AKU

Tasawuf adalah mata air deras yang alirannya menerjang segala keterbatasan dan ketidak tersingkapan hakikat Islam sebagai agama. Sebuah tujuan yang sebenarnya didamba-dambakan dan sangat diharapkan manusia, sebagai mata air untuk mengobati kehausan mengetahui hakikat dan kesejatian Islam sebagai agama. Sesuatu yang sangat mahal dan berharga, tapi semua itu tidak akan pernah bisa didapat, sampai kapanpun. Karena selama ini hakikat dan kesejatian agama telah terdoktrin untuk selalu dipahami dengan ilmu-ilmu dan pengetahuan yang sebenarnya membatasi, menghijab dan membuat Islam itu semakin eksklusif.

Tasawuf bukanlah seperti yang dipahami selama ini, fenomena yang telah terbantu dengan tindakan sebagian umat Islam yang menjadikan tasawuf sebagai sebuah menara gading ibadah, tasawuf hanya murni ibadah, menjauhkna diri dari dunia, larut dalam zikir, hidup dalam kefakiran, keliru, sangat-sangat keliru. Sekalipun tasawuf telah juga dipahami bukan sebagai murni ibadah dan menjauhkan diri dari keduniaan, tetapi sudah modern dan selaras antara kehidupan dunia dan akhirat, namun tindakan dan aksi ini juga masih jauh dari harapan, karena masih ada keterbatasan, masih ada yang ditutupi dan masih ada ketakutan untuk membicarakan hakikat keagamaan Islam. Hal ini disebabkan karena tasawuf masih dipahami secara parsial, masih terpisah sendiri, tidak komprehensif dan integral dan Masih ada ketakutan untuk menyandingkan dan membicarakan tasawuf dengan ilmu-ilmu lainnya seperti ilmu-ilmu exacta, Informasi dan teknologi (IT), Filsafat, perbandingan agama, Cross Culture.

Untuk itulah Sufi Muda hadir , untuk membelah semua lautan keterbatasan dan ketakutan-ketakutan membicarakan tasawuf. Menghadirkan tasawuf dalam wajah baru, wajah tasawuf yang damai, penuh cinta dan kasih sayang, demokratis, moderat, inklusif, toleran dan humanis. Tasawuf yang dapat dipahami dan bersanding dengan semua ilmu pengatahuan baik exact, sosial filsafat dan perbandingan agama. Kami menampilkan wajah tasawuf apa adanya, tanpa ditutup-tutupi, sebagai sejatinya tasawuf yang komprehensif, integral, berkaitan dengan segala ilmu pengetahuan, yang membawa rahmat bagi semesta alam (segala suku, agama, ras, dan golongan), tasawuf yang sesuai dengan tempat dan zaman, tasawuf sebagai solusi terhadap segala permasalahan.

VISI

Menjadikan tasawuf sebagai jantung dan power Islam yang mampu menjawab segala permasalahan umat manusia, tetap eksis dan mampu menjawab segala perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dan segala

Perkembangan zaman dan kebudayaan manusia dalam konteks masa, ruang dan waktu apapun.

MISI

1.        Menulis dan mendiskusikan tasawuf dalam konteks kekinian dan menyebarkannya kepada seluas mungkin khalayak.

2.        Menyuguhkan dan menampilkan tasawuf dalam wajah yang damai, penuh cinta dan kasih sayang, demokratis, moderat, inklusif, toleran dan humanis.

3.        Menampilkan tasawuf yang mampu berbicara dalam semua konteks ilmu pengetahuan dan teknologi, baik exact, sosial, filsafat, Cross Culture and Religion Understanding.

4.        Menyajikan tasawuf secara komprehensif dan integral sebagai ilmu yang mampu menyibak segala hakikat dan kesejatian Islam sebagai agama.

5.        Dengan tasawuf dapat menjadkan Islam sebagai rahmat bagi semesta alam, semua agama, suku , ras dan golongan sesuai tuntutan waktu dan zaman..

Kontak :

Jika ada Kritik dan Saran serta pertanyaan Berhubungan dengan Dunia Tasawuf dan Lainnya silahkan email ke : sufimuda@gmail.com

Pengunjung Sufimuda  dapat berdiskusi online lewat YM,  sufimuda@yahoo.com

Facebook : http://www.facebook.com/sufimuda   email : sufimuda@facebook.com
Twitter : Ikuti Kultwit Sufimuda di Twitter @Sufimuda

168 Tanggapan

  1. ubati hati pada aqalmu, hadir zauq dalam dhamirmu, milikmu Dia.

  2. sahaya hendak meminta, sudikah kiranya diberi izin menukil sebait kata dari laman ini…
    semoga menjadi bijak..

  3. Arti ayat :
    “Dan bahwasanya kepada Tuhanlah kesudahan segala sesuatu”
    (An-Najm 53:42)

    Seruan Allah : Hai hamba!
    “Engkau berhasil mendapatkan segala sesuatu daripada-Ku, maka di manakah kekayaanmu ?
    “Engkau Ku luputkan dari segala sesuatu, maka di mana pulakah kefakiranmu ?”
    “Aku yang melindungi engkau dari api neraka, maka di mana letak ketenangan dirimu ?”
    “Kumenangkan engkau dari surga, maka di mana pula letak kenikmatanmu ?”
    “Hanyalah Aku ketenanganmu, dan di sisiKu kediamanmu, dan di antara kedua tangan-Ku tempat berdirimu andaikan engkau ingin mengetahui”.

    …………….”Akulah kesudahan itu”……………….
    “Dan tiada kebahagiaan tanpa kesudahan itu”.
    “Kuciptakan engkau untuk-Ku …berada di sanding-Ku….. supaya engkau menjadi tatapan pandangan-Ku dan Aku menjadi tujuan pandanganmu”.

    “Aku tidak rela engkau hanya berada dalam kedudukan berdzikir saja, atau ibadah saja, maka Ku-dirikan pintu-pintu dan jalan-jalan, Aku sampaikan engkau agar dapat mencapai untuk melihat-Ku, sebagaimana ayat di bawah ini :

    “Hai manusia, sesungguhnya engkau telah bersusah payah dengan kegiatan kerjamu untuk menuju Tuhanmu, maka pastilah engkau akan menjumpai-Nya”. (Al Inslqaq 84:6)

    Tafsiran dari ,…..kadihun ila rabbika,….adalah kerja giat penuh dengan kesungguhan untuk tujuan menemui-Nya. Tanpa jumpa dengan DIA tiadalah arti keterangan dan kebahagiaan.

    Wss: Mohon ampun beribu maaf kepada yang dimuliakan orang banyak, dan selamat menjalani ramadhan 1432H .

  4. Assalamu’alaikum
    bg sufi muda,saya mahdar ingin mengenal dekat dengan bg sufi muda, yg mau saya tanya kan, apa kah ada pertemuaan pertemuan untuk mengetahui, lebih banyak tentang bg sufimuda atau pun ilmu tentang tasawuf yg dalam.
    sebelum nya saya mahdar minta maaf kalau ada kata kata yg kurang baik

  5. Ass wrwb,insyaalloh sangat bermanfaat,aamiin

  6. Ramuan tasauf ada lah pengertian yg berbeza pandangan,berjalan,berfikir,amalan,dari apa jua innaliilahi wainnahi rojiun..pada hakikat daripada allah kamu dtg kpd allah kamu kmbali..kembali ke rumah allah yakni istana tuhan….rumah batu kah? bukan berhala,ayat kah? tidak mati, rumah itu sifat bagi zat…baramg siapa yg akan bersama aku akan kekal(ukup) kekal mcmana eh?….nyata cahaya nya terang di sebalik persembunyian nya…kehalusan seni nya maha menarik sekali…ibarat sehelai rambut hitam terlantar di atas piring hitam….rambut tengelam raib hanya pabila di raba2 terasa eh eh ada rambut…begitu lah dua sifat menjadi satu…tiada nafi tiada isbat..barang siapa menafikan atau mengisbat hukum nya zindiq {dual} kesah nya shiva kesah nya wisnu dan baharma yg satu yakni ada kuasa merosakan dan yg lagi kuasa membaiki ,faham zindiq…..jadi menyatukan dua itu kpa kuasa allah yg satu maka beriman lah kamu pada qadak dan qadar nya…jika segala nya baik2 belaka maka tak usah lah di suroh beriman…daripada iman jadi kan lah perkara itu tauhid. dan marifatullah yg mana bagi nya sentiasa benar al hak!!…maha suchi allah maha bijak mengator alam maya ini bagi hak nya ……hanya cuma kita sahaja yg daif dan yg kosong berangan2 sentiasa di dlm persangkaan dan anggapan bersalah salahan hidup salah mati salah..mereka menyangka mereka menulis wal hal mereka hanya pena pada si penulis….kefahaman ini amat halus dan luas…aku amat kagum sekali tentang perkembangan ini kesadaran ini wajar di perluas kan sebagai mengekal kan ketulinan nya awalludin marifatuallah pada hak ciptaan nya semoga terperlihara dgn izin allah hendak nya …aku pencinta tuhan!…tahu kah anda siapa tuhan? Telek diri kamu rata2 akan kenal tuhan kamu yg nyata…..maka setelah nyata tuhan mu maka binasa lah diri mu….maka dgn penyaksian ini benar lah shadat tauhid mu tiada tuhan melainkan allah….bagaimana untuk menafikan gelas melainkan (ada) cawan kalau tak kenal.gelas tersebut pasti tidak tahu menilaikan cawan….’payah bagi membuka hijab bagi orang2 yang taksup kerana hijab itu ada lah diri mereka sendiri….terus kan kan menuju kpa allah apa yg di cari pasti jumpa….jangan pula sudah di seru berjumpa tapi tak nampak he he aneh sekali ya, walau apa jua anda hanya di beri kelihatan buih nya bila anda mengambil nya buih jadi air.. buih hilang tetap kpd hak yg hakiki…tiada apa yg special di antara kita semua nya sama ,yang ada ada lah kehidupan,,usah tertipu oleh rupa dan nama sesungguh nya allah memandang kpd hati2 mereka….penguhujung marifat ada lah tajjai zat….anda mencari zat ….firman nya ..’zat ku usah di cari’……bagaimana allah dpt di hijabkan oleh sesuatu sedangkan allah yg menjadi kan segala sesuatu walau sebesar,zara jua…..semoga kalian dpt taufik dan dan hidayat di beri pertunjuk ke jalan ihdinarsiratulmustakin….berguru lah kpd siapa yg anda memohon pertunjuk nescaya anda akan di pimpin kpd jalan yg lebeh terang dan nyata…wasalam…PutraSolo..

  7. tasawuf ga pernah mengajarkan kekerasan seperti yang bang Sufi Muda bilang. ga ada ajaran untuk bom bunuh diri, seperti yang terlihat sekarang ini. menyakiti mat islam aja dilarang oleh Islam, apalagi membunuh sesama Muslim. neraka-lah tempatnya.
    tapi tasawuf bukan jalan yang mengajarkan orang untuk tinggal diam juga dan duduk manis jika ada kezaliman. contohnya, yang dulu memerangi penjajahan di bumi Indonesia ini adalah para guru-guru kita, seperti Syiah Kuala dan lain-lain. sehingga anggapan kalau tasawuf mengajarkan orang untuk tidak peduli, maka itu adalah anggapan salah.
    CMIIW.

  8. tasawuf ga pernah mengajarkan kekerasan seperti, sama seperti yang bang Sufi Muda bilang. ga ada ajaran untuk bom bunuh diri, seperti yang terlihat sekarang ini. menyakiti umat islam aja dilarang oleh Islam, apalagi membunuh sesama Muslim. neraka-lah tempatnya.
    tapi tasawuf bukan jalan yang mengajarkan orang untuk tinggal diam juga dan duduk manis jika ada kezaliman. contohnya, yang dulu memerangi penjajahan di bumi Indonesia ini adalah para guru-guru kita, seperti Syiah Kuala dan lain-lain. sehingga anggapan kalau tasawuf mengajarkan orang untuk tidak peduli, maka itu adalah anggapan salah.
    CMIIW.

  9. Terima kasih tulisan anda sudah saya baca, yang menjadi pertanyaan saya, siapa menurut catatan anda penerus Mursyid yang ke-35?

    Wassalam

  10. Maaf Bang sufi:Saya ini Hanya Tau saya di ciptakan Alloh dan saya harus kembali padanya tidak ke tempat lain Karena Alloh lah tujuan hidup saya,Cara nya untuk kembali pulang cuman Mengerjakan apa yg wajib dan mengerjakan Sunnah menurut kemampuan saya dan selalu membaca Istigfar tdk lebih saya tdk punya jalan lain saya tdk tau itu sufi,ilmu saya ini benar2 bodoh yg saya tau saya harus terus bertobat karena banyak dosa dengan sedikit dosa mungkin hati ini …

    • ya benar semua pasti akan kembali kepada alloh…………..
      ibarat kita pergi ke suatu tempat . kita harus tau tujuan kita……supaya tidak ke sasar………untuk tau jalan pulang……ada 3 hal yang harus di pahami……1 DARI MANA SAYA
      2 SIAPA SAYA
      3MAU KEMANA SAYA……klo 3hal ini bisa di pecah kan……maka selamat lah dunia ahirat…………
      SEBAB YANG DI TERIMA ALLOH. YA ALLOH ITU SENDIRI……PIKIRIN DULU JANGAN DI TELAN MENTAH2……………………WASALAM

  11. Asslmualaikum saudaraku yang di rahmati Allah, bilakah ada berkenan untuk aku belajar kepada gurumu, saya sangat beterimakasih bila anda memberikan kesempatan agar saya bisa bertaubat dengan petunjuk yang benar melalui orang yang di cintai-Nya, dan saya benar-benar membutuhkan bimbingan

  12. menurut faham saya yg awam tasawuf adalah salah satu cara pengenalan kepada tuhan dan beribadat kepadanya, penerimaan terhadap apapun kehendak Allah, memahami bahwa tdk ada yag wujud kecuali Allah, memahami diri kita dan hubungannya dengan Allah, beberapa tingkatan pengetahuan kepada tuhan, seperti bahwa dalam syariat itu muhammad adalah hamba dan tuhan adalah Allah, dalam tarikat muhammad adalah tubuh sedangkan tuhan adalah …, dalam hakikat dan makrifat lain lagi, begitulah sedikit dari yang awam. wallahu a’lam

  13. Coba kunjungi blog saya semoga bisa jadi inspirasi bagaimana jalan menuju “lautan cinta”, Fana, Baqa, hingga Liqa. Dan tidak ada lagi jurang antara sains dan tasawuf.

  14. Byk skali pengrtian” tentng taswf srta aliran”a yg inti,a adl me mebuang sifat” ygmadmumah d ganti dg sfat”yg tpuji dn mensucikan jiwa dr noda” yg menghinggapi,a tuk menghdp kpd Alloh mha sci Tuhan smesta alam, ar mjd hamba,a,

  15. Ass.Sdr-Ku SM, besar harapan saya tanggapan SM tentang tulisan/koment2 yang saya “tuang”kan di Blog ini, bila perlu kritik pun masih mendengar dgn baik, trim’s
    Wass.

  16. asslm.wr.wb.saudaraku.
    Blog anda ini nya sangat bagus,cuma kenapa anda tidak menyebutkan nama anda?
    Salam saya untuk anda,fahmi dari aceh,negeri para aulia seluruh dunia.

  17. Menuntunan ituh terasa kejam
    Bila belum dewasa paham
    Amal ihsan iman islam
    Semangkin keras semangkin dalam
    -
    Terasa keras bila mendalam
    Karena bersaing kepada hodam
    Hodam ejin penyelundup islam
    Bid’ah dolalah melenceng paham
    -
    Tida terasa pengaruh hodam
    Karna ibadah siang dan malam
    Budaya pake pakean islam
    Tetapi esah tiada paham
    -
    Teturut munding istilah awam
    Sepadu amal di dalam islam
    Arti dan maksud tiada paham
    Mao ta mao munapek islam
    -
    Merasa ego bisa memaham
    Menjadi dengki sesama islam
    Ahirnyah selisih di paham
    Hasud dengki menjadi seram
    -
    Adapun ihsan iman dan islam
    Pabila betul dewasa maham
    Alloh bilang rohmatnyah alam
    Bijaksana sesama adam
    -
    Tida nyalain di salah maham
    Tapi beri solusi maham
    Amanat rosul itulah islam
    Ihsan iman ahlaknyah islam
    -
    Jikalau paham ahlaknyah islam
    Iman ihsan turunan adam
    Bertoleran gaul di alam
    Silih selametkan itulah islam
    -
    Bukan simbol mayoritas islam
    Tetapi penyelametan alam
    Iman ihsan luwar dalam
    Seketurunan hawa dan adam
    -
    Dalil :
    • Orang yang menyelametkan ituh orang yang melakukan perbuatan tertinggi tida ada perbuwatan yang lebih tinggi atas tingginyah jasa orang yang menyelametkan.
    • Sesungguhnyah pendiri kelurusan menuju rido Alloh di sisi Alloh yaitulah orang2 menyelametkan sekalipun binatang najis. Umpamanyah :
    Contohnyah : cabol masuk sorga lantaran menyelametkan anjing binatang najis acan2.
    - Sheh Muhamad nawawi masuk sorga lantaran menyelametkan nyawa laler yang kehausan
    - Rosululloh mendapet kehormatan dari Alloh lantaran menyelametkan kehormatan janda2.

    Maka terbanyak penghalang jalan menuju sorga yaituh wanita.
    Wanita ituh memang permata duniya bila dirinyah solihat
    Tapii yaa tapinyah!
    Terusin dewek Alloh daah.
    Julang malu nerusinnyah.
    Banyak penyalah guna islam kah!
    -
    -
    Nyohor sohor Alloh taala
    Manusia menyanjung muja
    Tetapi banyak sebates nama
    Ta kenal ezat tida rumasa
    -
    Wujud ezat wajib ada
    Ada pada tempat tiada
    Tiada iman Alloh tiada
    Ada iman Allohpun ada
    -
    Dari itulah manusia
    Wajib ain sadar jiwa
    Akal sehat punya rumasa
    Manusia ada butuh pencipta
    -
    Ibu dan bapak sebab belaka
    Tanpa sebabpun Alloh mah bisa
    Tercipta adam berserta hawa
    Ta punya ibu ta punya bapa
    -
    Muncul isa ta punya bapa
    Isa hanya punya ema
    Alloh taala amat kuasa
    Empat sumbernyah Alloh pencipta
    -
    Timbul cerita pandawa lima
    Tuntunan demi sadar jiwa
    Kesadaran rajin bertanya
    Bukan sekedar menduga-duga
    -
    Ngandelin duga sering kecewa
    Seperti kenal hanyalah nama
    Semuwah juga bakal kecewa
    Bila tiada punya pembela
    -
    Darilah ituh bertaklid taqwa
    Wajib ain ketiep jiwa
    Bertaklid bukan cara di paksa
    Tetapi taklid terus bertanya
    -
    Bertanya bukan sepadu nanya
    Tetapi nanya esah bertaqwa
    Sehingga ngaji mengkaji raga
    Mengisi islam amalnyah jiwa
    -
    Mengisi batin iman bertaqwa
    Mengisi alam ihsan berjiwa
    Rasa merasa juga rumasa
    Tiada daya tiada upaya

  18. sy mhn dikasi no tilp utk bs mengetahui lbh jauh menjadi sufi

  19. visi dalam tulisan diatas diskusi ga pernah terjadi …anda sering mendelete komen yang kurang sefaham dengan anda dan memberikan argumentasi yang kurang mampu anda jawab (seperti komentar saya dan beberapa saudara saya yang lain) ataukah itu cuma cara agar blog ini terlihat mempunyai banyak pendukung???? wahai yang mengaku sufi. ini jangan didelete lagi….

    • Sayang sekali anda bertamu di sufimuda disaat yang kurang tepat. Andai anda datang 4 atau 3 tahun lalu mungkin saya masih berselera melayani ketidaksukaan anda terhadap tasawuf.
      Akhir 2010 di blog ini saya buat aturan dilarang memberikan komentar yang bersifat caci maki, sara, mengandung pornografi.
      Kalau komentar anda di hapus, pernah anda renungi kenapa? Apa karena saya bodoh tidak bisa menjawab pertanyaan anda yang begitu hebat? Atau cara komentar anda yang kurang baik.
      Kata2 “sering menghapus” itu juga tidak tepat karena saya jarang menghapus komentar, mungkin 1 atau 2 yg kebetulan itu punya anda atau kawan anda yg memang belum memenuhi standar.
      Sebagai ilustrasi, kalau orang lamar kerja disebuah perusahaan atau instansi pemerintah apa semua diterima? Tentu tidak, kenapa banyak yg ditolak karena tidak memenuhi kriteria yg ditetapkan.
      Kenapa saya buat nama sufimuda karena memang saya tidak ada niat terkenal dan mencari keuntungan di blog ini. Siapapun pengamal tasawuf diseluruh dunia mereka adalah sufimuda mungkin juga termasuk anda.
      Blog ini dibuat sebagai media silaturahmi para pengamal tarekat dan isi blog ini hanya bisa dipahami dengan benar oleh orang yang telah menjalani.
      Tidak hanya blog ini yang menyaring komentar, blog lain juga begitu. Coba anda kasih komentar negatif ke sufinews.com, sufiroad.blogspot.com atau yg lain pasti komentar anda tidak muncul karena mereka tidak ingin menerima terlalu banyak energi negatif.
      Kenapa saya pribadi tidak terlalu melayani debat tentang tasawuf karena saya menyadari perdebatan itu tidak bermanfaat sama sekali.
      Imam syafii berkata kalau engkau menjumpai ada orang yg menjawab semua pertanyaan yg diajukan maka yakinlah itu adalah orang bodoh.
      Imam malik diajukan 50 pertanyaan tentang agama, beliau hanya menjawab 10 pertanyaan selebihnya Beliau menjawab dengan “Saya tidak tahu”.
      Saya ucapkan terima kasih sudah silaturahmi kesini, mudah2an mendapat berkah dari Allah swt.
      Demikia

  20. aamiin,,,

  21. Semoga semua mendapat Ridho Nya….Sebagaimana kita Ridho……

  22. Buat Saudaraku Yang Seiman, janganlah kita saling mengkafirkan saudara2 kita yang seiman karena hal perbedaaan Imam, Tidakkah kalian ingat bahwa manusia diciptakan dari setetes air hina (mani),itu supaya kita (manusia) berpikir bahwa kita semua itu hina di hadapan allah, kita berkumpul di blog ini buat silaturrahim dan sharing bukan untuk saling menghujat dan saling mengkafirkan satu sama lain, jikalau ada tulisan di blog ini yang tidak sesuai dengan hati dan pikiran saudara, tolong jangan komentar yang isinya menghujat, menghina atau mengkafirkan biarlah itu semua menjadi urusan allah,. kita disini hanya melakukan yang terbaik dengan melaksanakan semua perintahnya dan menjauhi semua larangannya…..Oh ya satu lagi kalian semua yang ada di blog ini tujuannya kan cuman satu yaitu mencari Ridha allah, caranya sangat mudah kok, berbaktilah kepada kedua orang tua anda, layanilah mereka dengan sabar dan keihlasan jangan biarkan mereka bersedih buatlah mereka bahagia atas apa yang kamu lakukan karena dengan begitulah kunci keridhaan Allah kepada kalian semua…..Semoga apa yang kita lakukan hari ini dan hari hari yang akan datang selalu mendapat ridha Allah SWT…..Amin….Wassalam.

  23. Sungguh orang yg meyakini bahwa kekuasaan Alloh itu tidak ada batasnya adlh salah. Orang yg meyakini rahmat Alloh tiada batas adalah syirik. Meyakini ampunan Alloh tdk ada batas juga keliru. Bagiku kekuasaan Alloh ada batasnya, Rahmat dan ampunannya juga ada batasnya. Lalu apa dan siapa yg mampu membatasi kekuasaan Alloh?Renungkan, jgn terlalu dini mengkafirkan seseorang, siapa tahu org yg anda anggap kafir dia lebih dlm pemahamannya tentang gusti Alloh

  24. wah keren, yang tua boleh masuk nggak ? katanya sufimuda

  25. Apapun penjelasannya,apapun metodenya,siapapun yang menjelaskan, BLOG ini dan SEMUA ISINYA adalah SESAT dan JAUH dari Al-Qur’an dan As-sunnah…bagi yang awam dan minim pemahaman agamanya,harap berhati-hati,bisa jadi dalil2 yang disampaikan benar,tapi cara pemahamannya yang tidak benar,sebab dalam penyampaian setiap hadits,sanad dan riyawatnya harus jelas sampai ke akar2nya,baru bisa dikatakan hadits itu shohih,do’if,dsb.

    • Ada sebuah pepatah : “Kalau Kail Panjang Sejengkal Jangan Laut Hendak di Duga”.
      Pepatah di atas bukan hadist jadi jangan repot2 meneliti sanadnya. :)

    • “Apapun penjelasannya,apapun metodenya,siapapun yang menjelaskan, BLOG ini dan SEMUA ISINYA adalah SESAT dan JAUH dari Al-Qur’an dan As-sunnah.”

      Orang bodoh pun paham kalau jenis pernyataan di atas tergolong orang yang dungu dan tidak mempunyai ilmu sama sekali, lebih parah lagi pikirannya tertutup.

      Nasehat Nabi, “Kalau berjumpa dgn orang bodoh maka ucapkan yang dia pahami atau beri dia makan”.

      Saya cuma nanya ke anda, “udah makan?” :)

    • Isi dari blog ini adalah untuk orang yg sedang belajar hakikat (intisari dari islam). orang2 yg baru mengerti kulit luar agama (syariat) saja lebih baik diam. Banyak orang spt anda dulunya, lalu diberi pemahaman oleh Allah SWT, kemudian mereka berkata “sungguh aku dulu adalah termasuk kedalam orang2 yg dungu”. Tapi bila anda tidak mau berdoa dan memohon pertolongan Allah SWT utk memahami ilmu ini, renungkanlah… “kita tidak akan hidup 2 kali”
      Wallahua’lam bishshowab…

      • gakperlu terganggu dengan yg seperti itu bang rico dan bang SM. ntar kalo diladeni malah makin ngelunjak tu orang,biarin aja

  26. Al Qur’an Surah Al Kahfi ayat -28 :
    Wasbir nafsaka ma’al lazina yad’una rabbahum bil ghadati wal ‘asyiyyi yuriduna wajhahu wa la ta’du ‘ainaka’anhum, turidu zinatal hayatiddun-ya wa la tuti’ man aghfalna qalbahu ‘an zikrina wattaba’a hawahu wa kana amruhu furuta(n).

    Dan bersabarlah bersama orang-orang yang menyeru Tuhannya diwaktu pagi dan senja mengharapkan keridhaan-Nya. Dan janganlah engkau palingkan pandangan engkau dari mereka karena mengharap perhiasan (kemewahan) hidup dunia. Dan jangan kamu turuti orang-orang yang hatinya telah lalai (kosong) dari dzikir kepada Allah dan mereka mengikuti hawa nafsunya dan tingkah lakunya sudah melanggar batas.

    Al Qur’an Surah Al Baqarah ayat 208 :
    Ya ayyuhalladzi na’amanudz khulu fis shilmi kaffah, wala tattabi’u khutuwattishaitthon innahu lakhum ‘adhuwum mubbin.

    Hai orang-orang yang beriman, masuklah kamu ke dalam Islam secara menyeluruh dan janganlah kamu turuti langkah-langkah syaithan. Sesungguhnya syaithan itu musuh yang nyata bagimu.

    Al Qur’an Surah Al Israa ayat 72 :
    Waman kaana fi hazihi a’ma fahuwa fil ‘akhirati a’ma wa adallu sabila.

    Dan barang siapa yang buta (hatinya) didubnia ini, niscaya di akhirat (nanti) ia akan lebih buta (pula) dan lebih tersesat dari jalan (yang benar).

  27. Memang,tujuan saya untuk mengingatkan yang awam dan yang belum mengerti,supaya tidak terjerumus.

    • Ahlussunnah benar, Tasawuf dan tarekat itu adalah ilmu sesat dan menyesatkan…

      Sesat dan menyesatkan bagi syaitan. Karena akan semakin sempit ruang gerak nya untuk menggoda Bani Adam, karena syaitan tak ada kuasa bagi Hamba Allah yang ikhlas.

      Mungkin begitu maksud anda, alhussunnah..

  28. Ass.
    Manusia “awam” jelas tidak akan “ngerti/paham” menerima Al Qur’an dengan hanya mempelajari buku-buku,kitab-kitab atau bahasa arab saja,atau hukum-hukum fikih atau syara’ yang hanya dapat mengatur cara hidup dan cara beribadah, secara zahir semata-mata, Oleh karena itu Al Qur’an di jadikan Allah sebagai ‘Nur’ ,..maka hanya dengan Nur Illahi sahajalah kita dapat sampai kepada Al Qur’an .
    Ibarat dengan matahari yang boleh “sampai” kepada matahari melain kan cahayanya sendiri.

    Qur’an yang dibaca oleh orang awam dengan mata kepala merupa kan kulit-nya saja, yang intinya jauh tersembunyi dan tersirat disebalik apa yang tersurat, Inti Al Qur’an (yang) inilah tidak dapat dicuri atau di sentuh oleh , orang-orang kafir,orang-orang musyrik dan yang “belum” disucikan sesuai dengan Firman Allah SWT; Suraah Al Waqiah ayat 77-81 :
    Sesungguhnya Al Qur’an ini adalah bacaan yang sangat mulia, dalam kitab yang terpelihara, tidak menyentuhnya kecuali orang-orang yang di sucikan, Diturunkan dari Tuhan Semesta Alam. Maka apakah kamu menganggap remeh sahaja Al Qur’an ini ?

    Bagaimana ? apakah SaudaraKu sebagai orang beriman tidak ingin membersihkan diri ? yang tentunya bukan tubuh anda, jika membersihkan itu tubuh atau jasmani anda cukup “memakai sabun” Tetapi yang dimaksud membersihkan itu, adalah ruh atau rohani anda.

    Al Qur’an Suraah A’laa ayat 14,15 :
    Sesungguhnya beruntung orang yang membersihkan diri, dan dia berdzikir menyebut nama Allah, lalu dia sembahyang.
    Al Qur’an Surah Al Israa ayat 72 :
    Dan barang siapa yang buta (hatinya) didunia ini, niscaya diakhirat (nanti) ia akan lebih buta (pula) dan lebih tersesat dari jalan (yang benar).

    Semoga menjadi renungan buat kita semua, terutama bagi orang yang berada disebalik nama ahlussunnah.
    Wass.

    • ruh tu suci,p bs d sucikan,.
      kw blng tntng rohani, p definisinya.,
      bukankah umt islm tu bribadah dan sholt, knp kw mncntumkan kt sembahyang,.
      mnusia hx sbgai tmpt,ta’ dpt mnjlani apa pun,
      al qolbu slim al aklu slim wadhohiru slim (al mukmin)

  29. Assalamualikum, saya hanya mau bilang Almarhum orang tua saya pengamal dzikir hati …………aduhai indahnya kepergian beliau berpulang ke rahmatullah ………..(pandangan mata zahir saya yg awam tasawuf)…….Maka itu saya pun ingin menyelami dunia ini ……..!!! saya bukan sufi atau belum sufi tapi insyaallah jika ridho allah saya diperkenankan!!!

  30. Bagimumat Islam,yang tidak tahu banyak tentang ilmu theology,ilmu ketuhanan, perlu mereka catat,catat dalam hati, yang membedakan mereka dengan pengamal tarekat, golongan ini,mempunyai guru murshid,guru yang membimbing rohani mereka, guru yang mentarbiyah,guru yang mempunyai wasilah, perhubungan alam rohani sampai ke titik akhir, Nabi Muhammad s.a.w,Guru-guru ini memberi wirid,zikir, yang perlu dihabiskan dalam tempoh tertentu, bagi pengamal tarekat naqsanbadi(maaf jika silap), paling menimal dalam tempoh dua puluh empat jam, mereka perlu berzikir laillahaillah sebanyak 16,000 kali dalam satu hari, bagi pengamal tarikat abjad,paling minimal mereka perlu berzikir subhanawlah, walham dullillah allah hu akbar, cuma 547 kali dalam satu hari selama empat puluh hari selepas itu, mereka perlu membaca qulhuawallah u ahad 1,000 kali dalam satu hari dalam tempoh 40 hari, selepas perlu membaca surah al waqiah 25 kali dalam tempoh 24 jam selama tujuh hari berturut-turut, sekian untuk sementara

  31. barakallah lakum

  32. manusia ta’ kan dpt mrs knkmtan jk seorg trsbt ta’ mncpai kma’rifatn,.
    dpt kah d jlskn dg kt trsbt.,

  33. Panjang-panjang kalian berdebat di atas mengedepankan hawa nafsu tanpa rabithah dan menghadirkan Allah Ta’ala dalam sanubari. Nabi tida begitu, dia senantiasa “bermauidhzatin hasanah dan wa jaadilhum billati hiyaa ahsan”. Ingat saudara-saudaraku: “Jika engkau ada, AKU tiada”
    Salam. AMKA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 13.014 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: