Rasulullah

Muhammad SAW

“Wahai seluruh manusia, telah dalang kepadamu sekalian bukti kebenaran dari Tuhanmu (yakni Muhammad), dan telah kami turunkan kepadamu cahaya yang terang benderang (QS 4- 174).

Betapa Muhammad saw. telah menjadi bukti kebenaran. Beliau dilahirkan yatim dan dibesarkan dalam keadaaan miskin. Dia juga tidak pandai membaca dan menulis serta hidup dalam lingkungan yang terkebelakang. Namun demikian, tidak satu pun faktor negatif itu membawa dampak terhadap dirinya.

Bahkan sebaliknya, beliau dinilai oleh banyak ahli dari berbagai disiplin ilmu dan dengan beraneka macam tolok ukur sebagai manusia terbesar sepanjang sejarah kemanusiaan.

Thomas Carlyle dengan tolok ukur “kepahlawanan”, Marcus Dods dengan “keberanian moral”, Nazmi Luke dengan “metode pembuktian ajaran”, Will Durant dengan “hasil karya”, dan Michael H. Hart, dengan “pengaruh yang ditinggalkannya”. Kesemua ahli non-Muslim ini – dan masih banyak lagi lainnya, walaupun dengan tolok ukur yang berbeda beda – berkesimpulan bahwa Muhammad saw. adalah manusia luar biasa. Namun demikian, beliau adalah orang yang sangat sederhana.

Harta Nabi yang paling mewah adalah sepasang alas kaki berwarna kuning yang merupakan hadiah dari Negus dan Abissinia. Beliau tinggal di satu pondok kecil beratapkan jerami”“yang tingginya dapat dijangkau oleh seorang remaja. Kamar kamarnya dipisahkan oleh batang-batang pohon yang direkat dengan lumpur bercampur kapur. Beliau sendiri yang menyalakan api, mengepel lantai, memerah susu, dan menjahit alas kakinya yang putus. Santapannya yang paling mewah – meskipun jarang dinikmatinya – adalah madu, susu, dan lengan kambing. Demikianlah keadaan beliau walaupun setelah menguasai seluruh Jazirah Arabia.

Kelakuannya secara umum tenang dan tenteram. Beliau gagah berani, namun memiliki senyum an yang sangat memikat, bahkan dalam hal-hal tertentu beliau lebih pemalu daripada gadis-gadis pi-ngitan. Kemampuan intelektualnya tidak diragukan, daya imajinasinya sangat tinggi, dan ekspresinya sangat dalam. Beliau dikenal sebagai seniman bahasa di kalangan para sastrawan. Di atas semuanya, peng-abdiannya kepada Tuhan serta keyakinan akan kehadiran-Nya tidak pernah terabaikan.

Demikianlah terkumpul secara sempurna keempat tipe manusia dalam pribadi manusia agung ini: pekerja, pemikir, pengabdi, dan seniman.

Akhlak dan tata cara pergaulannya sangat luhur. Diulurkan tangannya untuk beijabat tangan dan tidak dilepasnya sebelum yang dijabat tangan me-lepaskannya. Beliau tidak pernah mengulurkan kaki di hadapan teman-temanya yang sedang duduk. Beliau beijalan dengan penuh dinamisme, bagaikan “turun dari satu dataran tinggi”. Beliau menoleh”“dengan seluruh badannya, menunjuk dengan seluruh jarinya, berbicara perlahan dengan menggunakan dialek mitra bicaranya sambil sesekali menggigit bibirnya, menggelengkan kepalanya dan menepuk-nepuk dengan jari telunjuk ke telapak tangan kanannya.

Cetusan yang paling buruk dalam percakapannya adalah: “Apa yang terjadi pada orang itu? Semoga Ilahinya berlumuran lumpur.”

Seorang Muslim akan kagum kepada beliau dengan kekaguman berganda. Sekali waktu meman-dangnya dengan kacamata agama dan di lain kali melihatnya dengan kacamata kemanusiaan. Mustahil rasanya, mereka yang mempelajari kehidupan dan karakter manusia ini, hanya sekadar kagum dan hormat kepadanya. Beliau adalah bukti kebenaran dari hakikat Wujud Yang Mahabenar. Semoga rahmat Ilahi selalu tercurah kepada beliau”

Sumber : “Lantera Hati, Kisah dan Hikmah Kehidupan” Karya Quraish Shihab

11 Comments

  • mpmajalengka

    BNI SMS BANKING:29/05/2013 15:33 Trf Rp.30.000 ke 0286070334 an.Sdr T CUT MAMAD telah berhasil. Reff: 926161(sy dah transfer.u 1 buku)
    Powered by Telkomsel BlackBerry®

  • mohammad taufiqur Rohman

    AKu rindu padamu YA Rosulalloh…Begitu juga ku rindu dengan Mursyidku….Tapi apa daya…hamba terlalu kotor tuk dapat berjumpa walau hanya dalam mimpi….Bgmana bang SM supaya diriku mencapai mimpiku…

  • Agung

    Allahumma salli `ala muhammadin wa`ala ali muhammad
    Bliau, Muhammad rasulullah adalah Al Faqir.

    Barakallahu fikum

  • Agung

    Allahumma salli `ala Muhammad wa`ala ali Muhammad.
    Bliau, Muhammad rasulullah adalah Al Faqir.

    Barakallahu fikum

  • Hadi

    Bersihan diri kita dari segala dosa dosa dengan bertaubat dan amal soleh yang sungguh sungguh…Insyaallah….” tidak terpisah yang merindu dengan yang dirindui….

  • sumarto

    Assalammualikum wrwb.

    Alhamdulillah

    Saya sangat bersyukur telah dipertemukan dengan blog SM

    Insya allah sudah 3 bulan lebih saya mengikuti dan membaca tulisan SM

    Ingin rasanya saya memperkenalkan diri kepada saudara SM , mudah-mudahan tersambut jeritah hati ini untuk belajar manapaki kedalam diri tuk berkenalan lebih jauh sehingga terbuka hijab untuk mendekat ke ILLAHI ROBBI.

    Oleh karena itu saya menulis tuk mencari seorang yang bisa membimbing saya.

    Saya haturkan terima kasih

    Saya;

    R sumarto.

    Lahir di singaraja 31 maret 1965.

    Semoga data dan keinginan hati bisa tesambut.’

    Semoga saudara SM selalu sehat dan diberi ilmu sehingga bisa berbagi dengan saudara yang membutuhkan. Amin

    Best Regards,

    R. Sumarto

    Uma Sapna Villa

    Jl. Drupadi 20xx Seminyak Bali

    Ph: +62-0361-736628

    Fax: +62-0361-736629

    Hp: +62-81 236004799

    Email: sumarto@coconuthomes.com

    http://www.umasapna.com

    http://www.coconuthomes.com

    cid:image001.gif@01CAB211.D2673DD0

    • Ruslianto

      Alhamdulillah, saya sarankan kpd Sdr.Sumarto,.. membaca seluruh isi artikel disini,.. sebagai sesama “penyuka” blog ini insya Allah akan merasakan lebih mendalami jalan illahi rabbi, seperti yg saya rasakan, apalagi kelak anda mempunyai Guru Mursyid. mantap-lah, oh yaa yg menyusun blog ini telah menerbitkan sebuah buku, jika anda berkenan ?.
      Wass.

  • Jalaluddin Rumi

    Assalamu’alaikum ya SM. Saya ingin bertanya, tentang kesusahannya saya dalam menjalankan amaliah membuka hijab untuk dapat melihat alam jin, malakut, aulia, dan nurun alan nurin. Adakah cara saya yang keliru, sehingga sulit menghadirkan untuk membukanya. dalam arti membuka seperti membuka pintu rumah kita yang terkunci dan hendak kita masuki.

    • SufiMuda

      Wa’alaikum salam…
      Mursyid akan membimbing kita sesuai dgn kondisi masing2 dan Tuhan lebih mengetahui mana yg paling sesuai atau tidak.
      Tentang Alam gaib, tidak semua orang cocok “berkelanana” kesana. Akan tetapi orang yang dibimbing oleh Guru Mursyid yg Haq pasti rohaninya sampai ke alam Rabbani walaupun mata jasmani tidak melihat keindahan alam tsb.
      Tujuan dalam berguru adalah semata mata hanya mengharapkan Ridha Allah swt.
      Demikian, salam

Tinggalkan Balasan

Eksplorasi konten lain dari Sufi Muda

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca