Syarat dan Kriteria Mursyid Menurut Prof. Dr. S.S. Kadirun Yahya MA. M.Sc

Seorang ahli fiqih yang sudah boleh disebut ulama disamping ilmu dan pengalaman dalam hukum hukum Islam juga memimpin sebuah lembaga keagamaan mendatangi saya ingin mempelajari tasawuf dan menekuni tarekat. Terjadi diskusi yang sangat menarik dan dari diskusi tersebut, ternyata beliau sudah banyak membaca tentang tasawuf/tarekat dari berbagai macam buku termasuk karya-karya klasik. Kebetulan beliau juga penggemar kitab kuning (kitab klasik) karangan ulama-ulama dulu. Ada sebuah pertanyaan yang menarik bagi saya dan bagi kalangan pengamal tarekat pertanyaan itu tidak pernah ditanyakan dan dianggap tabu. Beliau bertanya, “Kalau saya mengamalkan zikir tarekat, berapa lama saya bisa jadi Mursyid?

Bagi kita yang telah menekuni tarekat tentu saja pertanyaan seperti itu ganjil karena kita semua tahu bahwa tidak ada seorang murid yang bercita-cita jadi Mursyid. Seorang Mursyid bukanlah hasil dari beramal, bukan pula karena pengetahuannya tentang tarekat, bukan lamanya menekuni tarekat akan tetapi seseorang diangkat jadi Mursyid semata-mata karena Allah SWT. Saya yakin pertanyaan diatas ditanyakan juga oleh sebagian pembaca sufi muda.

Dalam beberapa Tarekat termasuk Naqsyabandi memang masih ada pengangkatan  banyak Mursyid seperti Tarekat Naqsyabandi Al Khalidi yang ada di Aceh dibawah pimpinan Syekh Muhibuddin Wali bin Syekh Muhammad Wali Al Khalidy. Seorang yang telah di izinkan untuk memimpin suluk diberi gelar mursyid sedangkan dibawahnya disebut wakil mursyid dan dibawahnya di sebut khalifah sedangkan pimpinan secara keseluruhan dan menjadi Mursyid dari seluruh jamaah disebut Saidul Mursyid. Biasanya pengangkatan Mursyid dilakukan setelah selesai suluk. Oleh Saidul Mursyid mengijazahkan Mursyid, wakil mursyid dan khalifah kepada orang-orang yang dianggap layak menerimanya. Setiap suluk terkadang diangkat 2 orang Mursyid, 3 orang wakil mursyid dan sejumlah khalifah sesuai dengan kebutuhan daerah.

Oleh karena tradisi adanya pengangkatan lebih dari seorang Mursyid seperti yang saya ungkapkan di atas maka wajar kalau orang bertanya kapan dirinya bisa menjadi mursyid dengan tujuan ingin membimbing manusia ke jalan Tuhan.

Di dalam Tarekat Naqsyabandi pimpinan Prof. Dr. H. S.S. Kadirun Yahya MA. M.Sc tidak ada pengangkatan Syekh atau Mursyid karena cuma ada satu Mursyid yaitu Beliau sendiri. Gelar khalifah pun tidak lagi dipopulerkan karena Baliau kawatir gelar itu akan membuat muridnya menjadi sombong dan jauh dari sifat-sifat ubudiyah. Beliau dengan rasa kerendahan hati merasa tidak berhak mengangkat khalifah. Beliau pernah mengatakan, “Biarlah gelar khalifah itu Allah sendiri yang memberikannya”.

Tentang kriteria dan syarat-syarat untuk menjadi seorang Mursyid, Prof. Dr. H.S.S. Kadirun Yahya MA. M.Sc dalam bukunya, Ibarat Sekuntum Bunga Dari Taman Firdaus berkata:

“Syarat-syarat bagi seorang mursyid amatlah berat, dan kalau saya ditanya, apakah saya telah memenuhi syarat untuk mursyid? Maka jawabnya amat berat untuk mengatakan “ya”, atau kalau ingin jawaban yang mudah saja, “tidak tahu” Karena sebenarnya bukan saya sendiri  yang harus menilai kualitas saya (begitulah beratnya kriteria seorang mursyid) namun saya melaksanakan tugas dengan sepenuh tenaga, sepenuh jiwa dengan hati yang sebulat-bulatnya. Siap melaksanakan suruh dari pada guru saya yang juga merupakan suruh dari Allah dan Rasul, yaitu menegakkan Dzikrullah dalam diri pribadi saya dan dalam pribadi umat. Jadi beliau-beliau yang diataslah yang menilai akan kualitas diri saya”.

Selanjutnya menurut Beliau, kriteria guru mursyid dapat dilukiskan atau digambarkan secara riil ke dalam tujuh butir antara lain sebagai berikut :

  1. Pilih guru kamu yang mursyid, (dicerdikkan oleh Allah), bukan oleh yang lain-lain dengan mendapat izin Allah dan ridha-Nya.
  2. Ia adalah kamil lagi mukamil (sempurna lagi menyempurnakan) karena karunia Allah.
  3. Yang memberi bekas pengajarannya, (kalau ia mengajar atau berdo’a, maka berbekas pada murid, si murid berubah ke arah kebaikan).
  4. Masyhur ke sana ke mari. Kawan dan lawan mengatakan “Ia seorang Guru besar”.
  5. Tidak dapat dicela oleh orang yang berakal akan pengajarannya, yakni tidak dicela oleh al Qur’an dan al Hadist serta ilmu pengetahuan.
  6. Yang tidak kuat mengerjakan yang harus, umpamanya membuat hal-hal yang tidak murni halalnya.
  7. Tidak setengah kasih akan dunia, karena bulat hatinya. Ia kasih akan Allah, ia bergelora dalam dunia, bekerja keras untuk mengabdi kepada Allah SWT bukan untuk mencintai dunia.

Seorang mursyid merupakan orang yang wara’ dan sangat hati-hati dalam hal-hal yang belum jelas kedudukan hukumnya. Hatinya tidak condong kepada dunia dan selalu berkekalan dalam zikirullah. Apapun gerak dan tindakannya selalu memohon izin dan petunjuk dari Allah SWT.

Beliau juga pernah menggambarkan kedudukan seorang mursyid ibarat seorang yang mengendari kuda dengan kecematan tinggi dengan memegang gelas yang airnya penuh. Kuda harus dipacu dengan kencang sedangkan air tidak boleh tumpah setetespun.

Demikian kriteria mursyid menurut Prof. Dr. H.S.S. Kadirun Yahya MA. M.Sc, mudah-mudahan akan bisa memberikan gambaran kepada kita semua tentang mursyid dan menurut saya apa yang Beliau kemukakan sudah mewakili dari sekian banyak kriteria mursyid yang pernah dikemukakan oleh para syekh tarekat dari dulu sampai sekarang. Akan tetapi dikesempatan lain akan saya tulis juga kriteria dan syarat mursyid menurut syekh lain termasuk Syekh Abdul Qadir Jailani, Syekh Muhammad Amin al Kurdi dan Syekh Ibnu Athailah as Sakandari sebagai bahan perbandingan untuk kita semua.

Semoga tulisan sederhana ini bermanfaat untuk kita semua, amien ya Rabbal ‘Alamin.

236 Tanggapan

  1. lam kenal tu kang bued n kang goteng

    Sampean nih udah pada pinter yah dimana sampean berguru??
    Aku jadi pengen …tapi kok yen saya pikir komentar sampean nih ndak nyambung dengan judul yang tertera diatas. ato sampean nih sudah jadi musred juga . kelihatannya kang boed n kang goteng nih sudah memahami jatining urip n ngumpulake antarane gusti kalawan kawulane. wah-wah-wah
    biso diguroni kakang loro iki.
    Memang setiap manusia diberi kelebihan oleh tuhan agar dia berfikir. dengan fikiran itu kita memahami maksudte tuhan bukan maksude kito.
    sebenarnya tuhan itu milik siapa to?? milik manusia bukan atao milik yang lain. kenapa tuhan itu ada?? menurut kang goteng n kang boed apa??
    Lantas yang menciptakan Tuhan Itu siapa ???
    Kalau ngrebus air ndak usah lama-lama ntar malah kepanasan.hehehhe. tak tunggu kang.
    wasalam.

  2. JANGAN HERAN.Kang bud,goteng ,sabdalangit mainanya khan ilmu filsafat yg penuh teori dan ilmu paranormal dengan leluhur2nya.

    • Yth.mas jok,

      jgn asal tuduh ,kalau blum tahu apa maksud tujuan org lain.ilmu ALLAH itu maha luas,
      jgn persempit akal fikiranmu , kecuali kamu tau hati nurani org lain.
      toh, mereka gak pernah usik, dirimu.
      kenalilah diri sendiri, seblum mencela org lain. karna itu bukti ketaqwa,an seseorg terhadap TUHANnya.

  3. mursyid itu pada pandangan saya, ia pemberian dari allah. ketika mengajar ada kalanya bukan tubuh itu yg berkata-kata yg sebenarnya ketika itu mursyid yg berkata. perkara ini selalunya disedari olih murid yg belajar. tanda-tandanya pada kebiasaan ketika mengajar guru itu mengeluarkan peraturan seperti berikut.
    1. guru akan memberitahu jangan bertanya ketika dia sedang bercakap. segala soalan disimpan diakhir perguruan.
    2. guru selalunya mengatakan dirinya org yang paling bodoh, tetapi kalau dia bersama dengan gurunya, tiada siapa pun dapat menandinginya.
    3. guru mursyid selalunya hanya membincangkan persoalan ketuhanan, hakekat, tarekat dan makrifat.
    4. guru mursyid suka berhadapan dengan ulamak-ulamak untuk perbincangan. bukan pertengkaran tapi mencari kebenaran.
    5. guru pada kebiasaanya hanya berkata-kata pada mereka yang mencari ilmu ketuhanan.
    6. segala persoalan mengenai ketuhanan akan dijawab olih mursyid secara terus. dia tidak akan menangguhkan jawaban segala pertanyaan.

    ulasan. mursyid itu bukan diri manusia. mursyid itu ialah yang sebenar-benarnya guru.

    • Ass. Wr. WB. Ibrahim bin Hj. Sopeh

      Penjelasan tentang guru mursyid bagus sekali …. namun ada pertanyaan sedikt tentang guru Mursyid.

      1. Guru mursyid itu sebenarnya siapa ? kenapa diturunkan
      dimuka bumi ini?
      2. Pentingnya apa ??
      3. Jaman Rasulullah. Banyak yang menolak akan
      kerasulan Muhammad SAW. temasuk Ibrahin AS.
      Namun toh sekarang banyak pula yang mengakui
      kerasulan Muhammad SAW.
      4. Apa hubungannya Guru Mursyid dengan makrifat atau
      tarekat.
      5. Kalau menurut penjelasan Ibrahim Guru Mursyid adalah
      Pemberian Allah. Kok Bisa Tahu kalau itu Pemberian
      Allah ?? caranya agar tahu kalau tiu Pemberian Allah
      gimana ??
      6. Maaf ini agak melenceng dari konsep. Banyak orang mengatakan kalau semua itu urusan tuhan . Lantas pertanyaan saya mengenahi orang tersebut kenapa seolah olah semua hanya Allah yang mengatur dan mengurus.
      terus tugas para Malaikat itu apa dan kenapa Allah juga masih menurunkan Rasulnya dimuka bumu ini ? kalau Allah masih mengatur urusan Dunia?? percumah dong Allah menciptakan malaikat dan Rasul ??
      Maaf nomor 6 tak terkait dengan konsep diatas namun sering saya mendengar orang mengatakan hal semacam itu apa mereka benar ??
      Tolong menurut Ibrahim apa yah.?? maaf

    • Mursyid bukanlah berupa darah dan daging…..

  4. Ass. Wr. WB Mas Sapi Hitam …………
    saya ingin sedikit menjawab sebagian maupun seluruh pertanyaan dan Stateman anda …………..

    klo saya baca dari Coment anda sepertinya anda tipical org nya dalam segala hal menggunakan Otak dan AKAL yang biasa memproduksi LOGIKA dan RASIO itu memang Bagus, Tapi Tidak Untuk dipakai dalam Me Reset kebesaran dan kekuasaan ALLAH SWT ……… , okey Mas jadi begini dalam sesuatu hal yang berhubungan dengan Kebesaran dan Kekuasaan kita yang jadi Manusia jangan pernah kita menggunakan LOGIKA kita dan Rasio kita untuk membuktikan dan meyakini KebenaranNya …..
    Jika memang dalam segala sesuatu yang berhubungan dengan Kebesaran dan Kekuasaan ALLAH SWT Anda cerna dengan OTAK maka sudah Sepatut nya dari Awal Mas tidak meyakini Islam, Nabi, dan Rasul karena mereka semua mempunyai Kisah Kisah yang Sulit Sekali Kita cerna dengan Otak dan bahkan sama sekali di Luar LOGIKA …………. Lalu Kenapa Anda percaya ??????
    Apakah Anda pernah Melihat Nabi? atau Bahkan Rasul maupun Malaikat ????? lalu mengapa anda bisa percaya dan meyakini Bahwa mereka adalah Hamba dan Utusan ALLAH SWT ???????? perlu Mas Ketahui bahwa jika untuk Urusan Kebesaran Dan Kekuasaan ALLAH Mas Pakai LOGIKA itu Berbahaya Sekali mas bisa PATAH IMAN kita karena selain di HATI Syetan Paling senang pula Menempati OTAK kita …………………… Ketahui pula Bahwa Syetan adalah Musuh Yang Paling nyata. saya rasa jawaban itu cukup menjawab untuk sekian banyak nya pertayaaan MAS. terima kasih Wasallam dari Putra ANAK KIBLATUL AMIEN 2 BATAM IOB BANDUNG.

  5. bagaimana bisa LOGIKA menerima Kenyataan bahwa NABI MUSA AS, membelah LAUT dengan Tongkat nya ? begitu juga dengan NABI ISA AS, yang bisa menghidupkan Org yang sudah MATI ? dan Masih banyak lagi Kisah kisah nyata namun sulit diterima oleh AKAL SEHAT ?????????????????
    mengapa tidak bisa diterima oleh AKAL SEHAT ??????????
    jawaban nya adalah :
    1. Bahwa Kebesaran dan Kekuasaan ALLAH SWT tidak bisa kita jangkau dengan OTAK dan AKAL SEHAT.
    2. Syetan merupakan Musuh yang paling nyata sehingga dia memberikan LOGIKA yang Masuk AKAL agar kita tidak bisa menerima semua itu ……… dan Syetan pun senang jika BAni Adam Tersesat……………….. Contoh : Radja Namrud, Fir’aun, YAHUDI dan masih banyak yang lain nya
    3. Jika memang LOgika tidak bisa mencerna berarti Syetan sudah menempati dan menguasai OTAK kita maka gunakanlah HATI ……….. jika Hati pun sudah di kuasai pula maka Gunakanlah IMAN ……… dan Rawat lah Iman sebaik sebaik mungkin ………… karena dia adalah Cahaya untuk penerangan HATI sekaligus juga Lentera kehidupan………
    Wasallam terima kasih.

  6. Jika Seumpama nya mas hidup pada Zaman Nabi Muhammad SAW dan Beliau berkata bahwa beliau adalah utusan ALLAH SWT untuk membenahi dan mengajari Akhlak lalu bagaimana cara mas mempercayai Nya ???? atau mungkin mas juga akan bertanya dengan pertanyaan yang serupa ??????
    1. Guru mursyid itu sebenarnya siapa ? kenapa diturunkan
    dimuka bumi ini?
    2. Pentingnya apa ??
    5. Kalau menurut penjelasan Ibrahim Guru Mursyid adalah
    Pemberian Allah. Kok Bisa Tahu kalau itu Pemberian
    Allah ?? caranya agar tahu kalau tiu Pemberian Allah ????
    APAKAH ANDA AKAN BERTANYA BEGITU PULA ????
    JIKA IYA MAKA ANDA BISA CELAKA KARENA LOGIKA ANDA

  7. Ass. wr. wb.

    Alhamdulillah …. semoga mas Putra tak bosan menjawab semua pertanyaan saya dan mengkritisi coment saya mamang ini yang saya harapkan jangan biarkan saya hanya bertanya dan dijawab dengan kemarahan. Ibarat manusia saya ini anak yang masih kecil perlu bimbingan perlu arahan perlu pengetahuan dan banyak sekali yang saya perlukan. kalau jawaban itu logis tentu mudah dicerna sehingga dalam menerima kenyataan itu sendiri lebih meyakinkan dan menyenangkan.
    Contoh :
    Si hitam ini lagi bantu masak ibunya didapur trus saat menggoreng ikan sihitam ini bertanya sambil pentalitan yah namanya aja sihitam nakalnya minta ampun.
    Bu katanya minyak ini sawit yah bu , tanya si hitam dengan ibunya sambil clengar-clengir . kata siapa ? di TV. wong di TV aja kok kamu percaya. Terus ??? tanya sihitam semakin penasaran ingin tahu penjelasan ibu.
    Ibu sihitam meneruskan gorengannya dan dibiarkan sihitam terus penasaran.
    Assalamu a’laikum saya pulang kakak sihitam pulang sekolah karena sihitam belum mendapat jawaban dari ibunya langsung dia tanya sama kakaknya yang baru pulang sekolah. Eh kak minyak itu sawit yah?? yah kenapa ? Ndak celetuk sihitam… TV bilang minyak itu sawit. Ibu tak boleh percaya TV….? kakak. Iya…. mana yang benar anatara TV. Ibu. kakak??? semua jawaban tak mengenakkan. sihitan dalam hatinya dia mau tanya sama bapak aja kalau sore nanti pulang kerja.
    Ditunggu bapak sampai pulang.
    Maaf yah mas putra kalau kau jadi bapak sihitam apakah akan menjesakan seperti Ibu sihitam…?
    Atau akan menjelaskan seperti kakak sihitam atau menjelaskan seperti di TV. atau punya cara sendiri sehingga sihitam faham???atau mas putra jawab seperti pertanyaan saya diatas CELAKA kamu karena bertanya Logika ???

    Kalau bicara soal sejarah nabi semuanya logis kok mas put. Kalau saya dikembalikan kejaman nabi Ibrahim saya ndak tanya kenapa nabi ibrahim dibakar tak terbakar. tapi pertanyaan saya kepada mas putra kenapa nabi Ibrahim dibakar ??? .
    Kalau saya dikemblikan kejaman Nabi musa, saya juga tak tanya masalah tongkat yang membelah lautan.. Pertanyaan saya .. Kenapa si feraun ini tak mau berubah juga??? dan tak mau sadar juga. apa kerna dia sakti dan kuat??

    Dus ….
    Jawaban saya atas pertanyaan mas putra. SAYA AKAN TETAP BERTANYA YANG LOGIS. Bukan percaya begitu saja .
    Pertanyaan buat mas putra . Seandainya tetengga mas ada yang serta merta mengaku mursyid, atau Nabi apakah mas putra percaya begitu saja.??? maaf

    • om sapi wakakakaka
      memang susah mengajarkan kebenaran begitu saja, wong rosulullah aja pakai membelah bulan gitu aja masih banyak yang ndak percaya, masih penasaran om sapi uddin ??????

    • Ass. wr. wb.

      SapiHitam yang dirundung rasa penasaran, perkenalkan aku Denny, aku pernah punya problem yang sama seperti anda sukar percaya pada sesuatu yang tidak logis, tapi suatu saat aku menemukan solusi yang sangat sederhana Ibarat orang mengatakan cabe itu pedas sementara kita sendiri belum pernah memakannya, maka untuk mengetahui kebenarannya tentu dengan mencicipinya. Begini, masalah rasa adalah masalah hati dan hati kunci utama dalam memilah antara yang haq dan yang bathil sekaligus pembukti keberadaan yang tersebunyi atau gaib. kalau anda mencoba mencari sebuah kebenaran yang gaib dengan cara mendiskusi atau melakukan seminar maka anda akan sulit menemukan kebenarannya. Tapi jika anda ingin mendapat apa yang menurut orang itu benar, maka anda harus masuk dulu kedalam kelompok itu. jika anda ingin tahu tentang kebenaran keberadaan mursyid, maka anda harus masuk/bergabung dulu dengan kelompok tersebut. kenapa? anda boleh coba nanti akan ketemu jawabannya. ini masalah hati untuk mendapat jawaban yang gaib harus melalui riset hati.
      coba deh…

  8. Hihihik hikhik
    Mas bing
    Sebenarnya tak susah kok.. tinggal mau atau tidak asal ngajarnya jangan pakai urat yang ditambahi emulsi dan mata melotot wah wah ntar yang diajari bukan malah ngerti yang ada hanya ngeri ……….. sambil lari .! disertai teriakan hesteris.

    Saya juga suka kok dengan pendapaat mas Putra dan penjelasan Mas Ibrahim bin Hj Sapeh, cuman tak tunggu -tunggu sampai sekarang tak muncul-muncul dan yang membuat saya bingung penjelasan mas putra nih kenapa ujung-ujungnya saya diancam. ?? ” CELAKA ”
    Saya kan hanya minta penjelasan saja. binggung deh aku jadinya.
    tak Tunggu yah. Mksh. wass.

    • BISMILLAH….nuwun sewu mas,semoga niat dan pertanyaan sampean segera terjawab oleh ALLAH melalui hati sampean sendiri.

  9. iki baru menarik uwong seng aneh aneh onok kabeh nang kene

  10. kemplang aja om atheis ! pasti dia terasa sakit, trus tanyain dia sakit itu kaya apa ? bundar, hijau, kotak2 ????????????

  11. Ass. Wr. Wb.

    wakakakaka kenapa mas bing ???
    Emangnya pelajaran mis bing begitu ?? padahal semua orang adalah aneh. kecuali sama cara berfikirnya. kalau semua kau anggap aneh …. terus semua kau gemplang gimana orang bisa percaya sama kau. kalau kau jadi guru kapan murid mas bing bisa pandai ?
    jadilah orang yang sabar, Kata orang bijak sabar itu indah dan orang beragama sabar itu kasih akan Allah. padahal mas bing ini sufikan ??? kalau hal semacam itu pantasnya dimiliki sapi mas bukan Sufi.
    Sorry.
    Wassalam.

  12. wa` alaikum salam

    “masih atheis, di/pada April 4, 2009 pada 4:27 pm Dikatakan: r

    sodara2 semua emang Tuhan itu ada, kalo ada tunjukkan dimana dia, lagi ngapain dia? kalo ketemu tuhan saja tidak, bahkan tuhan ada ato tidak ndak bisa buktikan? tuhan itu hanya khayalan, maka yang kalian diskusikan khayalan semua, kecuali bisa temukan dan buktikan bahwa tuhan itu ada”

    om sapi..untuk mengajar orang seperti om atheis perlu sesuatu yang nyata, okelah di cubit aja pasti dia akan merasa sakit,
    sakit adalah sesuatu yang nyata, bisa di rasakan tapi kalau di tanya bentuknya kayak apa. kamu bisa njawab? demikian juga Allah, secara ainul yaqin keberadaan Allah bisa rasakan dari tanda2 kekuasaan Nya, siapa yang membentangkan langit segitu besarnya ? siapa..siapa.. masih banyak lagi tanda2 keberadaan Allah

  13. Ass. Wr. Wb.

    Maaf Mas bing … kalau saya boleh urun rembuk menanggapi pertanyaan “”“

    masih atheis, di/pada April 4, 2009 pada 4:27 pm Dikatakan: r

    Saya Coba yah …. ini fersi saya ….
    Kalau mas etheis ingin tahu tuhan gampang sekali dan alias mudah juga tak perlu apa-apa..apalagi syarat seperti dukun atau siapa saja. mau tahu tuhan gampang jawabnya masih atheis Naiklah kapal Laut dan melautlah ketengah- tengah laut cari laut yang paling dalam dan coba masuklah kedalam laut itu kemudian menyelamlah sambil menyebut nama Tuhanmu kalau Punya sih kalau tak punya sebut aja apa maumu pasti kau akan di temui Tuhan disana. bila tak ketemu cari terus dan terus hingga ketemu, kalau masih tak ketemu lagi kau harus berusaha namanya mencari tuhan itu memang tugas semua manusia normal, manusia sehat pikiran maupun imannya kalau tak mau mencari tuhannya berarti dia masih belum sadar atau yang lain. Disamping nanti etheis ketemu tuhan dia akan bisa menghitung jumlah ikan dilaut juga itulah pentingnya ilmu. “”Angele yen durung ketemu !!!
    Kalaumasih belum puas lagi biar tanya lagi Ok.

    Wassalam.

  14. wahai para pencari Tuhan?? Hati-hatilah dalam bertanya! Karena ada pertanyaan yg boleh ditanyakan secara umum & ada jg yg harus secara pribadi. Krn apa? Krn akal & pemahaman setiap orang itu berbeda beda. Tujuan kita mungkin saja benar. Tp jika yg mendengar atau tahu pertanyaan kita itu orang yg belum nalar atau pemahamannya blm matang hal itu bisa membuat orang lain sesat gara-gara pertanyaan kita yg ”tidak pada tempatnya”.

  15. wahai para pencari Tuhan ”yg hanya mengandalkan akal”. Kerena kebodohan saya, saya belum bisa ikut membantu menjawab dgn pemahaman saya sendiri. Saya hanya menyarankan bukalah situs Harun Yahya. Disitu akan banyak kita dapati penjelasan yg berlandasan ilmiah & logika. Klu setelah membaca semua karya2nya Harun Yahya masih belum yakin akan adanya Tuhan, ini menandakan kerusakan bukan hanya pada hati saja, tapi akalpun telah rusak parah.

  16. wahai saudaraku yang cerdik pandai bila kalian ingin jawaban yang benar dengan pertayaan yang luar biasa diatas kembalilah pada al-qur’an baca alqur’an beserta maknanya kalian semua pasti nemukan jawaban yang benar. sehebat apapun pertanyaannya carilah jawabannya di al-qur’an pasti ada. buktikan saja bila tak percaya.

    • BETUL SEKALI … DI ALQURAN PASTI ADA , HANYA SAJA HARUS ADA YG BIMBING/ GURU/DOSEN/PROFESOR YG MENERANGKAN , SYUKUR YG AHLINYA, INGAT… JGN KITA MENAFSIRKAN … ATAS KEMAUAN SENDIRI… BISA SALAH TAFSIR. WASLM

  17. taukah anda 4 ayat terahir surat Al Fajr.carilah artinya….

  18. selain Aqidah,Tauhid,apakah fiqih di ajarkan juga di sini?

  19. YA ALLAH,TUNJUKKAN KAMI JALAN MU,,,,WA MINKA QORIBNA WA LA TUBAIDNA,YA ROBBI SALLIMNA MIN LAHBATINNIRON, YA ROBBANADKHILNA FI JANNATIRIDWAN, AMIN.

  20. Apakah mursyid mesti zahir / dapat bertemu? apakah kalau seseorang itu meninggal / ghaib / tidak dapat bertemu masih boleh dijadikan mursyid? tks.

    • ass..bapak umar,jika bpk sdh ketemu dengan ulama yg seperti yg diuraikan SUFI MUDA , muryid tidak harus zahir / tidak harus bertemu secara fisik,(jika masih hidup didunia) namun jika mrsyid sdh wafat kalau menurut pribadi saya BOLEH dijadikan MURSYID, karena scr HAKEKAT RUHANIAH MURSYID masih hidup disisi ALLAH SWT.

  21. Wallahu anglamu bishowaf

  22. Ayah Aku rinduuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu

  23. sebelum makan cuci tangan dulu, sebelum mengatakan hal yang kiranya memprihatinkan orang lain koreksi diri dulu sesungguhnya MANUSIA ADALAH TEMPAT BERBUAT DOSA. Resapilah

  24. ASTAQFIRULLAH, kebenaran hanya milik ALLAH.. maaf saya bukan bermaksud mencela tapi saya tidak terlalu suka dengan pertanyaan yang ada. maksud saya dari pada bertanya coba jalani dulu baru berkomentar.

  25. luar biasa uraianya, beruntunglah orang yg punya mursyid diakhir zaman kurun abad 20 ini, passs mantab !!!

  26. ass..mf…otak ya otak…zat allah mn bisa di konsepkan…..tp bs dirasakan….otak ini penuh dengan bayangan,,,jd bicara zat stop ajalah….biarkan org tarekat yg jalan sesuai dngan koridornya serta amalanya…sy awam soal ini,lg pula sy tidak berpendidikan tinggi,,tukang sampah bro…zat yang maha khalish ini tidak bisa di konsep dalam versi syariat, alamat kelaut…syukur tidak baling.sudahlah,,alqur’an sdh menjelaskan banyak hal tentang zikir,,,berarti manusia disuruh untuk mencarinya agar dapat merasakan zat allah,,,dasar manusianya aja yang terlalu sombong….mentang2 sekolah agama,dosen agama,kenyang agama terus berlagak menyatukan fikiran dengan zat allah…wah-wah….wah….??jadi nazi aja tuh…menurut sy,,kalau mau tahu zat allah cari jalan dan wasilahnya…itu baru paten…kalau mengandalkan otak, pendidikan, dll banyak dajjalnya…..ha..ha…ha…hijab kita akan ditutup oleh otak,pendidikan,pangkat dll,…lihat anak gadis org aja masih cantik gmn mau bertuhan,padahal cantiknya anak gadis orang karunia tuhan,,,tanya tuhan doeng kenapa dia cantik…???sori bro…kalau bahasanya ceplas ceplos,,maklumlah tak sekolah..

  27. diam dengan mengingat Allah lebih baik dr pada ngecorocos…dengan pikiran negatif…

  28. alhamdulillah

  29. emosi, nafsu shawat, iri dengki,syirik, itu semua perangai setan…lebur kan dengan berzikir, dengan selalu menyebut nama Allah SWT, jiwa yang sehat prasangka yang baik lah yang bisa memahaminya… Pikiran negatif itu adalah syetan. orang yang berpikiran negatif tdk akan pernah bisa memahami ke esaan Allah SWT. karna hati yang terlalu kotor.

  30. Menjelaskan manis nya gula di lidah sendiri susah susah gampang, pasti hukumnya GULA itu pasti MANIS, tapi bagaimana menjelaskan gula yang kita makan kepada orang lain (yang bertanaya rasanya gula). rasanya manis,
    Menurut saya kasih saja gulanya rasakan sendiri, nah nah begitu juga soal Ketuhanan emang susah dan susah, rasakan aja deh sesuai dengan kemampuan ke imanan kita masing-masing. salute salute

  31. Salam kenal dari murid ayah

  32. saya ingin sekali belajat thorekat mohon bantuannya agar saya bisa menemukan guru yng benar-benar mursid

  33. […] Syarat dan Kriteria Guru Mursyid […]

  34. Mas nanya threat naqsahbandiyah versinya prof Dr khadirun yahya apa bisa di ditanggung jawabkan ?? Baik sanad maupun metode nya , kok saya skrg menemukan ada hal2 yg bisa dibilang menyimpang,,,, seperti klo dzikir hrus mengingat sang prof, trus klo mati hrs pake kafan kusus dr mereka agar dosa hilang,trus klo umroh gk prlu ke mekkah tp ckup ke jakarta dll janggalnya ….. ( note ini sy dpt dr kluarga sy sendiri yg ikut,,,,) klo saya bukan dari golongan mereka..krena sy cma taunya alquran hadist dan as sunnah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 13.977 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: