Motivasi

Potensi Manusia Yang Luar Biasa

Pada suatu hari, seorang anak menangis tersedu-sedu saat pulang dari sekolahnya. Melihat itu, dengan penuh kasih sayang, ibunya mendatangi si bocah. Saat ditanya, apa yang terjadi, si bocah hanya diam saja, sembari tetap mengucurkan air mata. Ia kemudian hanya menyerahkan selembar surat yang menurut gurunya harus diberikan segera pada ibunya.

Sembari masih bertanya-tanya apa yang terjadi, si ibu segera membuka surat itu. Ternyata, surat itu menjawab pertanyaannya. Inilah isi surat itu: “Karena anak Anda terlampau bodoh dan tak mampu memahami pelajaran serta menghambat kemajuan proses pembelajaran di sekolah, demi rasa tanggung jawab kami kepada murid-murid lain, maka kami sangat mengharapkan agar anak Anda secara terhormat menarik diri sendiri dari sekolah.” Rupanya, sebelum diberikan surat itu, si anak sudah diberi tahu oleh gurunya, agar esok hari tidak perlu masuk sekolah lagi. Hal itulah yang membuatnya menangis.

Mendapati kondisi itu, sang ibu tak tinggal diam. Ia berusaha agar si anak bisa sekolah lagi. Namun, karena tetap tak diterima oleh sekolah itu, sang ibu yang juga seorang guru kemudian bertekad: “Kalau sekolah tak mau menerimamu lagi, jangan khawatir, Nak. Aku pun bisa menjadi guru yang baik untukmu…”

Sejak saat itu, si bocah diajari berbagai hal oleh ibunya. Hal itu membuat si bocah berkembang menjadi anak yang punya keingintahuan sangat besar. Ia sering mengadakan berbagai eksperimen hingga akhirnya orangtuanya pun membuatkan laboratorium kecil di rumahnya.

Tumbuh dengan kasih sayang dari orangtuanya, si bocah menjadi makin senang meneliti, apa saja. Dan, karena orangtuanya tak punya cukup uang untuk membiayai kesenangan putranya, si bocah mencoba mandiri. Ia lantas berjualan koran dan permen untuk mencari uang tambahan guna membiayai penelitiannya.

Begitulah, si bocah kecil tumbuh jadi remaja yang sangat percaya diri. Meski berkali-kali gagal dalam eksperimennya, ia tetap terus mencoba dan mencoba lagi. Kasih sayang ibunya membuat ia jadi anak yang punya prinsip dan tidak takut gagal. Bahkan, saat orang lain sudah menyerah saat berkali-kali kurang sukses dengan yang dilakukan, ia terus maju. Dengan pembelajaran dan kasih sayang itulah, si bocah kini dikenal sebagai salah satu ilmuwan yang mampu mengubah dunia. Dialah Thomas Alva Edison.

Kisah ini saya ambil  dari web Andrie Wongso dan cerita di atas memberikan inspirasi dan kesadaran bagi saya bahwa manusia diciptakan Tuhan dengan potensi luar biasa, dengan segala kesempurnaan dan seringkali tidak kita sadari. Apa yang menjadi kekurangan dalam pandangan kita atau pandangan orang lain bisa jadi itu merupakan kelebihan dan bonus luar biasa diberikan Tuhan untuk kita, tinggal bagaimana kita menafaatkannya. Saya yakin anda tidak menjalani hidup dari penilaian orang lain apalagi penilaian yang negatif, termasuk keyakinan yang anda jalani saat ini. Hidup anda akan bermakna ketika anda memberikan makna dalam hidup anda sendiri. Apapun penilaian orang terhadap anda, tetaplah berjalan dengan keyakinan yang anda miliki, tebarkan kebaikan kepada semua dan dimana saja dan yakinlah Tuhan akan selalu beserta orang-orang yang berbuat baik.

Semoga cerita di atas bisa memberikan semangat untuk kita semua dalam mengaruhi hidup yang serba tidak pasti ini.

10 Comments

  • afifcc

    menarik sekali…tidak sedikit orang yang terlalu pesimis tentang potensi diri mereka sehingga tidak dapat melihat dengan jelas apa yang mereka miliki. Keep posting kisah-kisah inspiratifnya ya.

    saya afifi, seorang career coach, senang menjadi follower blog anda. kunjungi blog saya, dan dapatkan pula artikel-artikel yang inspiratif dan bermanfaat, Salam SucccessCareer (ACC)

  • Ruslianto

    Pandangan logika adakalanya sebagai “pemicu” gairah untuk menemuiNYA
    sedangkan kegagalan adalah latihan “sabar” agar tetap tegar dan istiqomah dalam “ujianNYA”,….
    Eh,..tak terasa tau-tau sudah jadi Sarjana (kata-kata terakhir ini pernah saya dengar “fatwa” Ayahanda Guru).

  • Ruslianto

    Manusia berpotensi Luar Biasa adalah Manusia yang mendapat WASILAH dari Allah SWT.
    Tidak pelak lagi Rasulullah SAW-lah yang merupakah manusia satu-satunya, yang terjamin beriman, yang terjamin bertakwa, yang terjamin telah menemukan Wasilah dan memanfaatkannya. yang telah sungguh-sungguh beramal di atasnya dan yang akhirnya telah mendapat kemenangan.

  • atikahyus

    Saya amat minat dan tertarik dengan kisah nabi muhammad s.a.w dan membuat saya tenang dan tabah dalam menghadapi ujian Allah di alam ini…….

  • Ruslianto

    Ketika itu,…Ali bin Abi Thalib r.a berkata; “Pada Perang Badar tidak satupun diantara Kami yang memiliki kuda, kecuali al-Miqdadi,……. sedangkan berita yang diterima kaum Quraiys memiliki pasukan berkuda llebih dari duaratusan jumlahnya. Dan sungguh aku tidak melihat diri kami dan orang lainnya (yang bersama dengan kami) saat itu kecuali mereka terlelap tidur, kecuali………….. Rasulullah Saw yang tengah sholat di bawah pohon dan Beliau menangis hingga waktu shubuh”.

  • Ruslianto

    Charismatic Leadership (1)
    Tokoh Kharismatik Madura, KH Kholil Bangkalan, sangat dikenal di seluruh penjuru tanah Madura. Sesepuh dan penyebar ajaran Islam di Pulau Madura ini di-ikuti semua petuahnya dan perilakunya , Selayaknya seorang Ulama Kyai Kholil memiliki pengaruh yang luar biasa.
    Tokoh Linuwih Pulau Garam ini dikenal dengan sebutan Mbah Kholil, sewaktu mudanya sempat menimba ilmu di Makkah selama belasan tahun , Beliau dikenal satu angkatan dengan KH Hasyim Asy’ari , pendiri organisasi Islam terbesar Indonesia, Nahdlatul Ulama. Selain kedua tokok itu, ada beberapa tokoh yang menimba ilmu di Makkah ketika itu, yakni KH.Wahab Chasbullah dan KH Ahmad Dahlan , Kedua orang yang terakhir ini adalah ulama besar di negeri ini.
    Dalam pandang masyarakat Madura , Mbah Kholil merupakan Kyai yang paling dituakan dan dikeramatkan diantara para ulama saat itu, Dan diantara kekeramatan Mbah Kholil yang sangat terkenal adalah pasukan lebah ghaibnya.
    Konon, Kyai ini memiliki senjata ampuh berupa pasukan lebah yang tak bisa dilihat dengan mata telanjang . Dalam keadaan krisis , Beliau bisa mendatangkan pasukan lebah menyerang musuh. Kelebihan ini sering Beliau perlihatkan semasa perang melawan penjajah, termasuk yang pernah diperlihatkan pada saat peristiwa 10 Nopember 1945 di Surabaya.
    Mbah Kholil bersama Kyai-Kyai besar seperti Bisri Syamsuri,Hasyim Asy’ari ,Wahab Chasbullah dan Abah Abbas Buntet (Cirebon), saling bahu membahu mengerahkan semua kekuatan ghaibnya untuk melawan tentara sekutu.
    Bacaan dari ayat-ayat Al Qur’an yang mengandung power mereka kuasai seraya memohon kepada Allah agar dilimpahi kekuatan dalam menghadapi lawan yang bersenjata lengkap dan modern, sebutir krikil dan sebulir jagung-pun , ditangan para kyai itu bisa difungsikan menjadi bom berdaya ledak tinggi. Mbah Kholil pun tak mau ketinggalan , Belaiu mengacaukan konsentrasi tentara sekutu dengan mengarahkan pasukan lebah ghaib piaraannya.
    Kekeramatan (karomah) Kyai Kholil bahkan masih bisa ditemui meskipun Beliau sudah wafat, bahkan para alim generasi sekarang mengakui Kyai Kholil sebagai gurunya meski tidak pernah bertemu secara fisik dan bahkan lahirnya pun jauh sesudah Mbah Kholil meninggal. Cerita tentang kekeramatan (karomah) disini, hanya sedikit dari banyak yang dimiliki Mbah Kholil selain juga dikenal menguasai ilmu agama yang luas.
    Ilmu-Ilmu tersebut diturunkan juga kepada murid-muridnya.dan banyak ulama-ulama besar di Jawa Timur pernah nyantri ke Mbah Kholil, bahkan para kyai pulau Madura dan Jawa Timur periode saat ini banyak yang memiliki silsilah intelektual dengan Mbah Kholil.
    Allahu ‘a-lam bissowwab, Demikian – Wassalam sMOGA bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Eksplorasi konten lain dari Sufi Muda

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca