MURSYID

Dalam setiap aktivitas rintangan itu akan selalu ada. Hal ini dikarenakan Tuhan menciptakan syetan tidak lain hanya untuk menggoda dan menghalangi setiap aktivitas manusia. Tidak hanya terhadap aktivitas yang mengarah kepada kebaikan, bahkan terhadap aktivitas yang sudah jelas mengarah menuju kejahatan pun, syetan masih juga ingin lebih menyesatkan.

Pada dasarnya kita diciptakan oleh Tuhan hanya untuk beribadah dan mencari ridla dari-Nya. Karena itu kita harus berusaha untuk berjalan sesuai dengan kehendak atau syari’at yang telah ditentukan. Hanya saja keberadaan syetan yang selalu memusuhi kita, membuat pengertian dan pelaksanaan kita terkadang tidak sesuai dengan kebenaran.

Dengan demikian, kebutuhan kita untuk mencari seorang pembimbing merupakan hal yang essensial. Karena dengan bimbingan orang tersebut, kita harapkan akan bisa menetralisir setiap perbuatan yang mengarah kepada kesesatan sehingga bisa mengantar kita pada tujuan.

Thariqah
Thariqah adalah jalan. Maksudnya, salah satu jalan menuju ridla Allah atau salah satu jalan menuju wushul (sampai pada Tuhan). Dalam istilah lain orang sering juga menyebutnya dengan ilmu haqiqat. Jadi, thariqah merupakan sebuah aliran ajaran dalam pendekatan terhadap Tuhan. Rutinitas yang ditekankan dalam ajaran ini adalah memperbanyak dzikir terhadap Allah.

Dalam thariqat, kebanyakan orang yang terjun ke sana adalah orang-orang yang bisa dibilang sudah mencapai usia tua. Itu dikarenakan tuntutan atau pelajaran yang disampaikan adalah pengetahuan pokok atau inti yang berkaitan langsung dengan Tuhan dan aktifitas hati yang tidak banyak membutuhkan pengembangan analisa. Hal ini sesuai dengan keadaan seorang yang sudah berusia tua yang biasanya kurang ada respon dalam pengembangan analisa. Meskipun demikian, tidak berarti thariqah hanya boleh dijalankan oleh orang-orang tua saja.

Lewat thariqah ini orang berharap bisa selalu mendapat ridla dari Allah, atau bahkan bisa sampai derajat wushul. Meskipun sebenarnya thariqah bukanlah jalan satu-satunya.

Wushul
Wushul adalah derajat tertinggi atau tujuan utama dalam ber-thariqah. Untuk mencapai derajat wushul (sampai pada Tuhan), orang bisa mencoba lewat bermacam-macam jalan. Jadi, orang bisa sampai ke derajat tersebut tidak hanya lewat satu jalan. Hanya saja kebanyakan orang menganggap thariqah adalah satu-satunya jalan atau bahkan jalan pintas menuju wushul.

Seperti halnya thariqah, ibadah lain juga bisa mengantar sampai ke derajat wushul. Ada dua ibadah yang syetan sangat sungguh-sungguh dalam usaha menggagalkan atau menggoda, yaitu shalat dan dzikir. Hal ini dikarenakan shalat dan dzikir merupkan dua ibadah yang besar kemungkinannya bisa diharapkan akan membawa keselamatan atau bahkan mencapai derajat wushul. Sehingga didalam shalat dan dzikir orang akan merasakan kesulitan untuk dapat selalu mengingat Tuhan.

Dalam sebuah cerita, Imam Hanafi didatangi seorang yang sedang kehilangan barang. Oleh Imam Hanafi orang tersebut disuruh shalat sepanjang malam sehingga akan menemukan barangnya. Namun ketika baru setengah malam menjalankan shalat, syetan mengingatkan/mengembalikan barangnya yang hilang sambil membisikkan agar tidak melanjutkan shalatnya. Namun oleh Imam Hanafi orang tersebut tetap disuruh untuk melanjutkan shalatnya.

Seperti halnya shalat, dzikir adalah salah satu ibadah yang untuk mencapai hasil maksimal harus melewati jalur yang penuh godaan syetan. Dzikir dalam ilmu haqiqat atau thariqat, adalah mengingat atau menghadirkan Tuhan dalam hati. Sementara Tuhan adalah dzat yang tidak bisa diindera dan juga tiak ada yang menyerupai. Sehingga tidak boleh bagi kita untuk membayangkan keberadaan Tuhan dengan disamakan sesuatu. Maka dalam hal ini besar kemungkinan kita terpengaruh dan tergoda oleh syetan, mengingat kita adalah orang yang awam dalam bidang ini (ilmu haqiqat) dan masih jauh dari standar.

Karena itu, untuk selalu bisa berjalan sesuai ajaran agama, menjaga kebenaran maupun terhindar dari kesalahan pengertian, kita harus mempunyai seorang guru. Karena tanpa seorang guru, syetanlah yang akan membimbing kita. Yang paling dikhawatirkan adalah kesalahan yang berdampak pada aqidah.

Mursyid
Mursyid adalah seorang guru pembimbing dalam ilmu haqiqat atau ilmu thariqat. Mengingat pembahasan dalam ilmu haqiqat atau ilmu thariqat adalah tentang Tuhan yang merupakan dzat yang tidak bisa diindera, dan rutinitas thariqah adalah dzikir yang sangat dibenci syetan. Maka untuk menjaga kebenaran, kita perlu bimbingan seorang mursyid untuk mengarahkannya. Sebab penerapan Asma’ Allah atau pelaksanaan dzikir yang tidak sesuai bisa membahayakan secara ruhani maupun mental, baik terhadap pribadi yang bersangkutan maupun terhadap masyarakat sekitar. Bahkan bisa dikhawatirkan salah dalam beraqidah.

Seorang mursyid inilah yang akan membimbing kita untuk mengarahkannya pada bentuk pelaksanaan yang benar. Hanya saja bentuk ajaran dari masing-masing mursyid yang disampaikan pada kita berbeda-beda, tergantung aliran thariqah-nya. Namun pada dasarnya pelajaran dan tujuan yang diajarkannya adalah sama, yaitu al-wushul ila-Allah.

Melihat begitu pentingnya peranan mursyid, maka tidak diragukan lagi tinggi derajat maupun kemampuan dan pengetahuan yang telah dicapai oleh mursyid tersebut. Karena ketika seorang mursyid memberi jalan keluar kepada muridnya dalam menghadapi kemungkinan godaan syetan, berarti beliau telah lolos dari perangkap syetan. Dan ketika beliau membina muridnya untuk mencapai derajat wushul, berarti beliau telah mencapai derajat tersebut. Paling tidak, seorang mursyid adalah orang yang tidak diragukan lagi kemampuan maupuan pengetahuannya.

Sumber : http://www.sufinews.com

563 Tanggapan

  1. Ass.Sdr.Edwin Engelen.
    Maaf,.. Mungkin Bg.Sufi Muda sedang sibuk,.. Sdr.Edwin Eng, setahu saya ilmu tarekat (itu) bukan ilmu klenik dan dan bukan ilmu bathin (maaf, yg populer “dilakoni” oleh salah satu suku di negeri ini).
    Saran saya, terus-lah Saudara mbaca artikel di blog (ini) tau mbaca buku yg diterbitkan Bg.Sufi Muda (ini). Insya Allah sodara dapat memahami lebih banyak baik ttg Mursyid maupun Ilmu Tarekat.

    Mursyid itu sebenarnya Guru Rohani, Yg dapat mengantar Anda kehaderat Allah.
    Dan Mursyid (itu) tidak segampang mencari seorang seorang dosen.
    (disini) diperlukan hidayah Allah untuk “betemu” dgn seorang Mursyid Kamil Mukamil.
    sMOGA Allah memberi petunjuk dan hidayahNYA kepada Sdr.E’en Arif Fattah.
    Wass.

    • Utk saat ini siapa mursyid yg kamil mukamil itu pak?

    • Assalamu alaikum sdr Sufi muda.

      “Sampaikan saja salamku sama Mursyid sdr KH. Khairuddin Yahya”

      Sdr. Ruslianto…. lainkali jika sdr mengucapkan salam, apalah susahnya jika dilengkapi, bukan “ass”… Tau kan apa artinya dlm kamus bhs inggris,

      Salam Santun.

      E’en Arif Fattah.
      ——————–
      Nur Adz Dzikra.

  2. assalamu’alaikum
    mohon bantuannya, saya ingin mencari mursyid agar dapat membimbing saya. saya dari Lembang Jawa Barat

    • bpk bagus harus masuk tarekat dulu baru nanti mengetahui keberadaan mursyid serta mengetahui sholat yg khusuk itu bagaimana

      • tulisan saya yg di atas cuma iseng, buat menempuh jalan yg anda sebutkan saya masih jauh untuk belajarhal tersebut

    • Assalaamu’alaikum
      Sudahkah saat ini menemukan Mursyid yang Mas Bagus cari…?? Mudah2n Alloh menunjukkannya… bila kah masih dalam pencarian fa insya’alloh Waliyya Mursyida ada di Indonesia…
      Wassalamu’alaikum

  3. berdoa lah kita selalu untuk terhindar dari godaan syaitan yang terkutuk

  4. Salam

    Mohon maaf, saya numpang bertanya..
    Kiranya berkenan untuk dijawab oleh saudaraku sufi muda.
    Yang saudara Maksud dengan Maha Guru ke 36 itu siapa?
    Mohon dijelaskan, saya agak kurang mengerti..

    Terima kasih..

    Salam

    • Ass.
      Maaf,..menurut hemat saya, pertanyaan “klasik” Sdr.Amka tak-lah perlu dijawab oleh Bg.SM, dikuatirkan timbul polemic baru,.. Bagaimanapun keberadaan ke-36 (tentu) berhasrat meneruskan apa-apa yg dicanangkan oleh Sang Maestro ke-35 (itu).

      Lho Kok pertanyaannya tidak ditujukan kpd yg ke-34 apakah ada hubungan darah dgn yg ke-33,.. ?? Lalu yg ke-32 apakah pernah bertemu (muka) dgn yg ke-31 ?? Dan yg 30 pernah di-bai’at oleh yg ke-29..?? Yg penting Sdr.Amka dah ber-dzikir dgn metode Tariqat ?? apakah Mursyid Anda Kamil Mukamil ?

      Ohyaa,..dan Guru saya pernah berfatwa; kpd murid-murid nya agar melakukan “uji coba” Apakah Sdr.Amka pernah melakukan uji coba ??
      sMoga Yang Allah memberi petunjuk kpd Anda, dan terhindar dari was-was syaitan. serta mari kita rapatkan barisan untuk saling menguatkan bagi pengamal Tariqat.
      Wass.

      • Siapa yang membawa Nama Besar The Greatest Sufi Master 35th…YPDKY..!

      • Tak prlunya uji cba itu..seolah krg yakin sjanya kta..trlalu dangkal klo hrs bruji cba…solah ckup hnya ‘ainul yaqin sja..KITA HNYA….LAA HAULA WA LAA QUWWATA ILAA BIL LLAAH…yg brhaq…sngat…sngat…sngat brhaq..hnya AYAHANDA GURU..! Jaga Adab kta…!

  5. terima kasih Ya ALLAH E ngkau telah menunjuk hambaMU menjadi dokter ruhani bagi hambaMU yang menginginkan nurani yang sehat untuk berjumpa dengan ridhaMU

  6. apakah dengan mengingat mursyid saat zikir atau ibadah tidak tergolong musryik krn kita memohon bantuan mursyid utk segala hal

  7. Saya kurang paham mslh agama,hanya ingin bertanya,siapa saat ini mursyid yg kamil mukamil itu pak?

  8. Rasullullah bersabda : Adakanlah, jadikanlah!) dirimu itu beserta Allah jika engkau(belum bisa) menjadikan dirimu beserta Allah. maka adakanlah (jadikanlah!) beserta orang-orang yang beserta Allah, maka sesungguhnya, (orang itulah) yang menghubungkan engkau kepada Allah, (yaitu Rohaninya). (HR. Abu Daud).

    An nur 35 : Allah memberi cahayanya kepada siapa saja yg dikehendaki

    Al maidah 35 : dan carilah wasilah untuk mendekatkan diri pada nya(allah)

    Umar bin khatab pernah berwasilah kepada paman nabi, kenapa tidak kpd nabi saja ?
    Karena berwasilah kpd nabi sudah biasa dilakukan, dan menguatkan bahwa berwasilah kepada selain nabi sangat diperbolehkan,

    Sesuatu yg tidak dibahas oleh Allah hukumnya boleh
    Baca twitter @badan halal nu
    Info: nadhatul ulama

  9. Seorang sahabat pernah bertanya kpd nabi: siapakah para wali allah itu
    Rasul bersabda : para wali itu ialah orang orang yg apabila disebut nama mereka, nama allah juga disebut

    Inilah landasan utk berwasilah
    Bukan berarti menyembah para wali.
    Karena kita juga butuh backing utk menyembah allah, karena backing itu tadi doanya tekabul dan pangkatnya kekasih allah
    Baca surat yunus 62-65 (dibaca semua ya !)

  10. assalamu’alaikum. Ikhwan bisa minta alamat atau nmr HP ada yang mau saya tanyakan

  11. wahai saudara ku, pelajarilah Agama Allah Islam melalui ilmu ,,

  12. Tuan..jln lah ke jl.p.komaruddin cakung warteg barokah no.36. Kita sharing..ttg mursyd..

    • after reading your post, I feel more brnghteied up. currently I’m so sad and pretty messed up. thank you kak diana for writing such an inspirational post.

  13. Ass wr wb…Bismillahirrahmanirrahim.. illa anta maksudi wa ridho qomadlubi… saya adalah murid dari Guru Mursyd saya.. Yang Mulia dan Dimuliakan Allah.. Ayahanda Guru Mursyd Saidi Syech H. Ghozali An An Naqsabandi. silsilah ke 36. Guru Besar Pesantren Persulukan Thariqah Naqsabandiah Yayasan Jabal Qubis Tanjung Morawa Medan Sumut…yg juga termasuk dalam JATMI …

    Saya sampaikan kepada seluruh Ikhwan Ikhwan semua yg berminat belajar dan mencari Guru Mursyd yg bersilsilah dgn Rasulullah Nabi Muhammad Saw…agar membuka web… http://Www.jabalqubis.org atau thariqah Nasandyiah yayasan jabal qubis.

    Tuan tuan sekalian .. ada di 21 propinsi di Repubik Indonesia.

    Hati hatilah mencari Guru Mursyd.. apalagi menawarkan mendapatkan kesaktian atau pengobatan.. itulah sesat.

    HHati

    • beriknlah kbenran kpda umat, krena yg anda brikan itu cman mngada ada, ahli silsilah yg ke 35 itu cman YMM. prof.Dr.H Kadirun Yahya…dn bsa d bktikan kbenaranx…slam satu tiga…mkasih…

      • Bapak Roy Satu Tiga Yth,
        Jgnlah terlalu cepat anda katakan mengada-ada kepada seseorang yang belum anda selidiki kebenarannya. Apakah anda yakin jika di dunia ini hanya YM. SS.Kadirun Yahya saja yg silisilah ke 35. Apakah beliau (YM.SS.Kadirun Yahya) pernah mengatakan jika hanya beliau silsilah ke 35? Mungkin dari silsilahnya beliau, ya. Ibarat akar pohon yang menjalar kemana-mana, namun tetaplah dari pohon yang satu. Seorang Mursyid bisa saja mengangkat muridnya sebagai Mursyid lebih dari 1 sbg penerus sesuai dgn kemampuannya. mungkin juga tdk seorangpun dari murid sang guru yang mampu menjadi Mursyid.

        Jika boleh saya bertanya siapakah sekarang pewaris penerus (silsilah ke 36) yang Haq setelah YM.SS Kadirun Yahya berlindung?

        Disini kita bukan mencari perbedaan dan mempermalasahkannya. Tugas utama kita tetap istiqamah berpegang dan menjalankan amanah guru Mursyid kita masing-masing. Karena bagaimanapun juga merekalah nanti yang akan menjadi saksi dan mempertanggungjawabkan amalan kita.

        Maaf jika komentar ini salah dan kurang berkenan, karena maklumlah saya hanyalah seorang hamba yang hina yang baru mau belajar beriman.

        Wassalam

  14. Ass. Wr wb.
    Maaf sebelumnya. Saya lihat silsilah ke 35 di link yg anda berikan bukan yang seharusnya .
    Dimana yg seharusnya adalah YMM Prof.DR. H. Kadirun Yahya .
    Apakah saya yg salah melihat ataukah anda yg salah mendapatkan silsilah yg benar dan seharusnya .

    wass.wr.wb

  15. assalamu’alaikum…
    apakah jadi seorang mursid itu dibayar..??? atau bisa gratis belajar ilmu padanya…???? klo ada mursid yg ikhlas tidak meminta (mengharapkan) upah…dimana mursid tersebut berada..???? tolong dong klo ada yg tau dimana alamat suraunya..???

  16. ibarat membuang bangkai gajah klo dibuangnya ke parit kecil maka busuknyapun akan menyebar kemana2,karna kapasitas parit takkan sanggup menetralisir bangkai tsbt,hanya lautan luaslah yg mampu menampung dan menetralisir bangkai td,begitu jg dg mursyid,hanya yg kutub lah yg bs menghantar ruhani kt ke hadirat Alla swt

  17. Biarlah hanya Rasulullah Muhammad SAW menjadi mursyid dan penyaksi bagi kami dalam jalan cinta ini. Allahumma shalli ‘ala Sayyidina wa Habibinaa Muhammad wa ‘ala alihi wa shahbihi ajma’in

  18. Thariqoh qadiniyah an naqsyabaniyah.
    Urutan mursyid prtama yaitu alloh SWT, yg ke dua malaikat djibril kmudian trun ke nabi muhamad SAW kmdian ke 4 syayidina Ali kmudian trus brturun smapi ke urutan 19 yaitu syekh abdul qadir dzaelani, Dan terus brturun smpai ke 36 abdulloh bin nur muhamad ( abah sepuh) kmdian trun 37 shohibul wafa tajil arifin ( abah anom) Dan smpai ke yg sekarang 38 syekh muhamad abdul ghaos saefulloh maslul al qadiri ( abah ghaos). Itu yg saya ketahui Dr guru saya

  19. assalamualaikum..bagaimana caranya untuk membina keyakinan terhadap guru mursyid?

  20. apa akan jadi sekiranya seorang salik berahsia dengan guru mursyidnya

  21. salam….. ingat kita tanggung jawab turunan masing masing??????

  22. salam … memuji boleh ,memuja jangan … kenapa saudara berebut tentang mursyid ,guru, syekh.ataupun lainnya secara berlebihan ingat kita ini satu nabi baginda muhammad saw apakah saudara lupa kepada nabi kita ……karena beliau orang pilihan yg maha kuasa untuk membawa ajaran agama islam kepada kita sekalian tak ad duanya hanya ad satu di muka jagat raya ini manusia yg membawa berita kebenaran yaitu muhammad ……cari olehmu jati dirimu baru kamu tahu makna dari ilmu dan jalan kebenaran yg sejati dan hakiki .jadi mursyid hanya penerus ajaran jangan lupakan itu ,,,,,,, cahari olehmu siapa dirimu yg sebenarnya baru kau kan tahu ap makna dari ajaran kebenaran itu ,,,,,,,, maha benar allah dengan segala firmannya ….maaf .,…

  23. Saat ini… Mursyid sedang dalam Proses Perjuangan Tegaknya kalimat Laa ilaaha ilalloh di muka bumi…

    Kejayaan Nusantara, Kejayaan Islam, Kejayaan Bangsa Indonesia..
    Harta dan jiwa untuk jihad akbar lillah

    Mursyid telah membangkitkan semangat Bangsa Indonesia untuk berjaya, mewujudkan Baldatun Thoyyibah

  24. banyak yang belum memahami mursyid,…. bahwa mursyid itu banyak namun waliyammursida itu yang satu di setiap zaman… mursyid yang banyak itu namanya mursyid yang bermursyid….mursyid mereka ya waliyamursida …..krn saluran dari rasulullah hanya konek pada waliyammursida …..sebagai “the one” and only….

  25. Alhamdulillah banyak yang mengerti pentingnya toriqoh ada juga yang kurang mengerti yang penting ayo sama2 menjalankan ajaran Islam yang sebenarnya… tentang toriqoh menurut saya yang masih hina carilah mursid silsilahnya nyambung ke Rosululloh, selalu mengutamakan kepentingan agama dan negara selalu merasa awam padahal alim tdk prnh menjelekan orang lain bahkan agama lain dll… mohon maaf apabila ada perkataan yang salah atau tdk berkenan maklum saya orang bodoh yang mau ingin dan terus belajar lg tentang ibadah yang baik sehingga dapat menjadi insan yang taqwa, amin.

  26. Assalamualaikum..
    Untuk wilayah jakarta, silahkan berkunjung ke Jatinegara jakarta timur.
    Atau langsung ke http://www.sufinews.com

  27. assalammualaikum semua….sy khairul dr perak…
    ingin mempelajari ilmu tarikat at-tijani di malaysia @ di luar malaysia…
    yg ingin menerima sy dgn ikhlas kerana allahs.w.t
    0175751334 (khairul)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 13.954 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: