Sufi Muda

Menemukan Tuhan Dalam Keseharian

Sufisme Untuk Perangi Kekerasan

ALGERIA-ISLAM/VIOLENCEALGIERS Setelah bertahun-tahun menggunakan kekuatan kepolisian, melakukan penangkapan, hingga pertempuran bersenjata untuk menghadapi kelompok militan, Aljazair kini memiliki senjata baru: Sufisme.

Sufisme adalah ajaran dalam Islam yang diasosiasikan dengan permenungan untuk menyucikan jiwa dan menjernihkan akhlak.

Pemerintahan negara penghasil minyak dan gas di Afrika Utara ini mempromosikan Sufisme untuk menghadang kelompok ultra-konservatif yang selama ini dituduh berada di belakang serangkaian pemberontakan.

Pemerintah telah membuat sebuah stasiun televisi dan radio untuk mempromosikan Sufisme serta kelompok persaudaraan keagamaan yang mengajarkan dan mempraktikkan ajaran itu.

Sufisme, yang banyak ditemukan di berbagai dunia Islam, menempatkan fokus yang besar pada ibadah, dan para pengikutnya cenderung menjauh dari aktivitas politik.

Di Aljazair, kebanyakan masjid-masjid dekat dengan paham Salafi. Salafi memiliki akar di Arab Saudi dan menekankan pada gerakan pemurnian ajaran agama.
Tidak banyak penduduk yang mengikuti ajaran Sufisme. Sejauh ini memang tidak diketahui angka pastinya. Namun, George Joffe, seorang peneliti pada Centre of International Studies, Cambridge University, memperkirakan ada 1-1,5 juta pengikut paham Sufi dari 34 juta total penduduk Aljazair.

Pemerintah yakin ajaran Sufisme akan membawa perdamaian ke Aljazair, negeri yang hingga kini masih berjuang keluar dari konflik antara pasukan pemerintah dan pemberontak semenjak 1990an, dan hingga kini telah menewaskan 200.000 jiwa.

“Saya tidak sepaham dengan ajaran Salafi, karena itu tidak mempertimbangkan kekhususan karakteristik Aljazair,” kata Mohamed Idir Mechnane, seorang pejabat pada Kementerian Urusan Keagamaan.

“Kami melakukan banyak hal untuk mendorong masyarakat kembali ke tradisi Islam: perdamaian, toleransi, dan Islam yang terbuka. Alhamdulillah, masyarakat semakin banyak yang tertarik dengan pesan kami, ketimbang pesan Salafi,” kata dia kepada Reuters.

Aljazair terletak di barat-laut Afrika dengan pantai sepanjang Laut Tengah di sebelah utara, berbatasan dengan Tunisia di timur laut, Libya di timur, Niger di sebelah tenggara, Mali dan Mauritania di barat laut, dan Maroko di barat. Negeri ini merupakan negara kedua terbesar di benua Afrika.

Pertengahan Juni lalu, sekelompok pengacau menyerang konvoi polisi paramiliter Aljazair. Sebanyak 24 polisi tewas dalam peristiwa ini.(jri)

Sumber : okezone.com

Single Post Navigation

58 thoughts on “Sufisme Untuk Perangi Kekerasan

Navigasi komentar

  1. Wuah, dapet pertama nih.
    Artikel yang menarik Mas Sufi Muda.
    Salam Persahabatan.

  2. Maaf lupa memberi quote:

    Saya tidak sepaham dengan ajaran Salafi, karena itu tidak mempertimbangkan kekhususan karakteristik Aljazair

    Bagus itu mas….

    Salam.

  3. islam adalah agama keselamatan seharusnya mampu menciptakan kedamaian, namun anehnya kenapa dimana ada salafi di situ selalu timbul kekacauan saling membid’ahkan mentakfirkan dan perbuatan jelek lainnya. Padahal jargon salafi adalah pemurnian islam jadi apanya yang salah…islamnyakah atau salafinyakah…bagaimana mas sufimuda?

  4. Didiet 513 on said:

    …. semoga saja dari pihak pemerintah Aljazair sendiri ikut mendalami dan mengamalkan ajaran sufi…….
    …. disusul kemudian pemerintah Indonesia yang mempromosikan sufisme tuk rakyat Indonesia…..

  5. Ibnu Hajar Al Batawie on said:

    tiap ajaran, faham atau isme – isme lain akan di uji oleh waktu dan tempat. Sufisme TERBUKTI mendapatkan peranan yang semakin bagus di dunia ISLAM sejak zaman Rasulullah hingga Akhir zaman.
    insyaAllah.
    semoga yang batil akan punah….se punah ummat nabi Nuh yang durhaka.

  6. kenapa menggunakan istilah salafi Vs sufi, salaf kan artinya tua, sufi sejati hanyalah Nabi Muhammad saw, berarti paling salafi ya Muhammad saw. Kalau salafi biasanya berdimensi permurnian syariat, sedangkan sufisme pemurnian aqidah alias pemurnian tauhid, kalo mas sufimuda berjalan di ranah hakekat dengan menempuh tarekat betapa kerasnya terasa bahwa ajaran2 sufisme membabat habis ‘selain Allah’ dari hati, ujub riya’ dalam hati bukanlah sekedar bid’ah yang harus diberantas tetapi bahkan dikategorikan syirik kecil yang patut ditaubatkan….

  7. semoga dunia ini segera masuk pada kondisi perdamaian
    dama atas kehendakNYA amien…

  8. Singa Wahabi on said:

    WASPADA BAHAYA LATEN PAHAM SALAFI WAHABI.

    Sesungguhnya Faham Salafi Wahabi adalah sumber Faham perpecahan di Islam di Semua Negara.
    Mereka Menghalalkan Pemboman/Terorisme dinegara damai, bahkan mereka menyebutnya sebagai Mujahid sehingga justru para pelaku teror adalah telah gugur mati syahid, subhanallah

    Wahabi telah menjadi sumber pemberontakan di semua negara Mayoritas Islam padahal tidak ada larangan dari pemerintah tsb untuk melaksankan syariat agama.

    AWAS WAHABI MENGANCAM DENGAN TOPENG PEMURNIAN AKIDAHNYA.

    Mereka Mengsyirikan pelaku tahlilan, Shalawatan, Maulidan, tetapi mereka menghalalkan pembunuhan, pengkafiran yang berbeda faham, pengerusakan thdp budaya bangsa.

    DASAR WAHABI LAKNATULLAH, karena mereka sudah menghancurkan Rumah-rumah suluk Abi Qubais, mereka menghancurkan Makam-makam WaliAllah, Mereka Melarang Shalat di Makam Rasulullah, mereka membunuh ribuan para pengamal tarekat, mereka telah menjadi otak teror di NEGARA INDONESIA.

    Allahumma shali ala sayyidina muhammad wa ala aly muhammad

  9. Singa Wahabi on said:

    “PKS Minta SBY Konsisten dengan Kontrak Politik
    Elvan Dany Sutrisno – detikNews”

    DASAR PARTAI WAHABI….SELALU MENGATASNAMAKAN TUHAN DEMI KEPENTINGAN KELOMPOK, KALAU HAUS AKAN KEKUASAAN JANGAN BAWA-BAWA TUHAN BOS,
    KALAU KECEWA NANTI LANGSUNG BAWA ATAS NAMA TUHAN KITA HARUS PROTES – bukankah pasti Partai lain ada juga yang kecewa, TINGGAL TUNGGU AJA PERANG ANTAR TUHAN DARI SEMUA PARTAI…WAKAKAKAK

    WAHABI TERORIS

    • jangan saling menyalahkan karena dengan menyalahkan diri kita pun sudah menjadi salah, dekati mereka dengan contoh dan teladan karena sebenarnya itu semuanya sebagai pembeda buat kita agar islam tetap terjaga

  10. the_fawaid on said:

    Assalamualaikum Wr.Wb

    Kalo dipikir sih orang yang melakukan kekerasan ato jihad yang salah kaprah, karena mereka tidak pernah menggali ato belajar ilmu tasawuf . Alangkah Indahnya dunia ini apabila semua orang bersufi ria… t

  11. @singa wahabi
    Kayaknya yang hobynya mengkafirkan sesama muslim yag gak sepaham, atau menajiskan sesama muslim adalah kelompok yang berfaham al khawarij, mereka memusuhi baik ali maupun muawiyah.
    Sedangkan wahabi memang sukanya melarang menyembah makam, shalat di kuburan, melarang bid ah / berlebihan. Sedangkan para sufisme di makam berziarah, selalu melewati maqom-maqom wali (maqom dalam hati) bukan makam/kuburan,
    baik wahabi maupun sufisme kalau duduk tahiyat selalu baca shalawat (biasanya shalawat ibrahim).

    Yang penting blog ini jangan digunakan siapapun untuk menggesek meruncingkan bentrokan antar muslim baik itu yang mengaku tak bermahzab, suni syii, wahabi dll, karena yang paling sempurna pemahaman ajaran ISLAM hanyalah MUHAMMAD SAW.

    Apalagi antar parpol indonesia yang mengaku islami misal ppp, pkb pknu, PKS yang sering pengajian LIQO (ma’rifattullah) tapi suka berbendera NEO WAHABI dll, jangan suka diadu domba oleh semua pihak baik itu yang mengaku salafi, mengaku wahabi, mengaku, syii, mengaku, suni .Semuanya harus bersatu dibawah payung panji Rasullulah Muhammad saw

  12. setahu saya PKS tidaklah mengaku wahabi, tetapi NEO WAHABI, artinya wahabinya arab dilunturkan dengan mistik sufisme dengan pengajian LIQO nya

    • bertarekat on said:

      @khawarij
      nt sepertinya tidak tau pengertian Wahabi, Neo Wahabi, Ajarannya PKS, LIQO dlm sufiisme, ????

      Mana ada di PKS ajaran LiQO ma’rifatullah???

  13. pengajian itu hanya digunakan seyelah PKS diketahui sebagai WAHABI dan sebagai alat untuk mencari massa.jangan terpengaruh PKS.wahabi tetap wahabi apapun kedoknya.

  14. itu alasan pks untuk menutupi kedoknya sebagai wahabi dan hanya untuk mencari massa.wahabi tetap wahabi.jangan mudah terpengaruh.

  15. ha ha ha ha
    ngakunya sufi kok takut sama wahabi, takut pks.
    harusnya tidak ada yang ditakuti kecuali Allah swt, sama demokrat, pan, golkar pdip yang lebih multikultural dan jauh lebih besar dan kuat malah gak takut.
    Kalo dah ikut tarekat jangan takut wahabi, pendapat ibnu qosim jauziah, muhammad abduh, rasjid ridha, dll,
    Takut dituduh bid ah, churofat, taklid, syirik ya? Kalo takut ya ikut tarekat biar tahu ilmunya.
    Intinya cuma satu, kalo dah ikut tasawuf/tarekat mestinya nggak perlu takut berseberangan pendapat dengan wahabi asal ada dasarnya, kalau dasarnya sama-sama Quran dan sunah, kenapa mesti dipikirin, emangnya sufi banyak2an cari massa, setau saya sih mencari ridho Allah swt saja, kalau ridho Allah dunia sufi dikritik terus sama wahabi, emangnya kita bisa menghindar, lah wong mereka gak tau ilmunya kok disuruh memahami tasawuf/tarekat, dan kitanya malah phobi pks wahabi. Meski saya komentar gini saya kemarin gak milih pks lho…..

  16. bertarekat on said:

    Mana takut orang tarekat sama wahabi, justru wahabilah yang takut sama faham tarekat, makanya mereka mengharamkan/mengkafirkan/menbidahkan/mensyirikan/menghalalakan darah pengamalnya untuk dibunuh, itu semua adalah bukti takutnya wahabi thd faham kebenaran ini,

    WASPADA BAHAYA LATEN FAHAM WAHABI DI INDONESIA,
    SEBAGAI SUMBER PERPECAHAN BANGSA INDONESIA,
    SEBARKAN!!!!

  17. Ga usahlah qt rbt bhkan mencela suatu kaum atau glngn kan dah jelas dlrg Allah. Hrusnya qt cr tu apkah ada ayat ataupun hdis yg mencrtakan rasulullah mewajibkan qt brtareqat. Krn rasulullah ga mgkn mnympan kbnaran sdktpun

    • bertarekat on said:

      Membela diri dari faham yang selalu menuduh kita kafir/musrik/bidah adalah WAJIB.

      Silahkan nt berjihad menegakan persatuan kesatuan umat dengan melawan salafy wahabi yang selalu membuat perpecahan umat dengan Pengkafiran/pemusyikan/bidah nya.

      WASPADA BAHAYA LATEN WAHABI,
      SUMBER PERPECAHAN BANGSA INDONESIA

  18. Dundun permana on said:

    salam……saya ingin lebih banyak belajar tentang sufisme muda…..terima kasih.

  19. @bertarekat
    dalam belajar agama biasanya belajar syariat tarekat hakekat ma’rifat. Kenyataan sejarah musuh Tauhid adalah ateisme yang dipegang teguh oleh golongan komunis, komunis dah pasti musuh agama, kenapa sampean gak pernah membela diri?
    Sebenarnyalah ajaran tarekat yang mutak’bar selalu berpegang pada Syariat (AlQuran dan Hadist), oleh Imam Ghazali dan Syiak Abdul Qadir Jilany dulu dibangun pondasinya. Tarekat yang tidak sesuai dengan Syariat adalah sesat, tergolong SUFI PALSU.
    Saat sohbet bersama Syaikh Muhammad Hisyam Kabbani, beliaunya selalu memberi hadiah CINTA ALLAH SWT DAN RASULULLAH SAW kepada para Jamaah. Beliaunya selalu mendorong perdamaian antar sesama manusia/bangsa dan penuh kelembutan.
    Sebenarnya kalau kita sudah mendalami tarekat pastilah tahu perbedaan antara menyembah kuburan, meminta pada mayit, dan tawassul, orang bertarekat jarang yang tergelincir menyembah kuburan (musrik), Orang bertareka t sulit berbuat bid’ah seperti ahli kitab menganggap Isa as anak tuhan, karena mengetahui antara hamba dan Khaliknya, dan Utusannya. Orang bertarekat biasanya tahu beda jin, malaikat, ataupun bisikan setan sehingga terhindar dari churafat alias mengada-adakn bahwa di suatu tempat angker, karena sufi tidaklah takut pada jin.
    Saya berpendapat pribadi bahwa salah satu cara membela diri terhadap faham lain adalah mempelajari seluas mungkin sedalam mungkin ‘apa itu tarekat’.
    Hak itu lebih baik daripada teriak-teriak awas wahabi, awas pks.
    Karena kenyataaanya memang orang yang langsung bertarekat tanpa membereskan ilmu-ilmu syariat biasanya hatinya langsung terluka parah saat pedang kritk mengatakan bahwa yang dilakukan bukan hadist , ‘cuma perkataan ulama’.
    Perlu disadari bahwa ridhonya tarekat bergantung ridhonya syariat, kalau Syariat belum diridhoi maka tarekatnya masih sulit berjalan, alias gejolak hatinya masih jungkir balik…..
    Lebih baik berpegang teguh pada Al Quran dan Hadist dan mengamalkannya kemudian kalau perlu mencari guru tarekat agar lebih mudah mempelajarinya. Tarekat adalah ILMU YANG HARUS DIAMALKAN bukan ilmu yang didebat bahas pikir saja………….

  20. Kita wajib perangi islam karena islam adalah agama setan, kehadiran islam adalah wahyu dari setan dan Muhammad adalah pesuruh setan dia telah tersiksa dalam kuburan karena dia adalah nabi setan.

    Karena ajaran islam setan menganjurkan untuk tetap berjihad membunuh kafir, dan kita diwajibkan memerangi mereka dimanapun mereka berada kita harus membunub sebelum mereka membunuh kita.

    Kewajiban ini kita harus lawan ajaran setan islam ini,
    harus dilawan ‘GIGI GANTI GIGI NYAWA GANTI NYAWA SAMPAI AGAMA SETAN ISLAM HILANG DIPERMUKAAN BUMI.

    • Mrs.Nunusaku on said:

      mohon maaf, mantan suamiku mamang sedang gila, semenjak aku gugat cerai -jadi sering mengigau, dia sudah sangat kehilangan, prustasi, dan sering menulis yg tidak nyambung-bahkan kelewatan, karena dia sudah impoten sering minum alkohal dan narkoba.dan sering kasar thd istri yg sholeh. bahkan melarang saya untuk shalat dan puasa wajib.

      silahkan forum ini dilanjutkan, semoga hidaya Allah selalu diberikan Allah kepada umat yg berhak mendapatkan

  21. bertarekat on said:

    @bu kek shian su
    saya setuju dari tulisan anda, memang seperti itulah harus seorang salik berfaham, hanyalah Al-Quran dan Sunnah yg senafas Al-Quranlah yang jadi patokan.

    tapi, jika kita selalu diam, tanpa berani mengutuk femahaman mereka – sedangkan mereka dengan lantangnya berbicara di mimbar-mimbar masjid, menulis di media massa, dan mengajar di sekolah-sekolah. bukankah ini justru membuat mreka tambah semena-mena, karena merasa tidak ada perlawanan.???

    kita memang harus bersikap bertoleransi dlm rangka persatuan bangsa, tetapi tidak boleh bersuuzon (berprasangka baik) yg salah tempat-. berparasangka baik kepada faham wahabi adalah kesalahan besar masyarakat Indonesia, yg justru mereka diam-diam berencana membunuh semua yg berbeda faham (contohnya bom jakarta/bali-dinegara lain), menghancurkan semua kuburan para ulama pewaris nabi, mendangkalkan Tafsir Quran yg Rahmat semua Alam, BUKANKAH INI SUNGGUH SANGAT BAHAYA???

    Apakah kita berkeyakinan, bahwa zikir kita yg sudah maqom 17 lathoif& wukuf adalah untuk Allah??, shalat wajib& sunnah adalah untuk Allah?, zikir kita yg sdh sampai liqo Allah adalah parameter tingginya maqom kita disisiAllah??, shalawat yg ribuan/hari adalah untuk Allah??, sesungguhnya itu semua BUKAN untuk Allah, Tapi untuk diri kita dan memang kewajiban kita sbg hamba Allah.
    -karena Iblis pun, adalah makhluk yg sudah bermarifat,bahkan sudah mencapai liqo Allah.tapi tetap akan masuk neraka,
    -bahkan nabi Adampun,adalah contoh manusia yg sudah marifat-liqo Allahpun, tergelincir shg diusir dari surga,

    artinya, dari semua amal pribadi yg sudah kita kerjakan (dzikir-shalat-puasa-zakat dsb) adalah secara hakikatnya bukan untuk Allah, tetapi untuk kita, syukur atas rahmat allah yg sdh diberi ke kita. krn kita yg butuh-bukan Allah yg butuh.
    artinya juga, hanya jihad fisabilillah lah yg akan dijadikan/diperhitungkan Allah, membantu menyebarkan/berdakwah/mensyiarkan ajaran ma’rifatullah inilah yg menjadikan kita diangkat derajat ditampat mulia oleh Rasulullah, dan para ahli silsilah.dan menjadi persaksian amal-amal kita diakhirat nanti.
    -Allah berfirman: para ahli waris rasulullah terbagi menjadi 3 golongan, 1)yg menganiya dirinya sendiri atas nikmat dunia (contoh para kutub zaman, Syeh Abdul qodir,syeh Bahaudin,syeh Moh Saman, dst), 2)yg membagi setengah untuk dunia dan setengah untuk akhirat, 3)yg mendahulukan kebaikan, disinilah kita dinilai,seberapa besar gairah kita thd keilmuan ajaran marifat ini untuk disebarkan kepada Umat, bukankah ini adalah syarat wajib seorang mursyid kamil mukamil diangkat oleh mursyidnya yaitu mampu menyebarkanbberdakwah kepada umat.
    Bertidak keras, bersuara lantang, menulis keras di semua media thd faham salafy wahabi adalah bentuk da’wah yg wajib dilakukan guna membendung bahaya laten wahabi ini.

    Allah sudah memfirmankan bahaya kaum munafik, dibandingkan kaum kafir, tapi kaum salik tentunya harus BERSIKAP bisa mencerminkan/mencontoh pribadi yg agung dengan tetap menjaga persatuan bangsa.

    MANA ADA WAHABI YG BERTOLERANSI THD YG BEDA FAHAM, BAHKAN MEREKA Berkeyakinan wanita yg berzina lebih Mulia dibandingkan para pelaku Maulid rasulullah. subhanallah…..dst…(apakah kita masih diam????, mana gairah pencinta agama rasulullah yg diwariskan kepada para mursyid kita),
    MARI KITA BERSUARA LANTANG, WASPADA BAHAYA LATEN SALAFY WAHABI YG TELAH MEMECAH BELAH UMAT.

  22. kho ping ho on said:

    -siapakah yg telah membantai jutaan umat bertarekat di dunia ini?, WAHABI
    -siapakah yg telah menhancurkan pusat suluk di jabal Qubais?, WAHABI
    -siapakah yg telah menhancurakn makam sahabat rasulullah para syhada yg termasuk silsilah naqsyabandiyah? WAHABI
    -siapakah yg selalu menghalalkan darah para salik,bahkan merasa mereka mendapat gelar mujtahid? bahkan bekerja sama dengan kaum kufar? WAHABI
    -siapakah yg tega berfatwa kafir/musyrik, shg lebih mulia pembunuh/penzina dibanding para pelaku maulid/shalawatan? WAHABI
    -siapakah yg berani berkata/menulis/bertindak untuk memojokan para salikin, disemua media? WAHABI
    -siapakah yg tega membunuh semua faham yg berbeda dan tega menghancurkan negara yg aman di iNdoensia ini? WAHABI

    akankah kita diam?, kita harus berani menulis/berkata/berbuat “WASPADA FAHAM SALAFY WAHABI SBG PEMECAH BELAH UMAT”, Tunjukan Semangat hasil dzikir dan shalawat kita untuk menyuarakan kebenaran Ajaran Ma’rifatullah ini.
    MARI KITA MENULIS dan BERDAKWAH akan bahayanya faham SALAFY WAHABI INI.
    Shalawat…

    • Berdasarkan sejarah yang saya baca, Wahabi adalah paham yang sengaja diciptakan oleh kaum orientalis untuk menghancurkan ummat Islam. Melemahkan cinta ummat kepada Nabi dan memutuskan tali antara ummat sekarang dengan ulama zaman dulu.

  23. Astaghfirullahal’adzim,kok jadi mengerikan begini komen2nya,hiiy atuut, larii.

  24. Asslm..
    @Mrs.Nunusaku

    Saya juga sangat prihatin atas penderitaan mantan suami anda, mudah-mudahan Alloh segera menyembuhkan dari segala penderitaannya baik lahir maupun batin..

    @Buat seluruh Ikwan

    Saya ucapkan Minal Aidzin walfaidzin mohon maaf lahir dan batin, selamat Idul Fitri 1430 H semoga senantiasa kita selalu dalam lindungan Alloh swt.
    Amin
    wasalam

  25. Ibnu Hajar Al-Batawie on said:

    Mari Berda’wah dengan cara mengikuti Akhlaq Rasululloh SAW.

  26. memang penyimpangan dalam ajaran/ keekstriman pendapat di kalangan Wahabi tidak begitu saya kenal, karena setahu saya wahabi di arab saudi, yang kebanyakan dipelajari diunversitas king abdul aziz, atau lipia selalu menekankan hafalan alquran, tidak boleh lain, Sedangkan terasa harus Al Quran adalah bila belajar di MTA (majlis tafsir Alquran), Di MTA tidak ada yang selain ALQuran, mungkin kalau ingin tambah belajar hadist di darul hadist, kalau belajar ilmu kejawen ya di javanologi. Kalau di javanologi mungkin banyak yang nyerempet2 Al Quran karena bersumber sebagian dari sana, tapi kalau di MTA tidak pernah mengambil sumber buku2 ajisaka, betaljemur dll, Karena ajaran Islam lebih tua daripada kejawen.

    Cuma kesannya yang agak lain ketika naqsabandi selalu awal puasa dan 1 syawal selalu lain dengan masyarakat indonesia, sehingga kesannya malah gak mau bersatu dengan masyarakat indonesia (terlepas dari masalah keyakinan), kenapa tidak duduk bersama ormas lain membahas tentang fakta alam pada saat pergantian bulan (wujud hilal tanggal 1), karena mengenal ciptaan Allah adalah salah satu jalan mengenal Allah, misalnya fakta alam hilal wujud qqq derajat, jadi gak perlu “harus” qqq-sekian derajat atau qqq+sekian derajat. Atau pasti hari-2.

  27. Sikapi hidup ini dengan Cinta… Semoga Allah Azza wa Jalla meridhoi, peace…

  28. bertarekat on said:

    @bu kek sian su
    Justru Tasawuf lah, jika ingin belajar kajian Tafsir Al-Quran yang lengkap dan tidak salah menafsirkan. sebagai pembawa warisan yang sangat jelas dari Rasulullah, melalui jalur silsilah keilmuan yang dijaga lewat Mursyid ke mursyid, dari Rasulullah, terus ke Imam Ali-muridnya-muridnya-muridnya-sampailah ke ulama pewaris sekarang.

    1)Apa yang diwariskan? = Al-Quran lah sebagai isi Risalah dari Allah,
    2)Awalnya siapa yg mewariskan? Rasulullah
    3)Terus ke Siapa dari Rasulullah? imam Ali, Imam Hasan, terus ke para Imam
    4)Terus siapa lagi dari para Imam tsb? para ulama penerusnya, trmasuk Syeh Abdul Qodir dst…..
    Ulama adalah pewaris nabi.

    artinya, para ulama tasawuf lah, yang seharusnya pengajar Tafsir Al-Quran yang sebanar-benarnya, karena mereka harus mampu menjelaskan Tafsir Al-Quran secara hakikat dan syariat dalam kandungan lautan Ilmu Quran yang teramat luas.

    barangsiapa yang belajar mengkaji Al-Quran lewat Buku,kaset,atau tanpa guru/mursyid? maka AKAN SESAT
    bukan saya yg bilang mas, tapi AL_Quran :
    QS.Al-Kahfi :17, :”barang siapa yang disesatkan ALlah, maka kamu tidak akan mendapatkan seorang MUrsyid yg memberi petunjuk padanya”

    lalu Mursyid/Guru yang seperti apa yang mampu menjelaskan luasnya Ilmu AlQuran ?, adalah mursyid/Guru yang mempunyai tali Allah/silsilah keilmuan yang jelas yang sanadnya terus lurus kepada Rasulullah, inilah yang dinamakan Thoriqoh, sekali lagi marilah kita kaji Al-qurannya QS. 46:30 dan QS:4:168, :”sesungguhnya orng2 kafir dan melakukan kedzoliman, Allah sekali-kali tidak akan mengampuni dosa mereka dan tidak akan menunjukan Thoriqoh kepada mereka”,

    Islam bukan agama budaya,
    jika Ingin belajar Al-Quran yang benar-benarnya carilah ulama tasawuf yang telah mewarisi Risalah AL-Quran dari guru-guru-guru yang sanadnya telah nyambung kepada Rasulullah, dan Mursyid tsb telah diangkat oleh mursyidnya sebagai Muryid yg mampu menjelaskan AL-Quran.

    belajar ilmu hikmah, kebatinan, atau kebudayaan lainnya, sangat berbeda dengan Ilmu tasawuf yang harus belajar melalui thoriqoh.

    Anak yg tidak tau siapa ayahnya, maka disebut anak haram.
    murid yg tidak tau siapa gurunya, maka disebut murid haram.
    guru marifat yg tidak tau siapa gurunya, maka disebut guru haram.

    apakah belajar kajian pendalaman Al-Quran, bisa didapatkan dari guru-guru yg tidak jelas siapa guru-gurunya. bagaimana bentuk pertanggungjawabbannya????

  29. betul
    salah satu syarat mursyid dalah hafal Al Quran dan sebagian besar hadist telah dikuasai, dan mendapat restu dari gurunya untuk menjadi guru mursyid.
    Cuma yang dimaksud beragama dengan akal itu adalah dengan rasio otak plus hati, jadi :
    akal = rasio otak + hati/kalbu
    akal berpusat di otak kepala bagian belakang.
    jadi tangan, kaki dll (panca indera) dan perasaan (hati) adalah alat/sensor belaka semuanya berpusat di AKAL (prosesor) untuk membedakan antara yang haq dan batil.
    Jadi jangan mentang2 sudah belajar tasawuf lantas otak di buang.

    Dalam kasus misal kalau terlalu menggunakan otak rasio:
    Penting mana shalat sama puasa? kalau penting shalat kenapa sewaktu haid wanita diwajibkan mengganti puasa ramadhan tapi tidak mengganti shalatnya?

    Jawabnya pakai hati = taqwa/patuh , disuruh mengganti ya diganti apabila gak disuruh ya gak usah.

    Terlalu pakai hati misal, mana yang benar :
    Dzikir = hati menjadi tenang
    punya uang = hati menjadi tenang
    nonton musik = hati menjadi tenang
    kalau ditinjau dari aspek perasaan hati semuanya tenang alias semuanya benar.

    jawabnya pakai otak/rasio = dipilih penyebab ketenangan yang paling haq yaitu Allah swt yang lebih kekal, maka pilihan yang paling tepat adalah dzikir.

    Dari Al Quran memang beragama itu harus menggunakan AKAL alias serempak antara otak+hati.
    Yang bertasawuf jangan menghina yang mempergunakan rasio, yang pakai rasio jangan menyerang yang menggunakan hati.

  30. Preman Kristen on said:

    @ All Muslim

    Kenapa Ya ? di Alqur’an Nabi Isa mendapat kedudukan yang sangat Istimewa dibandingkan dengan nabi Muhammad Saw, dan nabi-nabi lainnya. Apakah Alqur’an mengakui Keilahian Isa Almasih. Tapi Kenapa Ya ? Orang-orang Islam Menolak Keilahian Isa Alamasih.

    ANEH BIN AJAIB

    Petunjuk-petunjuk Al Quran dan Hadis agar manusia dapat mencapai Syurga :

    1. Isa AS ialah jalan yang lurus yang patut diikuti “Wa innahu la’ilmu lis saa’ati fa laa tamtarunna bihaa wa tabi’unni haadzaa shiraathum mustaqiim…”Dan sesungguhnya Isa itu benar memberikan pengetahuan tentang hari kiamat kerana itu janganlah kamu ragu tentang hari kiamat itu dan ikutlah Aku. Inilah jalan yang lurus …(Az Zukhruf, 43:61)

    2. Isa AS pembawa keterangan dan patut ditaati “Wa lammaa jaa-a ‘Isa bil bayyinaati qaala qad ji’tukum bil hikmati wa li ubayina lakum ba’dhal ladzii tathtalifuuna fiihi fat taqullaaha wa athii’u…”Dan tatkala Isa datang membawa keterangan. Dia berkata sesungguhnya Aku datang membawa hikmat dan untuk menjelaskan kepadamu sebagian yang apa kamu perselisihkan tentangnya, maka bertakwalah kepada Allah dan taatlah kepadaKu…(Az Zukhruf, 43:63)

    3. Isa AS mengatakan perkataan yang benar “Dzaalika ‘isabnu Maryama qaulal haqqil ladzil fiihi yamtaruum…”Itulah Isa putra Maryam yang mengatakan perkataan yang benar, yang mereka berbantah-bantahan tentang kebenaranNya…(Maryam, 19:34)

    4. Isa AS itu utusan Allah dan FirmanNya “Inamal Masihu ‘isabnu Maryama rasullahi wa kalimatuhu …”Sesungguhnya Isa Al Masih putra Maryam itu utusan Allah dan FirmanNya…(An Nisa, 4:171)

    5. Isa AS adalah Roh Allah dan KalimatNya “Isa faa innahu Rohullah wa kalimatuhu…”Isa itu sesungguhNya Roh Allah dan FirmanNya(Hadis Anas bin Malik hal.72)

    6. Isa AS adalah Roh Allah yang menjelma menjadi Manusia yang sempurna “… arsalnaa ilaihaa ruuhanaa fa tamatstsala lahaa basyaran sawiyya.”…Kami mengutus Roh Kami kepadanya, maka ia menjelma di hadapannya menjadi Manusia yang sempurna…(Maryam, 19:17)

    7. Isa AS adalah satu-satunya Imam MAHDI “Laa mahdia illa isabnu Maryama…”Tidak ada Imam MAHDI selain Isa putra Maryam…(Hadis Ibnu Majah)

    8. Isa AS dilahirkan bukan dari bapa Insani, tetapi dari Roh Allah “Wallatii ahshanat farjahaa fa nafakhnaa fiihaa mir ruuhinaa Wa ja’alnaahaa wabnahaa ayatal lil ‘aalamiin”Ingatlah kisah seorang perempuan yang memelihara kehormatannya (Maryam) lalu Kami tiupkan kepadanya Roh Kami (Roh Allah) dan Kami jadikan dia dan Anaknya tanda (kuasa Allah) bagi semesta alam.(Al Anbiyaa, 21:91)

    9. Isa AS lahir, mati dan dihidupkan kembali “Wa salaamu ‘alayya yauma wulittu, wa yauma amuutu, wa yauma ub’atsu hayaa.”Dan sejahtera atasNya pada hari Dia dilahirkan, pada hari Dia wafat, dan pada hari Dia dibangkitkan hidup kembali.”(Maryam, 19:33)

    10. Isa AS mati, diangkat dan pengikutNya dipilih atas orang kafir “Idz qaalallahu yaa Isa, innii mutawafiika, wa raafi’uka ilayya, wa muthahhiruka minal ladzinaa kafaruu, wa jaa’ilul ladzina tabauka fauqal ladzina kafaruu ilaa yaumil qiyamati.”Ingatlah tatkala Allah berfirman; Hai Isa, sesungguhnya Aku akan mewafatkanMu, dan mengangkatMu depadaKu, dan akan menyucikan Engkau dari orang-orang kafir, dan menjadikan orang-orang yang mengikutiMu diatas mereka yang kafir hingga hari kiamat.”(Al Imran, 3:55)

    11. Isa AS menyembuhkan orang buta sejak lahir “Wa ubriul akmaha, wal abrasha, wa uhyil mautaa bi idznillah.”Dan Aku menyembuhkan orang bita sejak dari lahirnya dan orang yang berpenyakit sopak, dan Aku sanggup menghidupkan orang mati dengan seizin Allah.(Al Imran, 3:49)

    12. Isa As menghidupkan orang mati “… wa idz tuhuriijul mautaa biidzni…”… dan diwaktu Kamu mengeluarkan orang mati dari kubur (menjadi hidup) dengan izin Ku…(Al-Maidah, 5:110)

    13. Isa AS diberi mujizat dan Roh Kudus “Wa aatainaa ‘isabna Maryam bayyinaati wa ayyadnaahu bi ruuhil qudusi.”Dan Kami berikan kepada Isa putra Maryam, beberapa mujizat serta Kami perkuat Dia dengan Roh Kudus.(Al Baqarah, 2:253)

    14. Kafirlah orang yang menolak Isa AS “Wa bi kufrihim wa qaulihim ‘alaa Maryama buhtaanan ‘azhiimaa.”Dan kerana kekafiran mereka (terhadap Isa) dan tuduhan mereka terhadap Maryam dengan kedustaan besar (zinah).(An Nisa, 4:156)

    15. Isa AS akan diimani oleh semua ahli kitab “Wa im min ahlil kitaabi illa la yu’minanna bihi qabla mauthihiiwa yaumal qiyaamati yakunnu ‘alaihim syahiidaa.”Dan tidak seorangpun dari ahli kitab melainkan akan beriman kepada Isa sebelum matiNya, dan pada hari kiamat. Dia menjadi Saksi terhadap mereka.(An Nisa, 4:159)

    16. Tidak menurut Taurat dan Injil, maka tidak dipandang beragama “Qui yaa ahlal kitaabi lastum ‘alaa syai-in hattaa tukimut tauraata wal injiila wa maa unzila ilaikum mir rabbkum”Katakanlah: “Hai ahli kitab, kamu tidak dipandang beragama sedikitpun hingga kamu menegakkan ajaran ajaran Taurat, Injil dan apa apa yang diturunkan kepadamu dari Tuhanmu.(Al Maidah, 5:68)

    17. Al Quran induk dari Taurat dan Injil “Wa innahu fii ummil kitaabi ladainaa ia ‘aliyyuna hakiim.”Dan sesungguhnya Al Quran itu dalam induk Alkitab, di sisi Kami adalah tinggi dan penuh hikmat.(Az Zukhruf, 43:4)

    18. Isa AS berkuasa/terkemuka di dunia dan di akhirat “Idz qalatil malaikatu yaa Maryama innallaaha yubasyiruki bi kalimatim minhus muhul masihu ‘isabnu Maryama wajihan fiddun-yaa wal akhirati wa minal muqarrabiin.”Ketika malaikat berkata, hai Maryam sesungguhnya Allah menggembirakan kamu dengan Kalimah daripadaNya namannya Al Masih putra Maryam, terkemuka di dunia dan di akhirat dan orang yang paling dekat pada Allah.(Al Imran, 3:45)

    SARAN SAYA :

    PELAJARILAH DALAM-DALAM ILMU TASAWUF…..
    KALIAN NANTI AKAN MENGERTI AKAN KEILAHIAN ISA ALAMSIH

    Ingat Ayat Ini Bro….

    5. Isa AS adalah Roh Allah dan KalimatNya “Isa faa innahu Rohullah wa kalimatuhu…”Isa itu sesungguhNya Roh Allah dan FirmanNya(Hadis Anas bin Malik hal.72)

    ROH ISA…….ROH ALLAH….. BUKAN ROH SEMBARANG ROH…..LHO….

    DI INJIL… ROH ALLAH=ROH KUDUS.

    PELAJARI TASAWUF YA?…. MUNGKIN INI ADALAH TITIK TEMU AJARAN KRISTEN DENGAN ISLAM MENGENAI KEILAHIAN ISA ALAMASIH…..OKE

    ALELUYA……

  31. preman islam on said:

    @preman kristen

    waduh, orang kafir mana nich sembarang masuk, pake memutar balikan ayat Al-Quran lagi, emangnya Al-Quran gampang banget diartikan dan ditafsirkan oleh ornag kafir spt nt, Al-Quran hanya dapat disentuh dan difahami oleh orang – orang yang suci bos.
    jadi pake tafsir nya dari ulama pewaris Rasul dong fir.
    pake menafsirkan ayat hanya baca terjamahan yang sudah diputar balik, ini mah ngajakin ribut.

    fir, kita sich gak udah banyak kali dalil, panjang x lebar. ribet….
    yang ada nanti debat kusir, pake dalil, susah nemunya, karena otak para kafir dan muslim telah beda logikanya.

    gini aja, pembuktian kebenaran, real-nyata-konkret,
    NT percaya Yesus Nt penyelamat Dunia dan akhirat kan?
    Kita Percaya Rasulullah penyelamat dunia dan Akhirat, KAMI dan KITA SEPAKAT.

    ini ringan aja,
    bagaimana kalau tangan kita sama-sama ditembak pake senapan angin, jaraknya 3 meter, dan kita sama-sama berdoa kepada tuhan dan nabi dan keyakinan masing-masing, agar selamat dan tangan kita tdk terluka dari tembakan senapan tsb. gimana?

    kalau tangan nt terluka, berarti keyakinan nt salah, nt harus bertobat, mandi tobat pake jeruk purut 5kg, bersyahadat, lalu nt harus menyerahkan uang 100juta, sebagai tanda bahwa nt sudah tobat.

    sebaliknya juga ana, ana akan ikut keyakinan nt, dan menyerahkan uang 150 juta, bagaimana? berani gak.

    bagi kita para preman, gak usah banyak dalil, yang penting pembukitan faham, didunia aja gak selamat, bagaimana diakhirat?????

  32. Kalau Isa itu Tuhan, kenapa pada waktu di salib berteriak, ” Eli..eli..lama sebachtani ?” yang artinya “Tuhanku…tuhanku mengapa engkau meninggalkan aku?” Kalau betul ia Tuhan, kenapa malah memanggil-manggil Tuhan, ya?

  33. pembuktian kebenaran seperti ini memang yang sering digunakan oleh para walisongo kepada para jawara-jawara/raja raja yang memiliki kesaktian dan memiliki Rakyat.

    ana satuju, silahkan preman kristen menanggapi, jika niatnya untuk mecari kebenaran dan merasa telah memegang teguh kebenaran sejati sebuah ajaran. memang perlu dibuktikan.

    silahkan ditanggapi!!!!, atau memang anda pengecut yang tong kosong nyaring bunyinya

  34. @Preman Kristen

    Dalam hadist-hadist tentang kisah Isra’ dan Miraj nya Nabi Muhammad saw, ternyanya sewaktu di langit -1 ketemu nabi adam, dan memasuki langit-2 ketemu nabi ISA AS, dalam riwayat nabi isa menyarankan agar jumlah rakaat shalat yang terlalu banyak dan memberatkan umat Muhammad agar Nabi Muhamad meminta keringanan lagi pada Allah swt jumlah shalat wajibnya, sehingga yang semula shalat wajib sehari semalam 50 kali diperingan menjadi 5 kali sehari semalam tetapi pahalanya sama dengan shalat 50 kali.

    Dari situ jelas posisi ISLAM memandang NABI ISA AS BUKAN TUHAN, alias sama-sama utusan ALLAH SWT.

    Oleh Karena kaum kristen hanya mengambil buku2 imam al qazali sewaktu perang salib, dan mengambil kisah2 ibrah tentang tasawuf, ARTINYA orang kristen bertasawuf tanpa syariat islam yang benar dan tanpa mursyid, maka menjadi terjebak menuhankan diri sendiri ataupun menuhankan nabi ISA, disitulah kesesatan kaum kristen. Sesungguhnya roh al quds (kristen bilang roh kudus) ada pada setiap diri manusia, roh al quds adalah roh ketuhanan alias roh yang menghubungkan antara insan dengan ALLAH SWT. Jadi setiap salik / pelaku tarekat yang benar pastilah dosa2nya menipis lalu rohnya menjadi suci alias quds, sehingga mudah bertemu dengan Allah swt alias ma’rifat.

    Dari situ jelas bahwa dari alfatihah ada kaum yang dimurkai Allah yaitu kaum Yahudi yang suka membunuh para nabi, dan kaum yang sesat alias petunjuk aslinya hilang alias kitab injilnya hilang, dan gemar membolek-balik kitab suci injil taurat ataupun quran demi syahwat dunianya. Misalnya kaum kristen menolak kitab imamat yang mengharamkan babi, makan babi dibolehkan karena bergizi, disitulah contah kesesatan mereka. Dan kitab sekarang yang dipakai adalah tafsiran lukas matius dll, yang tata bahasanya sulit dipahami orang awam sehingga mereka secara tekstual menuhankan isa as, dari kalam= allah, isa=kalam, lalu dengan filsafat matematik isa=allah.
    Kekeliruan sama misalnya 10 x 0 = 0
    1 x 0 = 0
    maka 10 = 1, ngawur ya?
    JAdi seharusnya sodara preman kristen itu sebenarnya harus mencari petunjuk dari Nabi Isa as putra Maryam, ataupun langsung kepada Allah swt, bukan dari lukas matius ataupun petrus, kisah selengkapnya tentunya pada penerus nabi Isa as yaitu Nabi Muhammad saw yang selalu mencari tahu/bertanya kepada yang lebih tahu yaitu Allah swt yang dengan perantaraan malaikat jibril memberikan jawaban2 yang benar dengan wahyu yang diturunkan Allah swt.
    Sudah jelas dari albaqarah bahwa Umat islam mengimani kitab2 sebelumnya (taurat, zabur, injil), dan rasul2 sebelumnya (adam, nuh, musa, isa as, ibrahim dll), sedangkan kitab tersuci alaias benar adalah dari Al Quran.

    Surat AL Baqarah bisa dijumpai bahwa, NABI MUSA bisa menghidupkan orang mari dengan memukul mayit dengan sepotong paha sapi tapi MUSA bukan Tuhan, ada lagi kisah pemuda dalam gua yang mati bersama keledai dan anjingnya lalu pemuda keledai dan anjingnya tersebut hidup karena dibangkitkan Allah swt, jadi meskipun hidup lagi alias bangkit dari kuburnya alias menang melawan maut maka pemuda keledai dan anjingnya itu BUKAN TUHAN.

    JADI TASAWUF / TAREKAT DALAM ISLAM YANG SESUAI DENGAN SYARIAT YANG DIBIMBING OLEH MURSYID YANG KAMIL DAN MUKAMIL SANADNYA MENYAMBUNG SAMPAI MUHAMMMAD SAW-JIBRIL-ALLAH SWT, AKAN MENJADIKAN MANUSIA MULIA YANG NANTINYA AKAN BERSAMA NABI MUHAMMAD SAW SEMULIA ISA AS, MUSA AS, IBRAHIM AS TENTUNYA DENGAN IZIN ALLAH SWT

    • Ya Umat pada saat Nabi Isa itu betul,tetapi sepeninggalnya itu batal,”ada yang bertanya pada Guru Kami: ” kenapa Keristen (pengikut saat ini,) kekal dalam Neraka sehebat apapun mereka ber ibadah
      “singkat jawaban Guru Kami ” Karena tali Ke Hadirat Tuhan Di Putusnya, ” Karna Jelas Ujung Tali Allah adalah islam

  35. Ber Tarekat silahkan…
    Tidak ber Tarekat juga silahkan…
    Hidup adalah sebuah pilihan,
    semua muslim adalah saudara.
    Benar atau salah menurut kaca mata manusia adalah bukan hal yang hakiki. Mari kita saling menhormati & ber lomba memberi contoh yang baik tanpa harus saling menghancurkan… Allah Azza wa Jalla adalah hakim di akhir acara… Semoga Ridho & Cinta Allah Azza wa Jalla selalu tercurah untuk kita semua… Amiin

  36. Assalamuallaikum.wr.wb

    @ Wahabi kenthir :

    Tolong dicek lagi tentang kisah Isra ‘miraj, siapa tahu kisah yg anda sampaikan menyesatkan :
    Yang menyarankan Baginda Nabi Muhammad saw.untuk minta keringanan sholat dari 50 kali menjadi 5 kali itu bukan Nabi Isa melainkan Nabi Musa di langit ke VI. Harap segera diluruskan pemahaman anda itu……….

    @Preman Kristen :

    Kalau anda penganut agama Kristen ..pelajari saja ilmu Injil ( Anak Allah..Bapa Allah dan Roh Kudus ) sesuai dg keyakinan anda.
    Tapi Kalau Anda ternyata penganut Islam/Muslim buanglah jauh-jauh kalimat syahadat yg pernah anda ucapkan..karena anda tdk mempunyai tempat disana, anda tdk ubahnya sebagai pengkhianat dan munafik..
    Anda jelas-jelas tdk mengerti tentang Islam, Rukun Iman dan Rukun Islam..
    Bila anda ternyata bukan penganut keduanya..tolong hentikan kalimat-kalimat anda yg bisa memecah belah umat manusia yg beragama..sebab bicara anda seperti orang mabuk yg tdk jelas arahnya….Al Qur’an jangan anda tafsir seenaknya …

    @Preman Islam :

    Kalau boleh sy menyarankan inisial anda jangan “Preman Islam” sebab sepintas kalimat itu mengandung pelecehan.. Saya yakin dengan semangat perjuangan Islam yg anda tegakkan dlm forum ini Islam/Tarikat/Tasawuf akan membuat Iman kita menjadi bertambah..

    Mohon maaf bila ada yg kurang berkenan…

    Wassalam.

Navigasi komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: