Pemikiran

Benarkah Nabi Menikahi Gadis Di Bawah Umur?

**Yusuf Hanafi

Kaum Muslim seringkali disudutkan oleh pertanyaan berikut, “Akankah Anda menikahkan puteri Anda yang baru berumur 7 atau 9 tahun dengan seorang lelaki tua yang telah berusia 50 tahun?” Mereka mungkin akan terdiam karena bingung atau justru marah karena tersinggung. Lalu, pertanyaannya selanjutnya adalah, “Jika Anda tidak akan melakukannya, bagaimana Anda bisa menyetujui pernikahan gadis ingusan berusia 7 atau 9 tahun bernama ‘Aisyah dengan Nabi Anda, Muhammad bin ‘Abdillah?”

Mayoritas umat Islam mungkin akan menjawab bahwa “menikahi gadis di bawah umur” seperti kasus di atas dapat diterima masyarakat Arab kala itu. Jika tidak, masyarakat tentu akan keberatan dengan pernikahan Nabi Muhammad dengan ‘Aisyah, puteri Abu Bakr al-Shiddiq yang masih kanak-kanak.

Nabi Muhammad merupakan uswah hasanah (teladan yang baik) bagi seluruh umat Islam—di mana perilaku, tindakan, dan peri kehidupannya selalu dijadikan sebagai acuan dan rujukan. Namun sekali lagi, dalam konteks ”menikahi gadis di bawah umur ini”, kaum Muslim seolah dihadapkan pada pilihan yang dilematis. Sebab bagaimana pun, mayoritas Muslim takkan pernah berpikir—apalagi melakukan tindakan—menikahkan anak perempuannya yang baru berusia 7 atau 9 tahun dengan seorang pria dewasa yang lebih pantas menjadi bapak atau bahkan kakeknya. Jika ada orang tua yang setuju dengan pernikahan seperti itu, kebanyakan orang, meski tidak semua, akan mencibir dan memandang sinis, terlebih kepada pria uzur yang tega menikahi bocah di bawah umur.

Namun belum lama ini, umat Islam Indonesia dihebohkan oleh pemberitaan kasus pernikahan gadis di bawah umur. Pujiono Cahyo Widianto, seorang miliarder beristeri satu dan berusia 43 tahun asal Semarang yang lebih populer disapa Syekh Puji, menikahi bocah berusia 12 tahun bernama Lutviana Ulfa pada 8 Agustus 2008 lalu. Lebih heboh lagi, Syekh Puji yang juga berstatus sebagai pengasuh Ponpes Miftahul Jannah itu berencana menikahi dua gadis ingusan lain dalam waktu yang tidak terlalu lama untuk mengenapkan jumlah bilangan isteri yang dikoleksinya menjadi 4 (empat).

Ketika berita itu merebak ke permukaan, pro-kontra pun bermunculan. Mayoritas menolaknya sekaligus menuding Syekh Puji mengidap paedophilia, yaitu karakter kejiwaan yang mempunyai ketertarikan seksual terhadap anak di bawah umur. Tak ketinggalan, MUI juga menfatwakan perihal keharaman tindakan Syekh Puji yang mengawini gadis ingusan di bawah umur itu.

Syekh Puji tak tinggal diam. Dia berdalih bahwa tindakannya itu sesuai dengan tuntunan syariat karena pernah dicontohkan Nabi Muhammad tatkala menikahi ‘Aisyah. Syekh Puji tak sendiri. Pembelaan untuknya, di antaranya, datang dari Fauzan al-Anshari (dulu Kepala Departemen Data dan Informasi MMI) dan Puspo Wardoyo (pemilik Rumah Makan Wong Solo yang pernah memperoleh Poligami Award). Keduanya malah berujar lantang, umat Islam yang mengingkari pernikahan seperti itu berarti mengingkari sunnah Nabi, dan pada gilirannya akan membahayakan keimanannya.

Merespon polemik tersebut, tulisan ini akan menelaah sekaligus menguji kembali catatan-catatan sejarah klasik Islam yang dipakai sebagai dasar keabsahan menikahi gadis di bawah umur. Juga, untuk melihat bagaimana sesungguhnya perspektif Alqur’an tentang persolan tersebut. Harapannya, akan diperoleh pandangan yang obyektif dan berimbang dalam menyikapinya.

Kontradiksi Seputar Usia ‘Aisyah

Sebagian besar hadis yang mengisahkan pernikahan Nabi dengan ‘Aisyah diriwayatkan oleh Hisyam bin ‘Urwah. Hadis-hadis tersebut, antara lain: “Khadijah wafat 3 tahun sebelum hijrah Nabi ke Madinah. Rasul SAW sempat menduda kurang lebih 2 tahun sampai kemudian menikahi ‘Aisyah yang kala itu berusia 6 tahun. Namun Nabi SAW baru hidup serumah dengan ‘Aisyah saat gadis cilik itu telah memasuki usia 9 tahun” (HR. Al-Bukhari).

Riwayat lain yang menceritakan hal serupa dengan informasi sedikit berbeda adalah: “Nabi SAW meminang ‘Aisyah di usia 7 tahun dan menikahinya pada usia 9 tahun. Seringkali Nabi SAW mengajaknya bermain. Tatkala Nabi SAW wafat, usia ‘Aisyah saat itu baru 18 tahun” (HR. Al-Bukhari).

Sejarahwan Muslim klasik, al-Thabari dalam Târikh al-Umam wa al-Mulûk mengamini riwayat di atas bahwa ‘Aisyah (puteri Abu Bakr) dipinang Nabi pada usia 7 tahun dan mulai berumah tangga dengannya pada usia 9 tahun. Pada bagian lain, al-Thabari mengatakan bahwa semua anak Abu Bakr yang berjumlah 4 orang dilahirkan pada masa jahiliyah dari 2 isterinya. Jika ‘Aisyah dipinang Nabi pada 620 M (saat dirinya masih berusia 7 tahun) dan berumah tangga tahun 623 M (pada usia 9 tahun), hal itu menunjukkan bahwa ‘Aisyah dilahirkan pada tahun 613 M. Yakni, 3 tahun sesudah masa Jahiliyah berakhir (tahun 610 M).

Padahal al-Thabari sendiri menyatakan bahwa ‘Aisyah dilahirkan pada masa Jahiliyah. Jika ‘Aisyah dilahirkan pada masa Jahiliyah, setidaknya ‘Aisyah berusia 14 tahun saat dinikahi Nabi. Pendeknya, riwayat al-Thabari perihal usia ‘Aisyah ketika menikah dengan Nabi tidak reliable dan tampak kontradiktif.

Kontradiksi perihal usia ‘Aisyah saat dinikahi Nabi akan semakin kentara jika usia ‘Aisyah dihitung dari usia kakaknya, Asma’ binti Abi Bakr. Menurut Ibn Hajar al-‘Asqallani dalam Tahdzîb al-Tahdzîb, Asma’ yang lebih tua 10 tahun dari ‘Aisyah meninggal di usia 100 tahun pada 74 Hijrah. Jika Asma’ wafat di usia 100 tahun pada 74 H, maka Asma’ seharusnya berumur 27 tahun ketika adiknya ‘Aisyah menikah pada tahun 1 Hijrah (yang bertepatan dengan tahun 623 M).

Kesimpulannya, berdasarkan riwayat di atas itu pula dapat dikalkulasi bahwa ‘Aisyah ketika berumah tangga dengan Nabi berusia sekitar 17 tahun.

Kontradiksi lain seputar mitos usia kanak-kanak ‘Aisyah tatkala dinikahi Nabi dapat dicermati melalui teks riwayat Ahmad bin Hanbal berikut. Sepeninggal isteri pertamanya, Khaulah datang kepada Nabi dan menasehatinya agar menikah lagi. Lantas Nabi bertanya kepadanya tentang pilihan yang ada dalam pikiran Khaulah. Khaulah kemudian berkata, “Anda dapat menikahi seorang perawan (bikr) atau seorang janda (tsayyib).” Ketika Nabi bertanya tentang identitas gadis perawan (bikr) tersebut, Khaulah menyebut nama ‘Aisyah (HR. Ahmad).

Bagi orang yang mengerti bahasa Arab, dia akan paham bahwa kata bikr tidak digunakan untuk bocah ingusan berusia 7 atau 9 tahun. Kata yang tepat untuk gadis ingusan yang masih kanak-kanak adalah jariyah. Sebutan bikr diperuntukkan bagi seorang gadis yang belum menikah serta belum punya pengalaman seksual—yang dalam bahasa Inggris diistilahkan “virgin”. Oleh karena itu, jelaslah bahwa ‘Aisyah yang disebut bikr dalam hadis di atas telah melewati masa kanak-kanak dan mulai menapaki usia dewasa saat menikah dengan Nabi.

Perspektif Alqur’an

Sebagai Muslim, merupakan kewajiban untuk merujuk sumber utama dari ajaran Islam, yakni Alqur’an. Apakah Alqr’an mengijinkan atau justru melarang pernikahan dari gadis ingusan di bawah umur? Yang jelas, tidak ada satu ayat pun yang secara eksplisit mengizinkan pernikahan seperti itu. Ada sebuah ayat yang dapat dijadikan inspirasi untuk menjawab persoalan di atas, meski substansi dasarnya adalah tuntunan bagi Muslim dalam mendidik dan memperlakukan anak yatim. Meski demikian, petunjuk Alqur’an mengenai perlakuan terhadap anak yatim itu dapat juga kita terapkan pada anak kandung kita sendiri.

Ayat tersebut adalah: “Ujilah anak yatim itu sampai mereka cukup umur untuk kawin. Kemudian jika menurut pendapatmu mereka telah cerdas (mampu mengelola harta), maka serahkan kepada mereka harta bendanya” (QS. al-Nisa’: 6).

Dalam kasus anak yang ditinggal wafat oleh orang tuanya, seorang bapak asuh diperintahkan untuk: (1) mendidik, (2) menguji kedewasaan mereka “sampai usia menikah” sebelum mempercayakan pengelolaan keuangan sepenuhnya. Di sini, ayat Alqur’an mempersyaratkan perlunya test dan bukti obyektif perihal tingkat kematangan fisik dan kedewasaan intelektual anak asuh sebelum memasuki usia nikah sekaligus mempercayakan pengelolaan harta benda kepadanya.

Logikanya, jika bapak asuh tidak diperbolehkan sembarang mengalihkan pengelolaan keuangan kepada anak asuh yang masih kanak-kanak, tentunya bocah ingusan tersebut juga tidak layak, baik secara fisik dan intelektual untuk menikah. Oleh karena itu, sulit dipercaya, Abu Bakr al-Shiddiq, seorang pemuka sahabat, menunangkan anaknya yang masih belia berusia 7 tahun, untuk kemudian menikahkannya pada usia 9 tahun dengan sahabatnya yang telah berusia setengah abad. Demikian pula halnya, sungguh sulit untuk dibayangkan bahwa Nabi SAW menikahi gadis ingusan berusia 7 atau 9 tahun.

Ringkasnya, pernikahan ‘Aisyah pada usia 7 atau 9 tahun itu bisa bertentangan dengan prasyarat kedewasaan fisik dan kematangan intelektual yang ditetapkan Alqur’an. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa cerita pernikahan ‘Aisyah gadis belia berusia 7 atau 9 tahun dengan Nabi, itu adalah mitos yang perlu diuji kesahihannya.

Di samping persoalan-persoalan yang telah dikemukakan di atas, seorang wanita sebelum dinikahkan harus ditanya dan dimintai persetujuan agar pernikahan yang dilakukannya itu menjadi sah. Dengan berpegang pada prinsip ini, persetujuan yang diberikan gadis belum dewasa (berusia 7 atau 9 tahun) tentu tidak dapat dipertanggung-jawabkan, baik secara moral maupun intelektual.

Adalah tidak terbayangkan bahwa Abu Bakr meminta persetujuan puterinya yang masih kanak-kanak. Buktinya, menurut hadis riwayat Ibn Hanbal di atas, ‘Aisyah masih suka bermain-main dengan bonekanya ketika mulai berumah tangga dengan Rasul SAW. Rasul SAW sebagai utusan Allah yang suci juga tidak akan menikahi gadis ingusan berusia 7 atau 9 tahun, karena hal itu tidak memenuhi syarat dasar sebuah pernikahan Islam tentang klausa persetujuan dari pihak isteri. Besar kemungkinan pada saat Nabi SAW menikahi ‘Aisyah, puteri Abu Bakr al-Shiddiq itu adalah seorang wanita yang telah dewasa secara fisik dan matang secara intelektual.

Mitos yang Meragukan

Sebetulnya dalam masyarakat Arab tidak ada tradisi menikahkan anak perempuan yang baru berusia 7 atau 9 tahun. Demikian juga tak pernah terjadi pernikahan Nabi dengan ‘Aisyah yang masih berusia kanak-kanak. Masyarakat Arab tak pernah keberatan dengan pernikahan seperti itu, karena kasusnya tak pernah terjadi.

Menurut hemat saya, riwayat pernikahan ‘Aisyah pada usia 7 atau 9 tahun oleh Hisyam bin ‘Urwah tak bisa dianggap valid dan reliable mengingat sederet kontradiksi dengan riwayat-riwayat lain dalam catatan sejarah klasik Islam. Lebih ekstrim, dapat dikatakan bahwa informasi usia ‘Aisyah yang masih kanak-kanak saat dinikahi Nabi hanyalah mitos semata.

Nabi adalah seorang gentleman. Dia takkan menikahi bocah ingusan yang masih kanak-kanak. Umur ‘Aisyah telah dicatat secara kontradiktif dalam literatur hadis dan sejarah Islam klasik. Karenanya, klaim sejumlah pihak yang menikahi gadis di bawah umur dengan dalih meneladani sunnah Nabi itu bermasalah, baik dari sisi normatif (agama) maupun sosiologis (masyarakat).

Jikalau riwayat-riwayat seputar pernikahan Nabi dengan ‘Aisyah yang masih kanak-kanak itu valid, itu juga tak bisa serta-merta dijadikan sandaran untuk mencontohnya. Tidakkah Nabi itu memiliki previlige (hak istimewa) yang hanya diperuntukkan secara khusus untuknya, tapi tidak untuk umatnya? Contoh yang paling gamblang adalah kebolehan Nabi menikah lebih dari 4 orang isteri.

 

**  Penulis adalah dosen Jurusan Sastra Arab dan peneliti aktif di Universitas Negeri Malang. Saat ini tengah menempuh Program Doktor Tafsir-Hadits di PPS IAIN Sunan Ampel Surabaya.

sumber : islamlib.com

55 Comments

  • oneman

    binggung deh ……….. disini kelihatan inilah umat islam kita salaing baku hantam………………………… saudara sendiri…… tuk aryf dan kang asep janganlah memvonis orang……………. walau bukan tuk aku…………. tapi……………….. aku hanya ingin bilang aja bahwa apa kita berhak untuk memvonis seseorang………….. kl ga setuju mah di diskusi aja jangan dong memvonis………….afwan

  • ABHusin

    BENARKAH NABI SAW MENIKAHI GADIS BAWAH UMOR…??

    Semuanya angkara dan konspirasi licik Abu Bakar. Sepantas kilat ikan diair, sudah diketahui jantan betinanya. Inikan pula Nabi Akhir Zaman firasat pandangan batinnya menembusi 7 petala langit 7 petala bumi. Inikan pula Abu Bakar berada depan matanya… Nabi SAW sudah tahu setiap gerak dan niat setiap hati para sahabatnya, namun Baginda SAW tidak mahu menolak kerana tidak mahu mengecilkan hati Abu Bakar….

    Tatakala wafatnya Siti Khadijah, betapa sedih dan kesepiannya Nabi SAW. Sudahlah anak2 lelaki dgn Siti Khadijah telah wafat sewaktu kecilnya, ditambahi pula isteri pertama teman sejati tercintanya, Siti Khadijah telah tiada disisi Baginda SAW…. Dikesempatan inilah Abu Bakar mengambil kesempatan, menikahkan anaknya yg bawah umor kepada Rasulullah SAW…

    Niat Abu Bakar secara menikahkan anaknya Aishah dgn Nabi SAW ada beberapa muslihat :

    (1) Nabi SAW tiada zuriat anak lelaki sebagai menyambong warisan Ahlul Bait. Dgn cara itu harapan Abu Bakar akan lahir Ahlul Bait dari rahim Aishah, tetapi tidak juga ada mendapat zuriat anak Nabi SAW dgn Aishah, sebabnya………..??? Abu Bakar kecewa, dari perut Aishah, Abu Bakar tidak dapat cucu dari Nasab Ahlul Bait, sebabnya….???

    2) Abu Bakar menaruh harapan sebagai Bapak Mertua kepada Nabi SAW, beliaulah yg akan mengganti Baginda SAW, sebagai Khalifah Islam Pertama. Sedangkan Amanah Nabi SAW sepatutnya jawatan tersebut disandang oleh Sayyidina Ali. Dlm sebuk2 Saidina Ali menguruskan jenazah Rasullulah SAW, Abu Bakar telah mengatur langkah. Dlm kekecohan tersebut Sayyidina Ali terpaksa beralah kerana tidak mahu memecah-belahkan ummah… Akhirnya jawatan Khalifah Pertama Islam selepas kewafatan Nabi SAW adalah Abu Bakar…

    APA SEBABNYA DGN AISHAH NABI SAW TIADA ZURIAT…???

    Masakan Abu Bakar kempunan mahu mendapat cucu zuriat Nasab Ahlul Bait dari Nabi SAW….. Sebab jawapan sebenarnya Nabi SAW tidak sentoh pun tubuh badan Aishah…. Nabi SAW Sekarang akibat angkara pernikahan ini, cuba kita renungkan betapa biadabnya kecaman pihak Barat menghina dan memburuk2kan Nabi SAW, yg amat pedih kita mendengarnya dan memandangnya akan gambar2 karton mencela Kerasulan Nabi kita Muhammad SAW….

    Nabi SAW ada bersabda : ” Diakhir zaman akan lahir dari Sulbi-ku ini Nasab-ku…..” Telah berlaku satu Miracle, Tatakala sekira2 lagi 3 tahun sebelum Rasulullah SAW wafat, telah berlaku satu Mukjizat Terakhir bagi Nabi SAW. Dari Mukjizat Nabi SAW yg inilah munculnya “Dia Yg DiNanti2kan” itu….

    Wallahu’alam……

    Sekian, Wassalam…..

    ( Dari Ahlul Bait Al-Hussin Prophecies…. )

    • curious

      Waaaah,, seharusnya MURI baca komentar ini dan menobatkan ABHussin sebagai manusia tertua di dunia saat ini. Peristiwa di jaman Rasul SAW pun disaksikannya dan diamatinya dengan jelas. Siapa lagi yang sejaman dengan Nabi Muhammad SAW selain ABHussin yang masih hidup saat ini?

      Ada yang punya link ke MURI tidak? Cepat di kontak dan segera dipatenkan sebelum dibajak oleh Guiness Book of Record.

  • paijo

    @ ABhusin

    Kenapa anda sampaikan hal-hal yg kurang jelas itu seakan-akan anda benar-benar telah mengetahui duduk permasalahannya yg sebenarnya..
    .
    Supaya orang lain mempercayai sesuatu kisah, sebaiknya anda sampaikan pula dasar hukumnya dari Hadits mana atau dari referensi Kitab apa.

    Apakah anda betul-betul yakin dengan tujuan-tujuan Abu bakar yang sdr sampaikan itu…

    Apakah sdr sudah mengenal Abu Bakar….

  • jagoanneon

    Sebenernya penyelesaian masalah ini simple. Ngakk perlu jauh-jauh.

    Tanyakan langsung pada “Tuhan”, toh kan sudah pada ketemu , iya kan sudah pada mencium tangan, kaki, sudah ditepuk2.

    Tanyakan kepada “Tuhan” anda, bagaimana cerita yang sesungguhnya waktu itu. Karena perkataan “Tuhan” tidak akan bohong, bener kan ?

    Peace

    • naruto

      mengenai masalah ini, kenapa kamu ga sekalian membahas kisah Nabi Khidir yang MEMBUNUH ANAK KECIL?

      Nabi Musa Protes (karena tidak faham) dan setelah faham lalu diam

      kamu itu siapa?
      ilmumu sudah sampai mana?
      kedekatanmu dengan tuhan sedekat apa?

      orang2 yang sudah dekat dengan Tuhan adem ayem aja

      manalah kau akan faham urusan mereka, sedang kau masih bayi, yg cuma bisa menangis dan menyusui.

  • aba cilik Jr,

    hehehe………. yg tuan-tuan perdebatkan ini adalah sesuatu yg tuan sendiri tidak tahu karena pada waktu itu tuan-tuan belum lahir.., skg tuan-tuan sibuk membahas sejarah yg dr zaman ke zaman tentu mengalami perubahan.., klw dizaman nabi dibenarkan oleh masyarakatnya untuk mengawini anak dibawah umur, tentunya tidak dapat dipersamakan dgn kondisi zaman skg.., klw skg diindinesia ada UU perkawinan yg mengatur soal umur dan kelayakan lainnya sesuai dgn pandangan masyarakatnya.., gak sama toh ? dulu naik onta masa skg masih mau pake onta ? gak lah..gak cocok.., klw ane… sesuatu yg ane tidak lihat dan alami sendiri..ane tdk berani mengomentari..tapi klw sekedar sharing ..why not ? asal saja jgn berdebat terhadap sesuatu yg kita sendiri tidak tahu.., hehehe maaf ya tuan-tuan.., ane cuma numpang lewat saja… salam..,

  • syamsul bahri

    Kalau yang comment disini Sudah punya guru, TANYA SAMA GURUNYA ” ITU JAWABANNYA” SIMPAN BUAT ANDA. KALAU ANDA BELUM PUNYA GURU, ALANGKAH BAIKNYA ANDA MENCARI GURU TERLEBIH DAHULU, TKS.

Tinggalkan Balasan ke Pustaka SufiBatalkan balasan

Eksplorasi konten lain dari Sufi Muda

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca