Sufi Muda

Menemukan Tuhan Dalam Keseharian

Kopi Termahal di Dunia, 1 Juta Secangkir

Bertanyalah kepada orang Inggris, kopi apa paling mahal di dunia, maka bangsa peminum teh itu akan menjawab kopi yang diambil dari kotoran musang. Anggapan ini mungkin sama dengan masyarakat tradisional Indonesia.

Mengapa termahal? Di Inggris kopi yang bekas dimakan musang (Paradoxurus hermaphroditus) dan keluar lagi bersama kotorannya itu dijual dengan harga 50 poundsterling atau hampir Rp 1 juta. Demikian dilaporkan Daily Mail dalam situs internetnya, Kamis (10/4).

Mungkin ketika mendengar asal kopi itu, penikmatnya akan gemetar. Namun bagi kafe Peter Jones, itulah yang membuat kopi itu juara. Kafe di Sloane Square itu menjual espresso, Americano dan latte dengan biji kopi itu mulai April.

Mau tahu dari mana Jones mendapatkan bahan baku yang akan membuat kafenya terkenal itu? Ia membeli 60 paket eksklusif campuran Jamaica Blue Mountain dan Kopi Luwak dari Indonesia. Biji kopi ini termasuk langka, karena dipanen kurang dari 200 kg per tahun.

Diyakini, luwak (musang dalam bahasa Jawa) itu bisa memilih biji kopi terbaik berdasarkan nalurinya. Mereka memilih biji yang lembut dan memakannya, tetapi hanya bagian luarnya yang bisa dicerna, sedangkan sisanya dibuang bersama kotoran. Cairan kotoran itulah yang diyakini memperkaya cita rasa kopi luwak itu.

Sekarang, para pelanggan Jones bisa merasakan sendiri sensasi kopi luwak itu. Sedangkan semua keuntungan dari penjualannya akan disumbangkan untuk penderita kanker.

Salah satu pelanggan Jones, Hannah Silver (23) mengatakan, “Saya sebenarnya agak khawatir sebelum mencoba, tetapi ternyata saya sangat suka. Agak berasa tanah dan sangat lembut.”

Sumber : Kompas

Single Post Navigation

15 thoughts on “Kopi Termahal di Dunia, 1 Juta Secangkir

  1. Apakah najis itu halal? Kayanya hal yg wajar bg org2 kafir..
    Alhamdulilah Allah mencintai kita, shingga Dia melindungi kita dngn aturan dalam AgamaNYA agar terhindar kita dari sesuatu yg kotor.

    Bang, boleh tau ga apa makna/hikmah yg bs kita ambil dr tulisan d atas?

  2. Di sufimuda ada kategori SERBA SERBI, (coba dibuka) sebelum kopi termahal di dunia ada :
    Profesor termuda di dunia
    (Ring in red) fakta apa gosip?
    Walikota termuda di dunia
    Kakek 77 tahun sampai puncak everest
    dll

    Kategori SEBA SERBI menampilkan hal2 unik, sebagai informasi saja,

    Hikmahnya? paling tidak kalau salah seorang diantara kita ditawari KOPI LUWAK, tahu donk kita jawab apa? 🙂

  3. asik nih kalo dicoba…. 🙂

  4. lain kali klo beli kopi harus tau dr mana sumbernya..alhamdulillah saya nggak ngopi

  5. Insya Allah dikunjungi

  6. hiiii…
    klo aq ditraktir kopi luwak,
    pasti ku bilang,
    mentah nya aja ya,hehe…
    kan lu tumayan, uangnya bs buat mudik 😉

  7. saya sudah pernah coba tuh..biasa aja rasanya…
    secara keluar dari perut musang dan harganya wuiiihhh..gak lagi deh..hehehe….
    kayaknya paling enak kopi saring tuh..kopi aceh..T O P deh..harganya juga pas buat kantong2 kita…

    ^___^V
    PIiSSS

  8. secret love on said:

    ih aak
    tar minum tu jadi kangker lg
    kantung kering
    ga aja deh

  9. Astaghfirullahal’adziiiim….

  10. kalo dicoba bisa sakit proet loe… kan dari kotoran tuo…^

  11. klo kopi itu ada penyakitnya ga mugkin dong orang2 mau membeli dan meminumnya, mahal lagi… baggalah pada negrimu… wekekekeke

  12. Ujang Deden on said:

    Kotoran dimakan juga ya….hhmmmm…

  13. Mas Sufi Muda….
    Sepertinya banyak yang gak faham tuh dengan hukum kopi luwak. Mbok sampean terangin dikit berdasarkan ilmu Fikih….
    Komentator yang lain juga coba dicari dulu jawaban yang mantap untuk hukum kopi luwak ini sebelum berkomentar atas sesuatu yang kita masih bingung…

  14. Asrul 54ni on said:

    Jdi kesimpulan hukum tentng minum kopi luak gi mana nih, sodara seiman?…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: