Sufi Muda

Menemukan Tuhan Dalam Keseharian

SENARAI HIKMAH: MENCARI GURU SEJATI YANG WALIYAN MURSYIDANA

SENARAI HIKMAH

 

 

MENCARI GURU SEJATI YANG WALIYAN MURSYIDANA

Napi **

Sudah menjadi ketentuan Tuhan atas ketidak sempurnaan manusia, bahkan manusia di pandangnya sebagai makhluk yang lemah dan memiliki sifat-sifat yang tercela.  Namun Tuhan menginginkan makhluknya menjadi manusia yang baik dan dapat memiliki peran penting dalam kehidupanya di Dunia.  Keinginan Tuhan atas manusia agar manusia dapat menjadi khalifah di Dunia. Oeh karenanya Tuhan mengirimkan para Nabi dan Rasul sebagai teladan yang nyata. Tanpa Nabi dan Rasul kesempurnaan tidak akan dapat di perolehnya.

 

Kini Nabi dan Rasul tidak akan kita temui karena Nabi Muhammad sendiri mengatakan Ia adalah khataman Nabiyin  Nabi yang terakhir/penutup para Nabi.  Diperlukan seorang guru yang derajatnya sama atau setidaknya mendekati seorang Nabi dan Rasul.  Guru sejati sebutannya. Persoalannya bagaimana kita mengetahui seorang guru sejati itu dan menemukannya..

 

Guru sejati pasti ada, karena Tuhan menghendaki ummatnya menjadi ummat yang baik dan ramat bagi semesta alam. Tanda dan cirri-ciri bahwa seseorang adalah Guru sejati adalah bahwa saat kita bertemu dengannya hati kita takjub dan tunduk padanya dan kita dapat mempercayainya.

 

Hati atau kalbu kita  akan  memberikan tanda akan hal itu, dan kalbu tak pernah salah dan tak pernah bohong. Ketika seseorang duduk bersama seorang guru sejati, ia akan merasakan kedamaian dalam jiwanya, kebahagiaan, ketenangan yang tak terbayangkan dan kepuasan, serta hati menjadi Damai, Inilah tandanya.

 

Ketika seseorang berhadapan dengan guru sejati, orang itu akan melupakan seluruh masalah-masalahnya, dan damai bersamanya bagaikan seekor ikan di dalam samudera.

 

Ketika seorang berhadapan dengan seorang guru sejati hilang haus dahaga ke-Tuhanan dan tersingkap samudra Makrifatullah. Karena dalam diri guru sejati ia laksana pintu atau jendela menuju Allah Subhanahuwata’alah.

 

Mengapa orang-orang pergi berwisata mengunjungi tempat-tempat yang indah pemandangan yang menakjubkan ke pantai misalnya. Karena ketika mereka melihat keindahan itu mereka menemukan ketenangan dan kenikmatan.

Demikian juga Roh, dan kalbu. Dalam kehidupan ini kita membutuhkan seseorang seperti sebuah samudera, sehingga kalbu kita, roh kita dapat merasakan kenikmatan dan puas dengan orang tersebut.

 

Kita memiliki begitu banyak sifat-sifat tercela. Kita membutuhkan seseorang untuk memberikan pada kita sifat-sifat mulia, dan sifat-sifat mulia ini tak dapat muncul hanya melalui membaca buku-buku, mempelajari kitab-kitab melainkan akan muncul lewat seseorang yang dapat memberikan contoh akan kemulyaan. Karena itulah Allah Ta’ala mengutus para Nabi dan RasulNya sebagai obat sekaligus sebagai contoh. Siapa saja yang duduk bersama guru sejati akan menyeraf sifat-sifatnya, karena sifat-sifat adalah fi’il dari sifat-sifat Allah Ta’alah.

 

Guru sejati adalah Wali yang Mursid. Ia adalah Waliyan Mursidana yang khalis Mukhlisin-Kamil Mukamil Dan biasanya ia pembawa sebuah perahu,  sebuah asosiasi dzikir-dzikir yang menuntunya menuju kesempurnaan hakiki (insan al-kamil).

 

Dan Dzikir-dzikir itu  tempat berteduhnya burung-burung si morgi untuk meneguk setetes air dari  Samudra Makrifatullah.

 

Semoga kita di pertemukannya.

Allahua’lam bissawab.

 

 

 

 

** Penulis adalah seorang murid Waliyan mursidana yang qutb, al-Arief billah bermukim di kota Batam.

 

 

Single Post Navigation

13 thoughts on “SENARAI HIKMAH: MENCARI GURU SEJATI YANG WALIYAN MURSYIDANA

  1. mata_hari on said:

    wah3x..kayaknya ini cerita pengalaman pribadi bgt dehh..salut!

  2. Aria7x7 on said:

    Lanjut, ditunggu kelanjutannya nih,..

  3. wow..luar biasa..boleh juga saya tahu sang waliyan mursidana…dan kontak person nya..di email aja ya..thx..

  4. zackdanial on said:

    aslmkm…pd saudara/saudari muslimin muslimat yg saya cintai,sekarang ini saya lagi menjalan kajian untuk tehsis saya dalam bidang Tasawuf..saya lagi mencari buku2 lama ataupn baru terutama buku2 berjudul Hakikat Insan tulisan Almarhm Hj Laksamana & buku2 sufi lama.Kepada sesiapa yg punya buku2 ataupun buku2 sufi lama saya mohon untuk menghbgi saya saudara zack di email zackzdl@hotmail.com atau m_azmishah@yahoo.com.sg.Insya allah semoga allah swt menunjukkan jalan yg HAK kpd saya perantaraan saudara/saudari dan smoga allah swt memberikan nikmat&manisnya dlm kta beribadah kpdnya…amen…ya rab.Sekali lg saya mhn bantuan saudara/saudari.

  5. Guru sejati berada pada hati kita yang paling dalam dimana tidak ada campurtangan mausia baik berupa tulisan atau ucapan, karena patokan ciptaan manusia apalagi dalam bentuk buku sangatlah rancu..dari mulut kemulut saja yang bisa menjadi perdebatan mengenai salah atau beda penafsiran. Kalo kita kaji benar hati saja tidak bisa bohong apalagi guru dalam hati seluruh umat manusia.

  6. bro,bagus banget tuh infonya,kunjungi juga blog saya y 🙂

  7. mamo cemani gombong on said:

    aku juga ingin sekali ktmu …….tapi beban yang kupikul kayaknya masih sangat perlu aku siapkan untuk kutinggalkan semoga Alloh memberiku kemudahan .Amin

  8. Saipul Bahri on said:

    kalau belajar jarak jauh bisa nggak ?

  9. Bagaimana posisinya bila di bai’at oleh wakil talkin, apakah sama saja dengan berguru, mengingat guru yang dimaksud telah meninggal.

    • Syech Abdullah Affandi on said:

      Di bai’at oleh wakil talqin atau Khalifahnya adalah Sah adanya, namun utk berGuru Mursyid lebih afdol dan Wajib Hukumnya serta Mutlak adanya Dzohir drpd sang Guru Mursyid itu sendiri.

  10. Sangat menyejukkan,,,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: