Sufi Muda

Menemukan Tuhan Dalam Keseharian

Potensi Manusia Yang Luar Biasa

Pada suatu hari, seorang anak menangis tersedu-sedu saat pulang dari sekolahnya. Melihat itu, dengan penuh kasih sayang, ibunya mendatangi si bocah. Saat ditanya, apa yang terjadi, si bocah hanya diam saja, sembari tetap mengucurkan air mata. Ia kemudian hanya menyerahkan selembar surat yang menurut gurunya harus diberikan segera pada ibunya.

Sembari masih bertanya-tanya apa yang terjadi, si ibu segera membuka surat itu. Ternyata, surat itu menjawab pertanyaannya. Inilah isi surat itu: “Karena anak Anda terlampau bodoh dan tak mampu memahami pelajaran serta menghambat kemajuan proses pembelajaran di sekolah, demi rasa tanggung jawab kami kepada murid-murid lain, maka kami sangat mengharapkan agar anak Anda secara terhormat menarik diri sendiri dari sekolah.” Rupanya, sebelum diberikan surat itu, si anak sudah diberi tahu oleh gurunya, agar esok hari tidak perlu masuk sekolah lagi. Hal itulah yang membuatnya menangis.

Mendapati kondisi itu, sang ibu tak tinggal diam. Ia berusaha agar si anak bisa sekolah lagi. Namun, karena tetap tak diterima oleh sekolah itu, sang ibu yang juga seorang guru kemudian bertekad: “Kalau sekolah tak mau menerimamu lagi, jangan khawatir, Nak. Aku pun bisa menjadi guru yang baik untukmu…”

Sejak saat itu, si bocah diajari berbagai hal oleh ibunya. Hal itu membuat si bocah berkembang menjadi anak yang punya keingintahuan sangat besar. Ia sering mengadakan berbagai eksperimen hingga akhirnya orangtuanya pun membuatkan laboratorium kecil di rumahnya.

Tumbuh dengan kasih sayang dari orangtuanya, si bocah menjadi makin senang meneliti, apa saja. Dan, karena orangtuanya tak punya cukup uang untuk membiayai kesenangan putranya, si bocah mencoba mandiri. Ia lantas berjualan koran dan permen untuk mencari uang tambahan guna membiayai penelitiannya.

Begitulah, si bocah kecil tumbuh jadi remaja yang sangat percaya diri. Meski berkali-kali gagal dalam eksperimennya, ia tetap terus mencoba dan mencoba lagi. Kasih sayang ibunya membuat ia jadi anak yang punya prinsip dan tidak takut gagal. Bahkan, saat orang lain sudah menyerah saat berkali-kali kurang sukses dengan yang dilakukan, ia terus maju. Dengan pembelajaran dan kasih sayang itulah, si bocah kini dikenal sebagai salah satu ilmuwan yang mampu mengubah dunia. Dialah Thomas Alva Edison.

Kisah ini saya ambil  dari web Andrie Wongso dan cerita di atas memberikan inspirasi dan kesadaran bagi saya bahwa manusia diciptakan Tuhan dengan potensi luar biasa, dengan segala kesempurnaan dan seringkali tidak kita sadari. Apa yang menjadi kekurangan dalam pandangan kita atau pandangan orang lain bisa jadi itu merupakan kelebihan dan bonus luar biasa diberikan Tuhan untuk kita, tinggal bagaimana kita menafaatkannya. Saya yakin anda tidak menjalani hidup dari penilaian orang lain apalagi penilaian yang negatif, termasuk keyakinan yang anda jalani saat ini. Hidup anda akan bermakna ketika anda memberikan makna dalam hidup anda sendiri. Apapun penilaian orang terhadap anda, tetaplah berjalan dengan keyakinan yang anda miliki, tebarkan kebaikan kepada semua dan dimana saja dan yakinlah Tuhan akan selalu beserta orang-orang yang berbuat baik.

Semoga cerita di atas bisa memberikan semangat untuk kita semua dalam mengaruhi hidup yang serba tidak pasti ini.

Single Post Navigation

9 thoughts on “Potensi Manusia Yang Luar Biasa

  1. menarik sekali…tidak sedikit orang yang terlalu pesimis tentang potensi diri mereka sehingga tidak dapat melihat dengan jelas apa yang mereka miliki. Keep posting kisah-kisah inspiratifnya ya.

    saya afifi, seorang career coach, senang menjadi follower blog anda. kunjungi blog saya, dan dapatkan pula artikel-artikel yang inspiratif dan bermanfaat, Salam SucccessCareer (ACC)

  2. Ruslianto on said:

    Pandangan logika adakalanya sebagai “pemicu” gairah untuk menemuiNYA
    sedangkan kegagalan adalah latihan “sabar” agar tetap tegar dan istiqomah dalam “ujianNYA”,….
    Eh,..tak terasa tau-tau sudah jadi Sarjana (kata-kata terakhir ini pernah saya dengar “fatwa” Ayahanda Guru).

  3. Ruslianto on said:

    Manusia berpotensi Luar Biasa adalah Manusia yang mendapat WASILAH dari Allah SWT.
    Tidak pelak lagi Rasulullah SAW-lah yang merupakah manusia satu-satunya, yang terjamin beriman, yang terjamin bertakwa, yang terjamin telah menemukan Wasilah dan memanfaatkannya. yang telah sungguh-sungguh beramal di atasnya dan yang akhirnya telah mendapat kemenangan.

  4. atikahyus on said:

    Saya amat minat dan tertarik dengan kisah nabi muhammad s.a.w dan membuat saya tenang dan tabah dalam menghadapi ujian Allah di alam ini…….

  5. Ruslianto on said:

    Ketika itu,…Ali bin Abi Thalib r.a berkata; “Pada Perang Badar tidak satupun diantara Kami yang memiliki kuda, kecuali al-Miqdadi,……. sedangkan berita yang diterima kaum Quraiys memiliki pasukan berkuda llebih dari duaratusan jumlahnya. Dan sungguh aku tidak melihat diri kami dan orang lainnya (yang bersama dengan kami) saat itu kecuali mereka terlelap tidur, kecuali………….. Rasulullah Saw yang tengah sholat di bawah pohon dan Beliau menangis hingga waktu shubuh”.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: