Sufi Muda

Menemukan Tuhan Dalam Keseharian

Agama adalah Cinta

allahJika agama dengan segala kelengkapannya ingin di wakili dalam sebuah kata, maka kata yang paling tepat untuk mewakilinya adalah CINTA. Cinta kepada Allah, cinta kepada Rasul, Cinta kepada saudara seiman dan cinta kepada semuanya. Cinta kepada Allah akan menimbulkan gairah kepada kita untuk melakukan pengabdian sepenuh hati kepada Allah dengan ikhlas tanpa pamrih.

Apa yang membuat Rasul begitu tabah dalam menyampaikan kebenaran, mengajak dan membimbing manusia untuk mengenal Allah, melewati masa-masa berat berupa penolakan dari orang-orang yang dekat dengan Beliau, sanak saudara dan teman-teman Beliau, karena rasa Cinta Rasul yang begitu besar kepada Allah SWT. Cinta tanpa syarat, mengalir begitu indah dalam darah dan setiap detak jantung Nabi.

Rasa cinta yang mendalam kepada Allah, kemudian melimpah dan mengalir dalam bentuk cinta kepada Agama, para sahabat dan seluruh ummat Beliau. Nabi tidak mengharapkan apa-apa, asal Beliau bisa berbuat untuk menyenangkan SANG PUJAAN HATI, itu sudah merupakan kebahagiaan tertinggi bagi Beliau.

Apa yang membuat Nabi sebagai manusia mulia dan terjamin masuk surga bahkan bisa memberikan syafaat kepada seluruh ummat manusia begitu tekun beribadah? Karena Rasa cinta yang begitu besar terhadap Allah. Ibadah bagi Nabi bukanlah untuk sekedar memenuhi kewajiban.

Meneladani Rasul, selayaknya kita juga beribadah kepada Allah atas dasar Cinta, sehingga tidak terlintas dalam pikiran imbalan atas ibadah yang kita lakukan, layaknya seorang pedagang atau ibadah yang dilakukan atas dasar rasa takut seperti layaknya seorang budak.

Semoga Allah selalu menuntun dan membimbing kita kepada jalan-Nya yang lurus dan benar, Jalan-Nya yang penuh dengan Rahmat Karunia, Cinta dan Kasih Sayang, amin..

Single Post Navigation

19 thoughts on “Agama adalah Cinta

  1. rony indra on said:

    Assalam mualaikum,Sudah lama sm nggak nulis disini,kalau boleh tau kemana ya?karena aku selalu menunggu tulisan yang terbaru dari sm

    • Wa’alaikum salam
      Iya sudah 2 bulan saya tidak menulis. Insya Allah saya akan terus menulis, berbagi utk semua.
      Trimakasih sudah mengunjungi sufimuda
      Salam

      • ikut nyimak abah sufi

      • ismet riyadi on said:

        Ass. Wr.wb
        SM, trima ksh utk semua tulisan pencerahan anda.
        Mohon penjelasan definisi cinta dalam rasa kepada Allah dan Rasulallah, apa sama sperti rasa cinta kita kepada keluarga…?, bagaimana mengundang cinta itu masuk dalam hati kita…?
        Wass.

        • Wa’alaikum salam wr. wb.
          Semoga anda selalu diberkahi oleh Allah SWT, Amin..
          Pada hakikatnya cinta itu sama, cinta itu rasa. Tentu cinta kepada Allah dan Rasul-Nya kekuatan jauh lebih kuat dibandingkan dengan cinta kepada yang lain. Cinta kepada Allah akan memberikan gairah kepada kita dalam beribadah, sehingga ibadah apapun akan terasa nikmat bukan beban begitu juga cinta kepada Rasul akan membuat kita bergairah dalam menjaga sunnah Beliau. Cinta akan memberikan gairah, ini yang membendakan ibadah dari para pecinta dengan yang lain.
          Cinta kepada Allah akan membuat kita sangat fokus kepada-Nya, bukan kepada surga dll.
          Cinta kepada keluarga akan membuat kita bergairah untuk menjaga keluarga kita dan membuat mereka bahagia.
          Awal tumbuh cinta adalah dengan mengenal. Begitu juga awal cinta kepada Allah dengan mengenal-Nya dengan sebenar kenal.
          Demikian.

          • larissa katering on said:

            nambahi boleh ya….amal shaleh mendekatkan diri pada Allah, semua amal shaleh (vertikal horisontal) menumbuhkan cinta pada Allah…yang instan adalah bersyukur. silakan bersyukur dirinci kira-kira 10 menit. kerjakan dua hari, insya Allah terbang menuju makrifat….

  2. trim’s bg SM , sy pikir masih training Allah ,kok lama tulisan tdk muncul
    salam borneo

  3. anonymous on said:

    Cinta tanpa syarat yang penting Sang Kekasih senang,,, apapun dilakukan n diberikan,,salam,,

  4. sumarto on said:

    Cinta dan pengorbanan .
    maaf mungkin itu kata yang akan selalu membayangi setiap kata cinta seperti tangan yang satu sisi disebut punggung yang sisi lain disebut telapak. saling melengkapi. cinta tanpa pengorbanan (ikhlas) maka belum disebut cinta.maaf kang kalau salah kata

  5. Asslmuakum wr.wb
    Bagus sekali tulisannya tuan.
    saran saya kalo bisa lebih sering mengirim tulisan seperti ini kerna sangat memotivasi untuk tetap berada pada jalan allah swt.

  6. luar biasa,, salam..

  7. belajar sufi on said:

    Rindu kami pada mu…yaaa Rosulullaah saw…Rindu juga tulisan SM…smg senantiasa slalu sehat n happy…spy sesering mungkin berkarya dlm menulis ttg kesufian…Ty SM

  8. Akhirnya SM menoreh lagi….

  9. roma iwanto on said:

    assalamu alaikum…mksh pengetahuanny smg bermanfaat…

  10. Ping-balik: Agama adalah Cinta | Blog Dakwah Aswaja

  11. retno pasca on said:

    bahkan TUHAN adalah CINTA 🙂

  12. Ping-balik: Agama Merupakan Bentuk Cinta | Rambu Islam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: