetan yg menyamar.
    ==============
    Kalau Abu Hurairah yang dibimbing langsung oleh Nabi, Nabi adalah yang melahirkan ahlul bait yang anda puja, anda sebut sebagai bodoh maka anda bukan hanya bodoh tapi sangat dungu…
    Ah, menanggapi kang asep kita jadi ikut2an bodoh nich 😉
    —————————-
    Mungkin anda seperti Abuhurairah yg ragu-ragu kepada hadist Nabi Saw yg muttawatir dan soheh dan imannya lemah kepada Allah Swt. Anda ini lebih bodoh lagi dan lebih sangatlah dungu. Innalillahi wainnailaihi roji’un.
    Sudah ya diskusinya, sekali lagi saya hanya mengingatkan.

  33. Apabila kita ingin terlepas dari pada tipu daya…. maka terlebih dulu mengetahui……

    Yang manakah yang di sebut Jin itu…????

    Yang manakah yang di sebut Iblis itu…????

    Yang manakah yang di sebut Syetan itu…????

    Yang manakah yang di sebut Manusia itu…????

  34. Jin, setan, Iblis, manusia, malaikat…semuanya kan mahluk Allah…jadi mungkin aja setan bisa apal ayat kursi…bukan kah iblis dahulunya adalah azazil, jin yang beribadah selama kira2 80.000 tahun, seorang ahli ibadah.ditiap langitNya yang akhirnya menjadi imamnya para malaikat.. Iblis La’nattullah adalah makhluk yang insya Allah adalah tergolong makhlukNya yang sangat cerdas tak ada satu pun selain nabi2 dan orang2 yang dikendakiNya yang lolos dari jeratanNya

    Menurut saya Ayat Kursi adalah Ayat yang super hebat, Iblis Lan’natullah tak kan berdaya kalau kita membacanya dengan pemahaman sedalam2Nya terhadap Keagungan dan Kebesaran Allah swt. tentunya dengan hati yang tulus ikhlas…

  35. sorry maksudnya bukan jeratanNya tapi jeratan si |blis/ralat

  36. YANG PASTI KITA LAH MAHLUK TUHAN YANG PALING SEXI…….jd jangan pada esmosi ya om.He7x

Navigasi komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

<span>%d</span> blogger menyukai ini: